OUR NETWORK

5 Langkah untuk Mengatasi Sweater yang Gatal saat Dipakai

5 Langkah untuk Mengatasi Sweater yang Gatal saat Dipakai
Foto: golinmena.com

Saat musim dingin atau sedang berangin, sweater merupakan salah satu fashion yang nyaman digunakan. Selain membuat tampilan jadi fashionable, juga menghangatkan tubuh. Model dan warna dari sweater ini juga begitu beragam, kamu nggak akan gampang bosan. Dipakai menjadi outer atau tanpa tambahan apapun juga bisa.

Sayangnya, salah satu kelemahan dari sweater ini adalah benangnya sering membuat tubuh jadi gatal-gatal.

Tapi sekarang tenang saja ya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sweater ini nyaman dikenakan, anti gatal. Bagaimana langkahnya? Mari simak di bawah ini!

5 Langkah untuk Mengatasi Sweater yang Gatal saat Dipakai
Foto: self.com
  1. Langkah pertama adalah dengan merendam sweater larutan air dan cuka. Pastikan semua bagian sudah terendam dengan baik. Rendam beberapa saat, sekitar 15 sampai 20 menit, lalu buang airnya.
  2. Saat sweater masih basah setelah direndam, pijat-pijat halus menggunakan hair conditioner, hati-hati jangan sampai membuatnya terlalu renggang. Cara ini akan menghilangkan tumpukan lilin yang menjadi penyebab tubuh gatal saat menggunakannya.
  3. Biarkan sweater direndam dengan hair conditioner selama 30 menit. Lalu basuh menggunakan air dingin. Selanjutnya buang sisa-sisa hair conditioner secara hati-hati
  4. Letakkan sweater tadi di atas handuk dan biarkan mengering sendirinya. Setelah benar-benar kering, lipat dengan rapi dan masukkan ke dalam kantong plastik besar yang ada resleting atau zip-lock plastic bag.
  5. Letakkan plastik berisi sweater tersebut semalaman di dalam freezer. Dan di pagi hari saat kamu menggunakan-nya, tidak akan ada lagi rasa gatal. Malahan akan membuat serat-serat sweater ini jadi lembut.

Baca juga: Begini Cara yang Benar Merawat Sweater dan Kardigan

Kelima tahapan tersebut akan berhasil karena air cuka dan hair conditioner melembutkan serat-serat kain. Dan peletakan di dalam freezer membuat serat tidak melar. Namun jika cara di atas belum bisa menghilangkan rasa gatal, coba cari tahu apakah kamu mengalami alergi terhadap bahan pembuat sweater atau ada benda-benda lainnya penyebab alergi. Misalnya saja bulu ulat atau suatu hal lainnya yang tidak sengaja menempel di sweater. Semoga langkah di atas membantu ya.

 

Sumber: glamour, whowhatwear

Comments

Loading...