OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Mudah Dapatkan Respect dari Rekan di Lingkungan Kerja

Meski telah agak membaik, namun, beberapa lingkungan industri masih tidak ramah pada para pekerja perempuan. Respect menjadi hal yang mahal untuk diperoleh dari lingkungan, bahkan rekan kerja. Namun, respect bukanlah hal yang mustahil didapatkan, Ladies.  Kamu bisa memperolehnya dengan melakukan sejumlah tips mudah namun efektif yang dapat kamu terapkan dalam pekerjaanmu sehari-hari.

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan respect di lingkungan pekerjaan ialah dengan memastikan kamu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Tentu saja, tak peduli situasi apa yang kamu hadapi. Jangan membuka peluang kepada orang lain untuk mengejekmu sebagai pemalas atau tidak efektif. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memiliki kemampuan dan mampu menghadapi tantangan apapun.

Selalu menyiapkan rencana cadangan

Cobalah menyiapkan rencana cadangan pada setiap pekerjaanmu, Ladies. Hal ini akan membuatmu merasa dan tampak lebih tenang di lingkungan kerjamu saat ini. Seiring waktu, sikap tenang ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu sepanjang bekerja dan tentu saja memperoleh respect lebih dari rekan-rekan kerjamu.

Bersikap sopan dan baik pada rekan kerja

Ladies, tak dapat dipungkiri, sulit untuk tidak menghargai orang yang secara konsisten bersikap baik dan ramah terhadapmu. So, sebisa mungkin hindari potensi pengkhianatan dan gosip yang tertuju padamu dengan cara bersikap baik pada seluruh rekan kerjamu. Dengan sikap baik tersebut, orang-orang akan sulit untuk tidak respect pada dirimu.

Tips Mudah Dapatkan Respect dari Rekan di Lingkungan Kerja
Sumber: bls.gov

Hindari menunjukkan terlalu banyak emosi di lingkungan kantor

Meski kamu adalah orang yang emosional, usahakan untuk tidak terlalu menunjukkannya di kantor. Ini akan menghindarkanmu dari judging sejumlah rekan kerja atas responmu. Bersikap tenang dan ramah tetap menjadi cara terbaik untuk mendapatkan respect dari rekan di kantor.

Baca juga: 8 Tips Menghadapi Rekan Kerja Berisik dan Bersuara Keras

Berdiri sendiri dan katakan tidak dengan tegas

Bersikap baik harus, tapi tidak untuk dimanipulasi oleh rekan kerja. Tidak semua permintaan rekan kerja perlu kamu penuhi. Karena itu bukanlah hubungan yang sehat, melainkan manipulatif dan tidak sopan. Jadi, pastikan kamu bisa mengatakan “tidak” pada hal-hal yang tidak ingin kamu lakukan.

Bekerja secara konsisten

Pada praktiknya, menjaga konsistensi memang bukanlah hal mudah. Ada kalanya kamu tengah semangat bekerja, ada pula momen di mana rasa jenuh mulai menyerang. Namun, penting untuk mengupayakan untuk menjaga proses kerjamu tetap efektif dan konsisten. Bila kamu tipe orang yang moody mungkin ini akan menjadi tantangan besar bagimu. Akan tetapi, hal ini sangat penting untuk menjaga fokus dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dan tentunya memperoleh respect dari rekan kerjamu.

Tak perlu dilakukan sekaligus, kamu bisa menerapkan beberapa tips ini secara perlahan dalam keseharianmu di kantor. Seiring berjalannya waktu dan usaha yang maksimal, respect dari rekan kerja bukan lagi hal yang sulit diperoleh, Ladies. Semangat!

 

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles