OUR NETWORK

Rumor Aplikasi 3D Character Zepeto, Melacak Tanpa Meminta Izin Pengguna?

Rumor Aplikasi 3D Character Zepeto, Melacak Tanpa Meminta Izin Pengguna?
Foto: Android apps

Beberapa waktu lalu telah rilis aplikasi kustomisasi 3D character pada platform android bernama Zepeto. Ladies mungkin pernah melihat karakter-karakter lucu zepeto berseliweran di ig story dengan desain bulat-bulat yang menggemaskan. Bagi kalian yang belum tahu, Zepeto dibuat oleh Snow Corporation dan Naver Corp. Sehari setelah dirilis, Zepeto langsung menjadi peringkat kedelapan game paling banyak di-download di Play Store.

Baca juga: Taylor Swift Meluncurkan App Eksklusif The Swift Life

Zepeto sendiri adalah aplikasi dimana pengguna membuat versi virtual mereka sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Kamu bisa memfoto karakter kamu di dalam ruangan virtual yang juga kamu kustomisasi sendiri. Karakter kamu akan berinteraksi dengan karakter-karakter lain. Sistemnya seperti sosial media pada umumnya. Namun, dengan grafis yang imut. Karakter kamu juga bisa diberi baju, gaya rambut, dan pernak-pernik untuk ruangan mereka yang dibeli dengan koin emas, atau gold. Gold didapat dengan menyelesaikan misi-misi tertentu di dalam aplikasi.

Rumor Aplikasi 3D Character Zepeto, Melacak Tanpa Meminta Izin Pengguna?
Foto: zepeto.me

Popularitas Zepeto membuat beberapa rumor tentang aplikasi ini mulai bermunculan.

Salah satu rumor yang cukup besar beredar adalah terkait keamanan dari aplikasi ini, Ladies. Dikabarkan bahwa Zepeto membuat video, merekam data-data handphone, dan melacak posisi dari pengguna tanpa perizinan dari si pengguna dan menyimpan info tersebut tanpa perizinan pula. Hal ini berbahaya sekali dan menimbulkan ketakutan bahwa pengguna Zepeto rawan diculik dan diintai tanpa mereka sadari. Rumor ini membuat cukup banyak pengguna langsung unistall aplikasi ini.

Nyatanya rumor ini tidak memiliki bukti yang mumpuni. Beberapa pengguna juga melaporkan adanya suara seperti radio statis ketika mereka mendekatkan smartphone mereka ke telinga saat menggunakan Zepeto. Padahal suara tersebut bukan hal luar biasa dan juga ditemukan di aplikasi lain yang menggunakan microphone dan speaker.

Baca juga: Ini Dia 5 Fitur Baru yang Akan Hadir di iOS 12

Jadi bagaimana fakta sebenarnya? Rumor ini dimulai dari grup chat dan menyebar di Twitter, menjadi rumor besar dan membuat banyak pengguna ketakutan serta uninstall Zepeto besar-besaran. Orang-orang yang terlibat dalam grup chat tersebut sudah membuat klarifikasi dan mengatakan rumor tersebut tidak benar dan hanya lelucon internal. Zepeto tidak meminta akses lokasi saat pertama kali menginstal aplikasi tersebut dan hanya meminta perizinan untuk menggunakan kamera dan notifikasi.

Sampai saat ini pihak Snow Corporation maupun Naver Corp belum memberi klarifikasi akan rumor tersebut. Kita tunggu saja ya, Ladies.

Sumber: Newsweek

Comments

Loading...