OUR NETWORK

Stop Kecanduan Media Sosial dengan Tips Ini

Stop Kecanduan Media Sosial dengan Tips Ini

Mengakses media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook menjadi salah satu kegiatan baru yang menjadi hobi kebanyakan masyarakat kekinian. Tak hanya kawula muda, bahkan orang tua pun menggunakan media sosial sebagai sarana untuk refreshing. Apalagi kini media sosial tak hanya sekadar ajang iseng-iseng saja, media sosial kini menyediakan jasa jual beli, sarana penyiaran berita, hingga wadah bertemunya teman dan saudara yang nun jauh di mata.

Hingga tak jarang, karena terlalu asyiknya membuat penggunanya menghabiskan waktu seharian dan berakhir dengan kecanduan media sosial. Jadilah media sosial sebagai bagian dari kebutuhan yang tak bisa dilepaskan. Tak hanya mengganggu pekerjaan harian, ketergantungan media sosial juga memiliki dampak psikologis dan sosial yang patut diwaspadai. Tak jarang, gara-gara kecanduan sosial media menyebabkan hubungan jadi renggang bahkan berujung perpisahan.  Untuk ladies yang ingin lepas dari kecanduan media sosial, ini tips yang bisa Ladies coba!

Bulatkan tekad, kuatkan niat

Niat adalah modal pertama dan yang utama untuk berhenti kecanduan media sosial. Tanamkan dalam hati bahwa aku tak mau kecanduan media sosial dan menghabiskan banyak waktuku untuk bermain media sosial. Dengan niat yang teguh dan tekad yang tinggi maka dengan sendirinya komitmen untuk tidak kecanduan media sosial akan berbuah.

Log out semua akun media sosial

Biasanya, paling malas untuk log out dari sosial media yang biasa dipakai. Alasannya pun beragam, mulai dari repot makan waktu hingga takut lupa password yang berujung tak bisa log in. Tanpa disadari, ini merupakan salah satu tindakan yang membuka peluang untuk menjadi kecanduan media sosial. Karena kemudahan mengaksesnya. Setidaknya, ada jeda waktu untuk berpikir ketika kita memasukkan user ID dan password. Apakah perlu atau tidak untuk membuka akun media sosial.

Cari kegiatan lain yang lebih positif

Salah satu alasan yang banyak diungkapkan para pecandu media sosial adalah bermain media sosial untuk mengisi waktu luang. Cobalah temukan hal lain yang Ladies senang seperti memasak, membaca buku, mengunjungi saudara, menekuni hobi, dan masih banyak kegiatan positif lainnya. Jika ada waktu luang, pikirkanlah hal-hal yang membuat kamu senang, kemudian segeralah melakukannya.

Hapus media sosial

Terakhir, cara yang paling ampuh untuk tidak kecanduan media sosial adalah menghapus semua media sosial yang tak lagi diperlukan. Udah lama nggak buka Path nih. Udah pada nggak update juga. Terus, kenapa nggak coba uninstall aja? Toh, teman-temanmu masih bisa menghubungi lewat sarana lain kan?

Mungkin ini terdengar mustahil di awal bagi mereka yang ‘kecanduan’ media sosial. Ini hanyalah sugesti semata. Jika sudah teralihkan dengan hal-hal lain yang lebih bermanfaat, lama kelamaan akan mengurangi ketergantungan pada media sosial. Jika sudah demikian, lama kelamaan media sosial sudah tak digunakan lagi.

Membuat jadwal khusus

Kalau kamu merasa nggak bisa cara yang ekstrem seperti menghapus aplikasi dari ponselmu, kamu bisa mencoba cara ini. Supaya nggak menganggu kegiatan, buat jadwal untuk membuka media sosial. Misalnya sambil makan siang. Selama bekerja atau belajar, kamu harus benar-benar fokus, dan baru boleh mengaksesnya di waktu yang udah ditentukan. Biar lebih seru dan menantang, ajak juga temanmu.

Media sosial emang sarana yang berguna. Dan nggak ada salahnya juga kalau setiap hari kita menggunakannya untuk mengakses informasi. Tapi, kalau kamu udah benar-benar nggak bisa lepas dari mereka, baru deh pertimbangkan untuk mengurangi waktu yang kamu habiskan di dunia maya. Ayooo, kamu pasti bisa!

Sumber: Liputan6, CosmoGirl, Foto cover: idpelago

Comments

Loading...