OUR NETWORK

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Temanmu yang Sedang Kehilangan

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Temanmu yang Sedang Kehilangan
Foto: helpguide.org

Kehilangan bisa beragam jenisnya. Mulai dari ditinggal selamanya (meninggal), putus cinta, dan lain sebagainya. Rasa kehilangan akan memberikan kesedihan yang mendalam untuk seseorang. Maka dari itulah perlu orang lainnya untuk ada di sampingnya, setidaknya bisa memberikan dukungan. Ingin berbuat sesuatu buat temanmu yang sedang merasa kehilangan? Yuk, ikuti terus ulasan di bawah ini.

Berikan Pesan Harapan dan juga Dorongan Positif

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Temanmu yang Sedang Kehilangan
Foto: catholiccem.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan tentu saja memberikan support untuknya. Bisa memberikan berbagai pesan mengenai masih ada harapan dan juga berbagai dorongan positif. Jika dekat, kamu bisa melakukannya secara langsung. Tapi jika jauh, kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu. Mulai dari WhatsApp, email, dan lain-lain. Pastikan pesan yang kamu sampaikan memberikan semangat kembali. Olecia Christie, certified life coach dan owner dari Optics Communications di San Antonio menyebutkan jika “lebih dari segalanya, orang-orang yang berduka ingin tahu jika mereka akan segera bisa melewati semua kesakitan yang terjadi.”

Tanyakan Apa yang Sedang Dilakukan

Seseorang yang sedang mengalami kehilangan, kerap kali merasa stuck. Semua berputar-putar di kepala seakan tidak ada jalan keluarnya. Mereka akan kesulitan untuk keluar dari rasa kehilangan dan juga kewalahan untuk melakukan aktivitas hariannya. Coba tanyakan apa yang sedang mereka lakukan ataupun rasakan. Setelah mendengar semua keluh kesahnya, kamu tidak perlu memberikan solusi. Cukup memberikan pelukan, dan beritahu dia jika dirimu selalu ada jika ia ingin berbicara, setiap saat. 

Tidak Perlu Menghindari Pembicaraan Tentang Dia yang Meninggal

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Temanmu yang Sedang Kehilangan
Foto: harvard.org

Memang selama ini orang-orang menghindari perbincangan tentang orang yang meninggal supaya mereka yang ditinggalkan tidak semakin tersakiti. Namun, menurut Becky Stuempfig, licensed marriage and family therapist di Encinitas, California, ada cara untuk membicarakan orang yang telah meninggal. Yaitu berbagi kebaikan hatinya merupakan salah satu cara ampuh mengurangi kesedihan mereka yang ditinggalkan. Hidup dengan kenangan-kenangan baiknya.

Konsisten Memberikan Dukungan

Dengan berbagai hal, akhirnya konsisten merupakan dukungan utama. Maksudnya, kamu bisa datang tepat waktu, namun memberikan support secara konsisten kepada mereka yang kehilangan merupakan kasus yang berbeda. Kamu memberikan support secara konsisten supaya dia tahu ada orang di luar sana yang peduli. Jangan sampai temanmu merasakan ditinggalkan, itu membuat kesedihannya bertambah.

Baca juga: Jangan Sedih, Ini Tips Mengatasi Putus Cinta ala Seleb Hollywood

Kehilangan orang yang dicintai ataupun disayangi merupakan proses mengikhlaskan paling berat. Maka dari itulah, usahakan untuk selalu ada untuk temanmu yang sedang merasakannya. Banyak pikiran-pikiran yang berkecamuk di dalamnya, jangan sampai hal negatif yang menang.

Memang berat jika harus menghadapi kehilangan. Tapi, ingatlah bahwa kenangan yang baik akan selalu abadi, Ladies.

 

Sumber: huffpost

Comments

Loading...