OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Cara Mudah Melepas Wallpaper Sendiri di Rumah

Ada saatnya wallpaper rumah kamu mesti diganti. Bisa jadi karena sudah rusak, menguning, atau karena sudah lewat trennya aja nih. Biar kamu enggak kesusahan saat melepas dan memasang wallpaper baru, cek tips berikut ini dulu, Ladies!

1. Persiapkan tempat

Sebelum kamu melepas wallpaper lama, persiapkan tempat di sekeliling dinding tersebut. Karena kita akan menggunakan air dan sabun, lindungi permukaan lain di sekitar dinding dari kemungkinan terkena percikan.

2. Kikis dari dinding

Setelah persiapan selesai, waktunya melepas wallpaper! Beberapa wallpaper susah dilepas dengan tangan karena sudah terlalu tua Kalau begini, kamu harus mengikisnya dari dinding. Persiapkan taping knife untuk mengikis wallpaper kamu, Ladies.

Cara Mudah Melepas Wallpaper Sendiri di Rumah
Foto: kraftool.com

3. Semprot dinding dengan air

Walaupun sudah dikikis, tapi pasti masih ada sisa kertas yang menempel kan, Ladies. Semprotkan air hangat pada dinding tersebut untuk memudahkan kertas wallpaper lepas. Paling efektif menggunakan steamer nih, Ladies. Taruh juga lap atau plastik di permukaan lantai agar tidak terkena air ya. Diamkan selama beberapa menit sampai air terserap sepenuhnya ke kertas.

4. Kikis kembali

Cara Mudah Melepas Wallpaper Sendiri di Rumah
Foto:

Setelah kertas sudah basah, kikis kembali wallpaper tersebut. Ulangi langkah menyemprotkan air dan mengikis sampai dinding bersih dari wallpaper. Pastikan juga kamu tidak berlebihan mengikis dan malah mengikis dindingnya juga nih, Ladies!

5. Cuci/gosok dinding

Cara Mudah Melepas Wallpaper Sendiri di Rumah
Foto:

Setelah dinding bebas dari wallpaper lama, waktunya menggosok sisa lem di dinding. Gunakan sponge yang sudah direndam di larutan air dan sabun lalu gosokkan ke dinding tadi. Lakukan selama beberapa kali hingga dinding bersih dari lem. 

6. Hilangkan butiran kecil di permukaan dinding

Cara Mudah Melepas Wallpaper Sendiri di Rumah
Foto:

Kamu suka lihat gak kalau di dinding yang dicat, biasanya ada butiran halus di permukaannya yang berjatuhan. Nah jika butiran halus ini tidak dihilangkan, wallpaper kamu akan susah menempel. Hilangkan butiran ini dengan gel stripper ya, Ladies.

Baca juga: Ide Dekorasi Dinding untuk Rumah Sewaan, Cantik Tanpa Merusak

7. Tempel wallpaper baru

Setelah sudah selesai, waktunya untuk menempel wallpaper baru, Ladies! Sesuaikan dengan desain ruangan kamu ya. Kamu juga bisa menggunakan taping knife untuk merapikan wallpaper baru kamu.

Kamu bisa mengikuti tips dan cara tadi step by step, Ladies. Nggak perlu bingung lagi kan mengganti wallpaper di ruangan atau rumah sendiri? Tinggal siapin waktu aja deh untuk mulai!

 

Sumber: Elle Decor

Must Read

Related Articles