OUR NETWORK

Cara Menangani Rasa Iri dalam Pertemanan

Cara Menangani Rasa Iri dalam Pertemanan
Foto: unsplash.com

Pertemanan yang baik adalah pertemanan di mana setiap individu saling percaya, jujur, dan belajar dari satu sama lain. Tentunya dalam pertemanan kita menginginkan hal terbaik untuk teman kita ya, Ladies. Namun, terkadang saat teman kita meraih sesuatu, ada bagian dari kita yang membandingkan diri sendiri dengan mereka dan menimbulkan rasa iri.

Baca juga: Perkuat Tali Persahabatanmu dengan Lima Cara Ini

Rasa iri dalam pertemanan bisa muncul karena berbagai hal. Misalnya saat temanmu mendapat promosi di tempat kerjanya. Atau ia punya waktu kerja yang lebih fleksibel, atau punya partner yang sepertinya berlanjut ke jenjang pernikahan, kemudian dia menikah lebih awal dari dirimu, punya anak sedangkan dirimu belum, dan sebagainya.

Cara Menangani Rasa Iri dalam Pertemanan
Foto: unsplash.com

Tentu rasa iri yang berkelanjutan tidak sehat untuk hubungan pertemananmu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang iri dengan teman kamu, Ladies.

1. Cari identitas dirimu sendiri

Semakin dalam kamu mengeksplorasi kehidupanmu sendiri, semakin sedikit ruang yang tersedia untuk iri dengan kehidupan orang lain. Ketika kamu bebas dari rasa iri dan menerima bahwa kamu mempunyai perjalanan hidup sendiri, kamu akan bersemangat menggapai impianmu dibanding iri dengan orang lain.

Cara Menangani Rasa Iri dalam Pertemanan
Foto: unsplash.com

2. Ikut rayakan perjalanan hidup temanmu

Kesuksesan teman kamu bukan berarti menjadi pengingat akan pencapaianmu yang belum seberapa. Selalu ingat Ladies, perjalanan hidup setiap orang itu unik dan berbeda. Perjalanan hidup mereka bukanlah perjalanan hidupmu. Jadikan saja pencapaian mereka ikut menginspirasi dirimu untuk mencapai impianmu sendiri. Ikut rayakan pencapaian mereka dengan hati lapang ya, Ladies.

3. Ingatlah bahwa setiap orang punya potensi masing-masing

Ingat-ingat lagi apa yang menjadikan kamu dan temanmu bisa menjadi teman. Pasti ada kualitas dari dirinya yang menarik dan ingin kamu pelajari. Hal ini juga berlaku sebaliknya, pasti ada bagian dari dirimu yang juga ingin mereka pelajari.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Putus Hubungan Pertemanan Jauh Lebih Sakit daripada Hubungan Asmara

Jika temanmu mendapatkan pengakuan atas kualitas dirinya, mungkin kualitas tersebut yang juga kamu sukai dari dirinya dan ikut membantu dirimu dalam perjalanan hidup. Bisa jadi kamu juga telah membantu temanmu ini lho, Ladies.

Cara Menangani Rasa Iri dalam Pertemanan
Foto: unsplash.com

4. Pertanyakan pertanyaan penting pada dirimu sendiri

Ketika perasaan iri menyerang, jujurlah dengan diri sendiri dan pertanyakan hal-hal ini, Ladies.

  • “Mengapa aku menginginkan yang temanku miliki?”
  • “Ekspektasi apa yang secara sadar maupun tidak telah aku serap dalam diri?”
  • “Apakah hidupku akan berubah secara drastis jika aku memiliki yang temanku miliki?” dan sebagainya.

Menjawab pertanyaan tadi mungkin butuh waktu, Ladies. Namun, ketika kamu memikirkannya masak-masak, kamu akan tahu apa yang kamu inginkan dengan pasti dan bebas dari gangguan rasa iri.

Cara Menangani Rasa Iri dalam Pertemanan

Foto: unsplash.com

5. Terbukalah dan bicara dengan temanmu

Memang sulit untuk menunjukkan betapa rapuhnya dirimu, tapi membicarakan hal tersebut dengan temanmu akan membuatmu lebih lega. Cobalah membicarakan hal ini dengan temanmu dalam suasana yang nyaman dan penyampaian yang baik.

Ketika kamu menciptakan ruang yang aman untuk jujur dan terbuka, kamu akan melihat bahwa ada lebih banyak cerita dibalik kesuksesan yang diraih. Pembicaraan ini juga akan mempererat hubungan pertemanan kalian.

Sumber: darlingmagazine.org

Comments

Loading...