OUR NETWORK

Sering Gugup Saat Wawancara? Lakukan Tips Berikut Ini

Sering Gugup Saat Wawancara? Lakukan Tips Berikut Ini

Fresh graduates atau kamu yang saat ini bosan di tempat kerja dan ingin cepat mendapatkan pekerjaan, jalan terbaik adalah dengan terus menerus berusaha melamar pekerjaan itu sendiri. Dan tibalah saat dipanggil wawancara, terkadang saking excited ataupun gugup, kita seringkali gagal tahap tersebut. Tapi tenang saja, banyak orang yang mengalami hal yang sama, jadikan pengalaman gagal tes interview itu sebagai evaluasi ke depannya, jangan malah menyerah gitu aja. Well, supaya tahap interview-mu membuahkan hasil dan cepat dapat pekerjaan, lakukan 5 tips ini sebelum wawancara.

Persiapan Matang Sebelum Wawancara

Sering Gugup Saat Wawancara? Lakukan Tips Berikut Ini
Foto: uptowork.net

Baca, baca, dan baca berbagai informasi mengenai perusahaan yang sedang kamu incar beberapa hari sebelum wawancara. Baca profil perusahaan dan jangan lupa juga cari tahu bagaimana pendapat orang mengenai perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu tidak mengetahui hal-hal yang sepele dari perusahaan tersebut, orang-orang yang ada di dunia bisnis seringkali sangat bangga dengan jargon yang dimilikinya. Cari tahu hal-hal yang sekiranya kamu tidak tahu, supaya nanti kamu cepat beradaptasi saat wawancara.

Persiapkan Berkas dan Baju di Malam Sebelumnya

Bisa jadi kamu wawancara di luar kota atau jauh dari rumah, persiapkan berkas dan baju dengan baik di malam sebelumnya. Periksa apakah bolpoint yang kamu miliki tak habis tintanya, setrika baju, dan lain sebagainya. Lakukan persiapan dengan baik agar sebelum wawancara kamu tidak malah stres dengan hal-hal yang dianggap tidak penting itu.

Rencanakan Semuanya dengan matang

Sering Gugup Saat Wawancara? Lakukan Tips Berikut Ini
Foto: tqn.com

Jika bisa dan memungkinkan, rencanakan semuanya dengan matang. Mulai dari nanti cara kamu duduk, menjawab, atau hal-hal lain supaya tidak membuat kamu makin nervous. Matikan ponsel sebelum wawancara dimulai dan rencanakan setiap detail. Kamu akan bersyukur telah melakukannya.

Cari Tahu Lokasi Sebelumnya

Untuk antisipasi supaya tidak terlambat, cari tahu lokasi wawancara sehari sebelumnya. Nah jika kamu di luar kota berarti harus datang lebih awal supaya tidak terlambat nantinya. Cari tahu juga alat transportasi apa saja yang bisa digunakan, dan lihat estimasi jarak dan waktu untuk menempuhnya. Lakukan semuanya dengan baik, agar tidak gagal lagi dan lagi dalam interview.

Datang ke Lokasi Lebih Awal

Jangan datang di waktu yang mepet, usahakan untuk sudah berada di tempat setidaknya 15-20 menit sebelumnya. Kamu bisa melihat sekitar agar benar-benar tahu jika itu memang lokasi yang benar. Datang lebih awal juga akan membuatmu familiar dengan lingkungan sekitar, apakah memiliki suasana yang menyenangkan ataupun tidak. Ini penting!

Dan yang paling penting adalah tetaplah percaya diri saat menjawab berbagai pertanyaan dari perusahaan. Jawab dengan jujur, jangan sampai kebohonganmu nanti memberikan petaka. Semoga kali ini interview-mu diterima dengan baik. Jangan pantang menyerah ya, Ladies, karena semesta menggilai orang-orang yang keras kepala dalam berusaha. Semangat ya~

 

Sumber: Forbes, Foto cover: Flexjobs.com

Comments

Loading...