OUR NETWORK

Omega Cetak Rekor untuk Arloji Selam Terdalam

Omega Cetak Rekor untuk Arloji Selam Terdalam
Foto: sustainhealth.fit

Menyelam menyimpan suatu daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya ya, Ladies. Sebab, laut dalam adalah lingkungan yang paling sulit dan paling tak aman. Luar angkasa, Gunung Everest, Antartika, Sahara, dan medan magnet yang kuat dari Cern Supercollider semuanya menghadirkan tantangan tersendiri. Khususnya, pada seni pembuat jam tangan khusus yang digunakan untuk para penyelam.

Rekor penyelam terdalam nampaknya bukan hanya milik sang penyelam, tapi juga pantas diberikan pada arloji yang digunakannya. Yes, Ladies. Bulan lalu, sang penjelajah Amerika Victor Vescovo berhasil mencapai dasar Palung Mariana dan berhasil mendapat rekor penyelam terdalam. Tak hanya itu, jam tangan selam yang dikenakannya juga mendapat penghargaan yang sama sebagai jam tangan menyelam terdalam. Jam tangan Omega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep Professional yang diikat ke luar dan arloji yang dibuat khusus ini dikenakan tekanan 1.085,10 ATM (15.946,5 psi) saat mencapai kedalaman 10.928 m (35.853 kaki). Karena itulah, jam tangan ini layak diberi penghargaan jam tangan menyelam terdalam dalam sejarah.

Baca juga: Jam Tangan The Hidden Time: Menggunakan Ilusi Optik untuk Menunjukkan Waktu

Tidak mengherankan bahwa perusahaan-perusahaan arloji Swiss yang besar telah menjadi begitu terikat pada penyelaman dengan arloji mereka yang paling canggih.

Contoh yang paling terkenal adalah dari Rolex pada tahun 1960. Ketika itu arloji Deep Sea yang dibuat khusus dipasang di bagian luar Jacques Piccard dan “Bathyscaphe Trieste” karya Don Walsh. Arloji itu ikut dibawa turun ke Challenger Deep di Palung Mariana. Arloji itu berhasil mencapai kedalaman penyelaman rekor dengan kedalaman 10.916 m (35.800 kaki).

Sekarang, Omega mengklaim mahkota arloji menyelam terdalam dengan Seamaster Planet Ocean Ultra Deep Professional yang terus berfungsi pada rekor kedalaman 10.928 m (35.853 kaki) di mana arloji ini mengalami tekanan 1.085,10 ATM (15.946,5 psi). Arloji tersebut menjadi bagian dari Five Deeps Expedition mengarungi 5 samudera di dunia. Dibawa oleh Vescovo’s DSV Limiting Factor, sebuah kapal selam berlapis titanium.

Omega Cetak Rekor untuk Arloji Selam Terdalam
Foto: newsatlas.com

Menurut Omega, menciptakan Ultra Deep membutuhkan pendekatan lembar-kosong untuk desain. Selain memproduksi beberapa jam tangan untuk upaya pemecahan rekor, jam ini juga nantinya akan disesuaikan dengan jam tangan komersial pada umumnya. Jadi, Ultra Deep tetap memiliki ketebalan praktis di bawah 28 mm yang sudah pasti eyecatching, Ladies.

Untuk mendapatkan hasil sekeren itu, Omega membuat jam tangan Ultra Deep dari sisa-sisa pelapisan titanium tingkat 5 yang tersisa dari pembuatan DSV Limiting Factor. Dengan menggunakan teknik penempaan tingkat lanjut dan desain bebas-las, buangan ini dikerjakan ke dalam bezel arloji, kasing, penutup belakang, dan mahkota.

Baca juga: Sony Desain Jam Tangan Setipis Kertas

Sementara itu, permukaan penahan beban dari “viewport” kristal safir tebal ini dirancang untuk menangani tekanan laut dalam dan penampang meruncing untuk meminimalkan tekanan.

Di antara safir dan kasing terdapat lapisan LiquidMetal-paduan logam amorf komersial yang dikembangkan oleh Caltech yang memiliki kekuatan tarik tinggi, tahan korosi, koefisien pengembalian yang sangat tinggi, dan karakteristik anti-aus yang tinggi. Hasil akhirnya adalah kasing titanium tempa dengan peringkat 15.000 m (49.212 kaki) di mana tekanannya adalah 1.489,06 ATM (21.883,1 psi)-jauh di luar yang ditemui oleh Faktor Pembatas.

Desain Ultra Deep juga menawarkan lugs “manta” yang dibiarkan terbuka untuk mengurangi risiko kerusakan karena case rusak di bawah tekanan. Lugs ini mengamankan tiga arloji Seamaster Planet Ocean Ultra Deep ke kapal menggunakan tali poliamida dan penutup Velcro. Desain ini serupa dengan yang digunakan pada jam tangan Omega yang disediakan untuk misi luar angkasa NASA. Dua dari jam tangan dipasang di lengan submersible dan yang ketiga diikat ke Lander – paket sensor kecil yang dapat dipulihkan dan digunakan dalam misi penyelaman. Omega mengatakan bahwa arloji itu diuji dengan margin keamanan 25 persen. Selain itu, tes pasca penyelaman menunjukkan Ultra Deeps masih memenuhi standar sertifikasi Master Chronometer.

Wow, keren banget ya, Ladies.

 

Sumber: newatlas

Comments

Loading...