OUR NETWORK

Tips Mencuci Headphones dalam 15 Menit

tips mencuci headphones dalam 15 menit

Hayooo siapa di sini yang hobi memasang headphones sepanjang hari setiap hari? Jika Ladies mengetahui betapa kotornya earbuds yang Ladies gunakan, pasti Ladies akan merinding deh hihihi. Bayangkan saja Ladies, headphones Ladies pasti masuk-keluar saku, tas, ataupun wadah lainnya sehingga akan terpapar debu, kotoran telinga, minyak, serta bakteri-bakteri. Duh, membayangkannya sudah ngeri ya. Bukan hanya itu, segala jenis kotoran tersbeut pun bisa masuk ke dalam earbud speakers dan merusak suara yang dihasilkan. Wajar saja bukan bila headphones serta earbuds membutuhkan pembersihan rutin? Jika Ladies masih bingung bagaimana cara membersihkannya, yuk simak tipsnya di bawah ini.

Baca juga: Trik Cerdas Membersihkan Sneaker Putih Seperti Baru

1. Lepaskan pucuk lunak dan penutup earbuds

Pertama, lepaskan pucuk lunak earbuds yang biasanya terbuat dari silicon, atau penutup apapun dari earbuds-mu. Selanjutnya, cuci dengan sabun ringan (sabun bayi) dan air, kemudian keringkan dengan handuk.

2. Gunakan sikat gigi

Gunakan sikat gigi yang kering dan lembut untuk menggosok permukaan keras earbuds atau earcups untuk membersikan segala jenis kotoran. Jangan sampai menggosok area ear opening atau permukaan mesh karena akan mendorong kotoran masuk ke dalam. Selanjutnya, dengan handuk yang sudah dibasahi sabun atau alkohol ispropil, gosok bagian atas permukaan untuk membersihkan. Pastikan tidak ada cairan yang masuk ke dalam earbuds.

3. Membersihkan screens

Apabila screens dipenuhi kotoran telinga dan debu, Ladies bisa menggunakan sedikit hidrogen peroksida dengan maksimal konsentrasi sebanyak 3% untuk membersihkannya. Caranya, basahi kain dengan hidrogen peroksida, pastikan tidak ada cairan yang menembus permukaan screens, diamkan selama 5 menit untuk melunakkan segala jenis kotoran yang menempel. Selanjutnya, dengan kain yang dibasahi air sabun, bersihkan screens. Ladie sharus berhati-hati dalam menggunakan hidrogen peroksida karena berkemungkinan besar meninggalkan bekas noda.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengganti dan Membersihkan Peralatan Tidurmu

Teknik di atas dapat digunakan juga untuk membersihkan earbuds dari over-ear headphones. Namun, pastikan Ladies benar-benar memerhatikan proses pembersihan agar tidak ada cairan yang masuk ke speaker melalui screen-nya. Untuk membersihkan ear pads yang terbuat dari kulit, gunakan cairan pembersih khusus kulit dengan menggunakan handuk lembut.

Setelah selesai dibersihkan, biarkan setiap bagian earbuds dan headphone benar-benar kering sebelum menyusunnya kembali. Tidak ada jalan pintas. Jangan berusaha mengeringkan earbuds dan headphone dengan hair dryer atau kipas angin karena akan menyebabkan korosi. Setelah setiap bagian earbuds dan headphone benar-benar kering, rangkai kembali, dan earbuds atau headphones pun dapat digunakan kembali! Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: Beoplay, Foto cover: beoplay.com

Comments

Loading...