OUR NETWORK

Beda Keyakinan? Ini Cara Membuat Hubunganmu Tetap Awet

Beda Keyakinan? Ini Cara Membuat Hubunganmu Tetap Awet
Foto: pexels.com

Tak jarang hubungan romantis berakhir begitu saja karena kedua belah pihak memiliki pandangan agama yang berbeda, meski keduanya masih memiliki perasaan sayang kepada satu sama lain. Namun, apakah menurutmu berpacaran dengan orang yang berbeda agama adalah hal yang tidak mungkin? Bagaimana bila keduanya menghargai keyakinan masing-masing sehingga kebersamaan dan saling memberi kasih sayang kepada satu sama lain bukan menjadi hal yang tidak mungkin? Kamu merupakan salah satu orang yang meyakini hal ini dan ingin mengupayakannya? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu hubunganmu agar tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: Menerima Sisi Bayangan Diri Kunci Membangun Hubungan yang Sehat

1. Saling menghargai keyakinan agama satu sama lain

Jika kamu tengah berhubungan dengan orang yang memiliki pandangan agama yang berbeda dengan dirimu, selalu hormatilah keyakinan mereka tanpa melakukan judging. Bahkan sekalipun jika kamu tidak setuju dengan hal itu. Dengan saling menghargai pendapat yang berbeda, maka, perdebatan yang dapat membuat hancurnya sebuah hubungan dapat dihindari, bukan?

2. Jangan Mencoba Mengubah Pandangan Pasanganmu

Sebagaimana dirimu, pasanganmu juga merasa bahwa keyakinannya sangat penting bagi hidupnya. So, sebesar apapun keinginanmu untuk memiliki pandangan yang sama dengan pasanganmu, kamu jangan mencoba mengubah keyakinannya menjadi agamamu. Jika ia memang ingin mengubah keyakinannya, biarkan ia mengubahnya sendiri, jangan sampai kamu yang memaksakannya, tidak pula meremehkannya ya, Ladies.

3. Diskusikan Agama Si Anak

Foto: pexels.com

Jika kamu memutuskan untuk memiliki anak bersama dengan pasanganmu yang berbeda agama, maka, kamu perlu mendiskusikan agama apa yang akan dianut si anak dan bagaimana cara yang kalian inginkan untuk membesarkannya. Apakah ia akan dibesarkan dengan satu keyakinan, atau belajar keduanya, atau membiarkan mereka memutuskan sendiri akan beragama apa setelah mereka sudah besar? Hal ini sangat penting dibicarakan bersama dan penting bagi anak untuk mengetahui bahwa mereka dibesarkan oleh kedua orang tua yang saling menghargai keyakinan satu sama lain.

4. Mendiskusikan Segala Aspek Kehidupan dan Mencari Jalan Tengah

Mengingat tak bisa dipungkiri, keimanan dapat memberikan dampak besar pada kelanjutan sebuah hubungan, maka, penting bagi kedua belah pihak untuk menjaga kesehatan dari hubungan itu sendiri. Salah satu caranya ialah dengan membicarakan berbagai masalah yang dihadapi, khususnya yang berkaitan dengan keyakinan masing-masing. Meski masalah yang dihadapi tampak sederhana, jangan mengabaikannya, Ladies, karena kamu tidak akan tahu kapan hal itu menjadi masalah besar. Sebelum menjadi besar, sebaiknya diselesaikan bersama. Adapun beragam masalah itu, bisa terkait bagaimana keluarga masing-masing bereaksi, di mana kalian akan menikah, membesarkan anak-anak, atau lainnya.

Baca juga: Agar Hubungan Bertahan Lama Ikuti Tips Berikut Ini

5. Berpikir Terbuka

Mengingat kamu berada dalam hubungan dengan orang yang berbeda keyakinan, maka, berbagai pandangan baru akan datang padamu. Untuk itu, penting untuk membuka pikiran terhadap pandangan-pandangan baru, baik tentang agama maupun atheisme dari pasanganmu, bahkan jika kamu tidak memahami mengapa mereka merasakan hal tersebut. Meski kamu tidak ada ketertarikan untuk berpindah keyakinan, mendengarkan pendapat mereka akan menjadi langkah yang bijak untuk menjaga hubunganmu tetap sehat. Sebaliknya, dengan menolak mentah-mentah bahkan tidak ingin mendengar pendapat mereka sedikitpun perihal keyakinannya, hanya akan memperburuk hubunganmu dengannya.

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...