OUR NETWORK

Hadiah Ulang Tahun dari Gmail: Fitur Baru Schedule Email

Hadiah Ulang Tahun dari Gmail
Foto: androidheadlines.com

Gmail baru saja berulang tahun yang ke-15 nih, Ladies. Kalau anak manusia, mungkin sekarang mereka lagi seneng kebut-kebutan kalau cowok dan lagi mulai seneng dandan kalau cewek. Hehe. Yang pasti, Gmail tetap berinovasi dengan membuat fitur baru. Di ulang tahun kali ini, Gmail memberikan fitur istimewa sebagai hadiah kecil. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan email mereka.

Baca juga: Twitter uji Coba Dua Fitur Baru, Apa Saja?

Sebelumnya, Gmail mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga untuk bisa menjadwalkan email seperti Boomerang atau IFTTT. Bukan… bukan aplikasi Boomerang yang biasa kita pakai untuk foto bareng pas kondangan ya. Namanya aja sama. Hehe. Tapi, sekarang kamu nggak perlu pakai ekstensi tambahan seperti Boomerang tadi. Karena perlahan Gmail akan menambah fitur-fitur serupa ke semua pengguna, baik di aplikasi mobile atau di website.

Begini caranya menggunakan fitur schedule emails di Gmail.

1. Sabar

Karena fitur ini belum tersedia untuk seluruh pengguna. Kalau kamu pakai aplikasi Gmail, jangan lupa cek update terbaru yang perlu di-install ya.

2. Di PC

Setelah fiturnya tersedia, buat draft pesan seperti biasa. Untuk menjadwalkan, klik panah di sebelah tombol ‘Send’ dan klik ‘schedule send’. Menu pop-up akan muncul dengan pilihan jadwal kirimnya. Misalnya ‘besok pagi’. Tapi kamu juga bisa menjadwalkannya dengan tanggal dan waktu yang spesifik.

Hadiah Ulang Tahun dari Gmail
GIF: Google

3. Di aplikasi mobile

Tap ikon 3 dots di sebelah panah atau tombol ‘Send’ dan tap ‘schedule send.’ Menu baru akan muncul dan kamu bisa memilih kapan ingin mengirimkan email tersebut.

Hadiah Ulang Tahun dari Gmail
GIF: Google

4. Edit jadwal

Kamu juga bisa mengedit jadwal tersebut dengan mengulang langkah yang sama.

Selain fitur scheduling ini, mulai hari Senin (1/3) Google juga menambah fitur Smart Compose ke semua perangkat ponsel Android. Smart Compose menggunakan artificial intelligence untuk memprediksi apa yang akan kamu tulis di email, Ladies. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di versi desktop dan ponsel Google Pixel. Pengguna iPhone masih harus bersabar ya… Oh iya, fitur ini juga akan tersedia dalam 4 bahasa tambahan; Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugis.

Happy birthday, Gmail!

Sumber: CNET, Lifehacker

Comments