OUR NETWORK

3 Hal Ini Sepele Namun Bisa Membuat Hubungan Retak

Menjalin hubungan serius dengan seseorang berarti kamu bersedia untuk setia dan menjaga komitmen dengan satu saja. Itu membutuhkan usaha yang besar. Untuk itu, dibutuhkan persiapan yang matang baik secara fisik, materi, maupun secara emosional. Dengan persiapan yang cukup, akan terlahir hubungan yang langgeng.

Salah satu persiapan dari segi emosional yang juga penting untuk diperhatikan adalah berhati-hati dengan hal sederhana yang mungkin saja bisa jadi penyebab retaknya sebuah hubungan. Lebih baik, hindari 3 hal berikut sedari sekarang ya ladies!

Sifat defensive yang berlebihan

Foto: pojoksatu.id

Selalu menolak masukan atau kritikan dan enggan mendengarkan pendapat orang lain adalah sikap yang harus dihindari sejak dini. Belajarlah untuk menerima masukan baik berupa kritikan maupun nasihat dari pasangan. Ini juga demi kebaikan kamu. Berpikirlah positif pada siapa saja yang memberimu masukan tak terkecuali pasangan. Ini akan memudahkan kamu untuk menerimanya.

Begitu pula sebaliknya, jika kamu ingin memberikan masukan, lakukanlah dengan baik. Gunakan kata-kata yang baik dan pilih waktu yang tepat untuk mengatakannya. Sederhanakan kata-kata dan jangan berbelit-belit. Selipi juga dengan humor atau lelucon kecil agar tak terkesan terlalu kaku.

Selalu menuduh dan menghakimi

Foto: psikologikan.blogspot.co.id

Hal sepele yang bisa membuat pasangan enggan pada kita adalah karena dia merasa dituduh dan selalu dihakimi oleh kita. Mulai sekarang, cobalah untuk demi sedikit mengurangi perbuatan yang demikian. Ini akan membawa dampak yang buruk tak hanya untuk hubungan kamu dengan si dia namun dengan orang lain juga.

Foto: bunda.co

Sebelum kamu menuduh atau menilai sesuatu hal pada seseorang, alangkah baiknya jika kamu mencoba mencari alasan yang sebenarnya atau mencoba untuk melihatnya dari sudut pandang yang lebih luas. Jangan lupa juga untuk selalu berkaca pada diri sendiri sebelum menghakimi seseorang atau sesuatu. Dengan begitu, pikiran akan terbuka dan kamu bisa menyikapinya dengan bijaksana.

Lebih berfokus pada hal yang negatif

Foto: bangka.tribunnews.com

Segala hal yang terjadi di dunia ini seperti mata uang. Ia punya dua sisi yang berbeda. Begitu pula apa yang sedang terjadi di antara kamu dan dia pasti ada hal positif yang membuat senang dan hal negatif yang membuat tak suka. Cobalah untuk menyikapi hal negatif dengan lebih dewasa, karena segala macam yang terjadi pasti ada alasannya. Berpikirlah positif.

Lebih fokus pada perkara yang negatif akan membuat hidup yang kamu jalani terasa lebih berat. Dengan begitu, hubungan kamu dengan si dia pun akan rawan konflik yang bisa saja berujung pada pepisahan. Tak mau bukan? So, jangan terburu-buru emosi jika ada hal yang kamu nilai negatif. Cobalah untuk berbicara dari hati ke hati dengan si dia untuk mendapat kebenarannya.

 

Sumber: lifestyle.liputan6.com, Foto cover: centroone.com

Comments

Loading...