OUR NETWORK

Tidak Ingin Menikah Dengan Pacar, Begini Penjelasannya Menurut Ahli

Tidak Ingin Menikah Dengan Pacar, Begini Penjelasannya Menurut Ahli
Foto: provoke-online.com

Ladies, apakah kamu pernah dalam hubungan yang baik-baik saja dengan pacarmu, namun, semakin kamu mengenalinya secara mendalam dalam jangka waktu lama, kamu semakin menyadari bahwa kamu tidak ingin menikah dengannya? Well, jika ini terjadi pada dirimu, menurut para ahli, sebaiknya kamu memikirkan ulang tujuan hubunganmu. Atau mungkin mengakhiri hubunganmu dengannya.

Mengakhiri hubungan dengan seseorang yang kamu cintai tidak akan pernah terasa menyenangkan, apalagi hubungan yang benar-benar tidak ingin kamu akhiri. Dalam hal ini, mengakhiri sebuah hubungan romantis dengan seseorang tidak selalu harus di saat kamu sudah tidak mencintainya, loh. Sebuah pengakhiran hubungan ketika masih sama-sama memiliki perasaan sayang ialah salah satu hasil dari pertimbangan penting diri atas masa depan yang akan dijalani pasangan tersebut, meski dalam hal ini tidak dijalani bersama-sama lagi.

Baca juga: 7 Tanda Kalau Hubunganmu Tidak Akan Berlanjut ke Pernikahan 

Psikolog klinis dan pembawa acara The Kurre and Klapow Show, Dr. Joshua Klapow, mengatakan, ketika kamu telah yakin dengan keputusan tersebut, penting untuk mengomunikasikannya dengan pasanganmu. Berkomunikasi dengannya secara perlahan dan berhati-hati kepada pasanganmu terkait alasan mengapa kamu tidak bisa menikah dengannya merupakan langkah yang sangat dianjurkan oleh Klapow.

“Hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan rasa sayangmu ialah dengan menjelaskan mengapa kamu mencintainya, namun tidak mau menikahinya,” ucapnya dikutip dari Elite Daily.

Tidak Ingin Menikah Dengan Pacar, Begini Penjelasannya Menurut Ahli
Foto: understandingrelationship.com

Meski tidak menutup kemungkinan kamu membutuhkan waktu yang lama untuk menjelaskan dan menghadapi berbagai macam pertanyaan darinya, jelaskan secara rinci dan perlahan. Komunikasi yang jelas dan jujur mengenai perasaanmu terhadapnya akan membuat pasanganmu merasa dihargai, bahkan di saat putus.

Klapow menambahkan, dalam prosesnya, pemilihan kata yang disampaikan sangat penting.

Pasalnya, paduan dari kata-kata dan nada bicara yang digunakan tersebut akan berpengaruh besar pada tingkat penerimaan dan kadar menyakiti perasaan orang terkait. Maka, kamu perlu berhati-hatilah dengan kata-kata yang kamu ungkapkan kepadanya. Meskipun pasanganmu merupakan orang yang berpikiran terbuka dan menerima komunikasi yang jujur, tetap saja hal ini berisiko untuk menyakiti perasaannya.

“Tidak ada cara yang mudah untuk mengakhiri hubungan dengan seseorang yang kamu cintai. Sadari bahwa ada kemungkinan kamu akan menyakiti perasaanmu dan dirinya,” ungkap Klapow.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Hubunganmu dan Pasangan tetap Harmonis

Meski akan berdampak sakit pada kedua belah pihak, Klapow menyarankan untuk membicarakan permasalahan tersebut sesegera mungkin. Penundaan dalam jangka waktu yang lama dinilai akan memberikan rasa sakit yang lebih besar pada kedua belah pihak.

Mengakhiri hubungan dengan orang yang dicintai memang akan menjadi hal yang sangat menantang dan sulit. Namun, jika kamu tidak ingin menikah dengan pacarmu kini dan kamu tahu pacarmu ingin menikah denganmu, maka, putus ialah langkah yang bijak. So, jelaskan perasaanmu padanya dengan penuh kasih sayang, lembut dan berhati-hati, hingga tercapai pemahaman bersama bahwa keputusan tersebut merupakan pilihan yang baik bagi kedua belah pihak.

 

Sumber: elitedaily  Foto cover: provoke-online.com

Comments

Loading...