OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Hilangkan Kecanduan Belanja dengan Lakukan 7 Hal ini!

Kecanduan belanja ini merupakan kebiasaan yang harus dihilangkan, karena ini dapat menguras rekening dan uang kita, Ladies. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga dapat menghabiskan banyak waktu dan membuat kita tidak pernah puas. Namun, karena belanja dapat meningkatkan kebahagiaan kita, sehingga membuat kita sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan ini dapat divisualisasikan seperti treadmill hedonis. Ini merupakan kecenderungan seseorang untuk tetap pada tingkat kebahagiaan yang sama. Namun, sayangnya kebahagiaan ini hanya untuk waktu yang singkat dan kita akan merasa terus-menerus ingin mengejar hal itu tanpa henti.

Baca juga: Maniak Belanja Akibat Compulsive Shopping Disorder? Kenali 5 Tandanya!

Maka dari itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita tidak terjebak dari kebiasaan berbelanja yang dapat membuat kita kecanduan, yaitu:

1. Berhenti berlangganan dan mengikuti akun online shop

Blokir akun olshop untuk hentikan kecanduan belanja
Sumber: pexels.com

Salah satu langkah pertama yang perlu diambil yaitu berhenti berlangganan atau mengikuti akun online shop. Ini perlu dilakukan agar kita tidak terus merasa tergiur dan goyah untuk berbelanja. Hal ini juga akan membawa dampak positif bagi keuangan, Ladies. Sehingga, hal ini membuat kamu dapat mengontrol diri dan menghilangkan kecanduan belanja.

2. Tinjau rekening bank kamu

Selanjutnya, kamu perlu meninjau rekening bank milik kamu. Hitunglah berapa banyak uang yang telah kamu habiskan untuk berbelanja. Lalu, pisahkan pengeluaran yang dibutuhkan dan tidak. Kamu bisa membandingkan keduanya.

Cara ini akan membuat kamu tersadar bahwa kamu sudah menghabiskan banyak uang untuk hal yang tidak kamu butuhkan. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk berhenti dari kecanduan belanja tersebut.

3. Bayar belanjaanmu secara tunai, bukan kredit

hentikan kecanduan belanja dengan bayar tunai
Sumber: istockphoto.com

Terkadang, berbelanja dengan uang tunai akan menimbulkan perasaan tidak enak saat berbelanja. Berbelanjalah dengan uang tunai dan simpan kartu kredit hanya untuk keadaan darurat.  

Hal ini akan membuat kamu mempertimbangkan Kembali berapa banyak uang yang akan kamu habiskan di dalam dompet. Membayar sesuatu menggunakan uang tunai adalah cara menghukum diri sendiri karena berbelanja. Ini dapat membantu kamu menghentikan kecanduan tersebut.

4. Menetapkan tujuan sebelum belanja

Jika kamu ingin menghentikan kecanduan belanja, tetapkanlah tujuan untuk diri kamu sendiri sebelum berbelanja. Misalnya, buatlah daftar yang dibutuhkan sebelum pergi belanja, menghitung jumlah uang yang akan dipakai, tinggalkan semua kartu kredit dan debit, dan gunakanlah uang tunai.

Hal ini akan membuat kamu sadar untuk tidak melebihi batas anggaran pengeluaran yang telah direncanakan ya, Ladies. Ini adalah salah satu cara terbaik bagi kamu untuk mengendalikan kebiasaan belanja.

5. Ubah rutinitas harian kamu

Untuk dapat melepaskan diri dari kecanduan ini, kamu perlu membuat perubahan dalam rutinitas harian. Kamu bisa menuliskan kapan-kapan saja waktu dan tempat saat berbelanja. Ini akan membuatmu menjelajah kembali alasan kamu melakukannya. Sehingga, kamu akan lebih mudah mengganti rutinitasmu itu dengan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk mengurangi waktu berbelanjamu.

6. Mengembangkan hobi baru

Atasi kecanduan belanja dengan hobi baru
Sumber: istockphoto.com

Kecanduan ini tanpa sadar telah menjadi suatu kebiasaan bagi kamu untuk menghabiskan begitu banyak uang di toko. Kamu bisa menghentikan ini dengan mencoba berbagai aktivitas dan hobi baru. Kamu bisa mencoba mencari hiburan yang menyenangkan dan sehat yang dapat dilakukan sendiri atau bersama orang lain. Seperti yoga, mencoba olahraga baru, mempelajari alat music, dan sebagainya.

7. Minta bantuan orang terdekat atau profesional terlatih

Jika kamu masih kesulitan mengendalikan kecanduan ini, kamu bisa meminta bantu dari orang terdekat atau professional terlatih loh. Mintalah orang terdekatmu untuk selalu mengawasi pengeluaranmu, atau berkonsultasilah masalah kecanduan ini dengan professional terlatih untuk cepat mengidentifikasi permasalahan ini.

7 cara di atas dapat kamu realisasikan untuk menghentikan kecanduan belanjamu. Belanja memang dapat menyenangkan dan membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Namun, perlu diingat bahwa rasa bahagia dan senang itu sementara dan singkat. Bahkan, kecanduan ini lebih banyak memiliki kerugiannya loh Ladies.

 

Sumber: happierhuman

Must Read

Related Articles