OUR NETWORK

Persiapkan Ini Sebelum Listrik Mati, Anti Bingung Saat Giliran Pemadaman!

Persiapkan Ini Sebelum Listrik Mati, Anti Bingung Saat Giliran Pemadaman!
Foto: fox.com

Sebagai manusia kita memang wajar berkeluh kesah saat fasilitas yang biasanya digunakan dengan lancar tiba-tiba terkendala. Seperti halnya kejadian pemadaman yang terjadi di wilayah Jabodetabek pada Minggu (4/8/2019). Tidak ada yang menginginkan kenyamanan diambil. Namun, jangan hanya berkeluh kesah, Ladies, ada banyak hal yang perlu untuk kamu persiapkan sebelum listrik padam. Biasanya akan ada pemberitahuan sebelum terjadi pemadaman, yuk lakukan persiapan ini.

Baca juga: Seberapa Sering Peralatan Rambut Harus Dibersihkan? Ini Kata Para Ahli

Charge Lampu Emergency dan Power Bank

Persiapkan Ini Sebelum Listrik Mati, Anti Bingung Saat Giliran Pemadaman!
Foto: techniquetoday.com

Hal pertama yang perlu untuk kamu persiapkan adalah melakukan isi ulang daya pada lampu emergency ataupun juga power bank. Dengan begini, rumah masih akan ada cahaya dan alat elektronik seperti halnya smartphone masih bisa nyala. Kamu masih bisa mendapatkan informasi dengan mudah jika power bank terisi dengan penuh. Jika punya lebih dari satu, ada baiknya untuk di-charge semuanya. Sedia payung sebelum hujan, adalah tindakan bijak yang perlu dilakukan saat situasi darurat akan menyergap.

Kumpulkan Alat Penerangan Seadanya

Jika kamu tidak memiliki lampu emergency elektronik, tentu saja butuh alat penerangan lainnya. Misalnya saja lilin, senter, glowstick, dan lain-lain ya. Usahakan alat penerangan tersebut diletakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Dan kumpulkan semuanya sebelum pemadaman terjadi, sehingga kamu tidak akan panik saat lampu benar-benar dimatikan.

Menyediakan Pasokan Air yang Cukup

Persiapkan Ini Sebelum Listrik Mati, Anti Bingung Saat Giliran Pemadaman!
Foto: lentheplumber.com

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah persediaan air yang perlu dicukupi. Bagaimana tidak, air merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam rumah tangga. Untuk mencuci, mandi, keperluan memasak dan lain-lain sangat perlu air. Maka dari itulah, kamu perlu menyediakan pasokan air yang cukup sebelum mati listrik. Selalu isi ulang air setelah digunakan ya.

Persiapkan Uang Cash yang Cukup

Terutama buat pemadaman bergilir yang memakan waktu berjam-jam dengan zona yang luas, persiapkan uang cash yang cukup ya. Karena kemungkinan besar transaksi online yang berbasis listrik akan macet juga. Jadi, jalan satu-satunya adalah mempersiapkan uang cash yang cukup sehingga kamu tidak panik jika ‘dompet digital’ tidak bisa digunakan.

Persiapkan Obat-obatan untuk Mengantisipasi

Persiapkan Ini Sebelum Listrik Mati, Anti Bingung Saat Giliran Pemadaman!
Foto: amazon.com

Satu lagi hal penting yang perlu untuk kamu persiapkan. Yakni obat-obatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya buat kamu yang memiliki penyakit-penyakit tertentu yang harus mengonsumsi obat setiap waktunya. Jangan sampai padamnya lampu juga mengancam kesehatanmu ya.

Persiapan memang merupakan hal yang sangat dianjurkan buat dilakukan. Apalagi Ibu Kota adalah daerah sibuk, jangan sampai merusak semua kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

  

Sumber: WikiHow, IDN Times

Comments

Loading...