test
OUR NETWORK

Alasan Mengapa Percakapan Berkualitas dengan Teman dapat Menambah Kebahagiaan

Baru-baru ini penelitian membuktikan bahwa melakukan percakapan berkualitas dnegan teman dapat meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang.

Setidaknya ada tujuh topik pembicaraan yang dapat digunakan untuk mendapatkan percakapan berkualitas, yaitu: Menanyakan kabar: “Hari ini, kami ingin Anda santai dan meluangkan waktu untuk mengobrol dengan teman.”

  • Pembicaraan yang bermakna: “Hari ini, kami ingin Anda membicarakan sesuatu yang berarti bagi Anda dengan seorang teman.”
  • Bercanda: “Hari ini, kami ingin Anda tidak terlalu serius, tertawa saja dengan seorang teman.”
  • Menunjukkan kepedulian: “Hari ini, kami ingin Anda memberi tahu teman Anda betapa Anda peduli pada mereka.”
  • Mendengarkan: “Hari ini, kami ingin Anda mendengarkan dengan cermat teman Anda ketika mereka berbicara.”
  • Menghargai orang lain dan pendapat mereka: “Hari ini, kami ingin Anda membuat teman Anda merasa bahwa Anda menghargai mereka dan pendapat mereka.”
  • Memberikan pujian yang tulus: “Hari ini, kami ingin Anda memberikan pujian yang tulus kepada teman Anda saat Anda berbicara dengan mereka.”

Lalu apa sih penyebab percakapan berkualitas dengan seorang teman tersebut dapat  bermanfaat bagi kesejahteraan sehari-hari? Simak ulasannya di bawah ini!

Hal senada yang berada dalam semua jenis percakapan berkualitas yang dipertimbangkan dalam penelitian tersebut adalah tingkat ketanggapan. Jika Ladies mendengarkan dengan cermat, menunjukkan kepada seseorang bahwa Ladies benar-benar peduli, atau memuji seseorang, misalnya, Ladies secara aktif berpartisipasi dalam percakapan. Cara yang dapat memicu timbal-balik yang bermanfaat.

Memilih untuk terlibat dengan cara ini berarti mendekati percakapan dan, pada gilirannya, persahabatan secara keseluruhan.

“Kita cenderung tidak secara sengaja mencari kesehatan sosial dengan cara yang sama seperti kita melakukan kesehatan gizi atau kesehatan fisik. Kita hanya berharap itu terjadi sebagai hal yang biasa,” katanya. 

“Tetapi untuk terlibat dalam percakapan yang berkualitas dan menjadi mitra yang responsif, Anda harus hadir dalam percakapan dengan niat untuk melakukannya.” lanjutnya.

Saat Ladies melakukan itu, Ladies mendorong hal yang sama dari temanmu. Ini kemudian menjadi pendorong untuk percakapan yang meningkatkan kebahagiaan di sekitar. Hal tersebut terjadi sebab pendorong peningkatan kesejahteraan yang paling konsisten dalam penelitian ini adalah rasa koneksi yang lebih kuat.

Dr. Hall menduga bahwa percakapan berkualitas ini memungkinkan peserta untuk memenuhi “kebutuhan untuk dimiliki”, sebuah konsep yang sebelumnya dia definisikan sebagai bagian dari teori Communicate Bond Belong

Pada dasarnya, ketika percakapan yang baik membuat Ladies merasa terhubung, “Anda merasa, pada tingkat tertentu, hidup Anda bermakna, bahwa ada alasan untuk ada, bahwa ada orang yang peduli dan mencintai Anda,” katanya.

Pada saat yang sama, melakukan percakapan yang berkualitas juga terbukti meningkatkan kesejahteraan dalam penelitian dengan mengurangi stres, yang memperkuat penelitian sebelumnya tentang kemampuan dukungan sosial untuk meningkatkan ketahanan stres. 

“Jika saya stres, dan saya terhubung dengan Anda dan Anda adalah teman saya, Anda responsif, Anda mendengarkan, Anda membantu saya memikirkan masalah saya, maka saya juga akan meninggalkan percakapan dengan perasaan didukung, lebih mampu memecahkan masalah atau menciptakan narasi yang penuh harapan di sekitar situasi yang penuh tekanan,” kata Dr. Hall.

Cara terlibat dalam lebih banyak percakapan yang meningkatkan kebahagiaan

Alasan Mengapa Percakapan Berkualitas dengan Teman dapat Menambah Kebahagiaan
Foto: pexels

Secara aktif berencana untuk terlibat dengan seorang teman dalam setidaknya satu dari tujuh jenis percakapan berkualitas setiap hari—dan menindaklanjutinya—adalah tip terbesar Dr. Hall. Terutama di saat mungkin masih terasa lebih sulit daripada pra-pandemi untuk terhubung dengan rakyat. 

“Sementara banyak orang bekerja atau belajar secara langsung sekarang, jumlahnya jauh lebih sedikit daripada sebelumnya. Dan saya pikir banyak dari kita masih berada di luar rutinitas normal. Di mana kami dulu lebih sering terlibat dengan teman-teman sebagai jalan hidup alami,” ujarnya. “Dan membangun kembali rutinitas itu membutuhkan pilihan yang disengaja.”

Pada catatan positif, semakin Ladies terlibat dalam perilaku komunikasi yang berkualitas, semakin tidak sulit perilaku itu di waktu berikutnya, tambahnya. Dan menyadari bahwa kenyataan dapat membantu Anda menghindari bias peramalan negatif yang terlalu umum. “Yaitu ketika Anda berpikir bahwa Anda tidak ingin keluar dan bertemu seseorang atau menghadiri acara sosial, itu akan merepotkan, bahwa Anda terlalu lelah. Namun, kemudian Anda pergi, dan akhirnya menjadi sangat menyenangkan, ” kata Dr. Hall.

Hal yang sama berlaku untuk memulai percakapan yang berkualitas. Ini mungkin tampak seperti banyak pekerjaan atau Ladies benar-benar menempatkan dirimu di luar sana, tetapi jika penelitian di atas merupakan indikasi. Itu akan lebih dari layak untuk kesehatan jiwamu pada akhirnya.

Sumber: wellandgood.com

Must Read

Related Articles