OUR NETWORK

5 Cara Membantu Teman yang Butuh Pertolongan

Saat teman berada dalam kesusahan dan butuh pertolongan, hal yang naluriah bagi kita untuk membantu teman kita itu. Namun, beberapa teman kita justru merasa nggak enak dan lebih memilih menyembunyikan saat mereka butuh pertolongan. Kalau sudah begitu, kamu pun jadi bingung harus berbuat apa. Jangan bingung, berikut ini 5 cara membantu teman yang sebenarnya butuh pertolonganmu!

Tawarkan Bantuan saat Bisa Kamu Lakukan

Pikirkan baik-baik bantuan yang akan kamu lakukan kepada temanmu itu. Berikanlah pertolongan sesuai dengan kemampuanmu dan lakukan dengan tulus. Jangan menawarkan bantuanmu kalau kamu nggak bisa ya, Ladies. Sebab, hal itu hanya membuat teman atau sahabatmu kecewa.

Jangan Bersikap seperti Tahu yang Terbaik

Saat teman berada dalam kesusahan atau butuh bantuan, janganlah bersikap seperti kamu tahu cara segalanya. Jangan juga bersikap seperti kamu tahu cara terbaik untuk membantunya ataupun menyelesaikan apa yang ia hadapi. Cari tahu dulu masalah atau bantuan apa yang sebenarnya dia butuhkan, tanya pendapatnya dan tolong dia dengan bantuan yang kamu bisa.

Sebutkan secara Spesifik Tawaranmu

Sebagian orang ada yang merasa nggak enakan saat meminta bantuan ke orang lain meskipun orang itu ialah sahabat ataupun teman dekatnya. Cobalah untuk menawarkan bantuan secara lebih spesifik yang bisa memudahkannya dengan memperhatikan masalah dari cerita-ceritanya padamu. Misalnya, saat dirinya sibuk dan nggak sempat membeli suatu barang, cobalah untuk menawarkannya untuk membeli suatu barang itu nih, Ladies.

Jadilah Teman yang Bisa Dipercaya

Teman yang nggak terbuka untuk meminta pertolongan padamu mungkin saja menganggap kamu sebagai teman yang nggak bisa dipercaya lho, Ladies. Agar kamu dipercaya oleh teman ataupun sahabatmu, jangan ceritakan sesuatu yang menurutnya penting, rahasia ataupun situasi sulit yang lagi ia hadapi secara detail pada orang lain. Saat temanmu bercerita tentang sesuatu yang sifatnya pribadi dan rahasia, cobalah untuk menyimpannya saja, jangan diberitahukan kepada teman lainnya.

Dengarkan daripada Banyak Bicara

Mungkin saja dia nggak butuh bantuanmu secara fisik, tetapi justru butuh teman yang mau mendengarkannya. Cobalah untuk mendengarkan cerita atau hal yang temanmu anggap sulit. Jangan berikan komentar atau saran saat ia bercerita kecuali temanmu itu menanyakan hal tersebut. Cobalah untuk lebih banyak mendengarkan dibanding berbicara ya, Ladies.

Kita memang nggak akan tahu kapan teman kita butuh bantuan. Dengan melakukan 5 cara di atas, semoga bisa membantu teman kita yang sebenarnya lagi butuh pertolongan kita ya, Ladies. Atau kamu punya cara lain? Share yuk di kolom komentar!

Sumber: lifehack.org, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...