OUR NETWORK

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan dengan Cuci Hidung

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan dengan Cuci Hidung

Setelah beraktivitas seharian, membersihkan bagian tubuh seperti mandi menjadi kegiatan rutin. Ladies yang patuh banget dengan rutinitas skincare lengkap, nggak mungkin melewatkan langkah cuci muka. Namun, ada satu bagian tubuh yang termasuk jarang kita bersihkan nih, Ladies, yaitu hidung. Pernah dengar yang namanya cuci hidung?

Hidung kita memang luar biasa ya, Ladies. Selain jadi jalan utama masuknya udara, hidung juga berfungsi menjaga kelembapan, dan indra penciuman. Tahu kan gimana hidup udah terasa tersiksa karena sulit bernapas dan makanan terasa hambar ketika flu?

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan dengan Cuci Hidung
Foto: MeraMuda

Dr. S. Hendradewi SpTHT (K), Msi Med menjelaskan komplikasi kesehatan yang dapat terjadi jika hidung tersumbat. “Hidung yang terkena infeksi dan komplikasi akan menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, pilek, gangguan penciuman, pusing yang mengakibatkan rhinosinusitis. Jika gangguan tersebu sampai pada saluran napas bawah akan menimbulkan bronkitis.” Wah, ngeri juga ya, Ladies.

Untuk mencegah penyakit seperti ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Misalnya menggunakan masker saat bepergian untuk meminimalisir polusi. Dan sebagai tindakan pencegahan dan perawatan, kamu bisa melakukan cuci hidung. FYI, membersihkan hidung dengan tangan dengan cara mengorek sangat tidak disarankan, Ladies. Jika ingin membersihkan hidung, kamu bisa mencoba untuk mencuci hidung dengan cairan isotonik. Menurut Jurnal Kedokteran International Journal of Environmental Research and Public Health, cuci hidung berperan untuk melunakkan dan mengalirkan lapisan lendir pada rongga hidung.

Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Pusat pada Kamis (26/4) pagi, Hyphens Pharma dengan produknya Sterimar hari ini resmi memulai kampanye #cucihidungsetiaphari.

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencuci hidung. Jika dilakukan secara rutin, napas menjadi lebih lega, kesehatan hidung dan tenggorokan lebih terjaga, dan tentunya kualitas hidup semakin meningkat.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan dengan Cuci Hidung
Demonstrasi cuci hidung dengan Sterimar. Foto: MeraMuda.

Iflizar Jamal, Head of Business Hyphens Pharma Indonesia menjelaskan, “Sterimar adalah produk pencuci hidung isotonik berbahan 100% alami. Berasal dari mineral air laut St Malo Bay, Perancis. Produk ini dapat berpenetrasi ke sel mukolisial hidung sehingga dapat melindungi memberan mukosa hidung.”

Sterimar dilemgkapi dengan pipa semprot (nozzel) yang aman dan nyaman digunakan. Dengan kandungan alami, produk ini juga aman digunakan untuk bayi loh, Ladies. Produk untuk bayi juga memiliki kemasan dan pipa semprot yang telah disesuaikan. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menekan semprotan hidung, memasukkannya ke rongga hidung. Untuk perawatan harian, tekan nozzle sebentar saja. Untuk membersihkan, tekan nozzle beberapa detik, biarkan larutan yang berlebih keluar, barulah hembuskan napas. Setelahnya, jangan lupa untuk membersihkan ujung pipa nozzle. Rutinitas cuci hidung ini akan terasa bermanfaat banget untuk kamu yang menderita sinusitis dan asma loh.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan dengan Cuci Hidung
Foto: MeraMuda

Jika produk tidak sengaja tertelan, tidak usah panik, Ladies. Karena terbuat dari bahan alami, Dr. Dewi menjelaskan tidak ada efek samping yang perlu dikhawatirkan. Malah, produk itu bisa untuk sekaligus membersihkan tenggorokan. Tapi, jangan ditelan dengan sengaja ya, karena akan terasa asin. Hehehe…

Yuk, Ladies, coba #cucihidungsetiaphari untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit!

Comments

Loading...