OUR NETWORK

Empat Teknik Pernapasan untuk Menenangkan Diri Saat Penerbangan

Empat Teknik Pernapasan untuk Menenangkan Diri Saat Penerbangan

Melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang pastilah membuat Ladies merasakan berbagai hal. Dari mulai senang, gembira, semangat, hingga perasaan buruk, seperti panik, cemas, hingga gugup. Hal itu sangat wajar kok Ladies dan banyak dialami oleh banyak orang. Bahkan, tidak jarang loh penumpang yang sudah sering terbang pun masih mengalami kegugupan dan kecemasan dalam perjalanan. Menaiki pesawat terbang memang tidak pernah mudah. Ada berbagai kemungkinan buruk yang harus dialami oleh setiap penumpangnya, seperti turbulence, hingga kecelakaan saat take off, ataupun landing. Ladies pasti sudah tahu dong betapa hebohnya berita kecelakaan pesawat beberapa tahun silam yang kerap menghiasi headline surat kabar Tanah Air? Alhasil, penumpang bisa stress dan sulit menjadi tenang padahal ketenangan sangat dibutuhkan agar Ladies dapat duduk nyaman di pesawat.

Untung saja, ternyata, menurut mindbodygreen, hanya perlu waktu 60 detik saja bagi Ladies untuk menenangkan diri. Trik ini dapat dilakukan dengan menggunakan mekanisme yang sudah Ladies gunakan sejak lahir, yaitu bernapas.

Penelitian yang dilkukan oleh Stanford University School of Medicine menemukan “sirkuit umpan balik” yang menghubungkan saraf dalam otak dengan pernapasan dan states of arousal. Dengan mengatur pernapasan, maka otak akan menganggap bahwa tidak ada pemicu stress yang sedang dialami oleh seseorang. Yuk simak empat teknik pengaturan pernapasan di bawah ini yang dapat membuatmu segera rileks menjelang atau saat penerbangan. 😉 Pastikan Ladies menggunakan pernapasan diafagram untuk hasil yang lebih baik.

1. Memperpanjang napas

Teknik ini adalah teknik yang paling sederhana. Caranya, duduk dengan tegak, kemudian tarik napas dengan hidung secara mendalam. Keluarkan napas secara perlahan melalui hidung (jangan melalui mulut), satu hingga tiga detik lebih lama daripada waktu menarik napas. Lakukan trik ini selama 60 detik.

2. Tegangkan tubuh untuk rileks

Tegangkan setiap otot di bagian tubuh, dari mulai otot wajah hingga kaki. Setiap kali Ladies sedang menegangkan otot, bernapaslah melalui hidung selama tiga hingga empat detik. Keluarkan napas melalui mulut selama lima hingga enam detik seiring dengan dilepaskannya tegangan pada otot.

3. Bernapas bergantian melalui satu lubang hidung

Tutup satu lubang hidung dengan jarimu, kemudian hirup napas hingga paru-paru terasa penuh. Tahan napas sambil beralih menutup lubang hidung yang satu, dan membuka lubang hidung yang sebelumnya ditutup, kemudian keluarkan napas. Lakukan bergantian pada setiap lubang hidung.

4. Gunakan teknik 4-7-8

Mulailah dengan bernapas melalui hdiung selama 4 detik, tahan napas selama tujuh detik, kemudian keluarkan napas melalui hidung selama delapan detik. Ulangi teknik ini hingga merasa tenang.

Yap, mengatur napas bisa jadi salah satu kunci rileks selama penerbangan atau ketika kamu mulai merasa cemas, Ladies. Mau coba yang mana nih?

Sumber: Travel and Leisure, Foto cover: travelandleisure.com

Comments

Loading...