Siap-siap Berganti Kemasan, Coca-Cola Uji Coba Prototipe Botol Kertas Pertama

Menggantikan kemasan plastiknya sedikit demi sedikit, Coca-Cola akan segera merilis produk dengan botol kertas. Rencananya, perusahaan ini akan meluncurkan sekitar 2.000 prototipe botol kertas pada tahun ini dalam sebuah eksperimen. Hal ini dilakukan untuk menguji keefektifan desain botol tersebut secara keseluruhan.

Prototipe yang dibuat oleh perusahaan Denmark bernama Pacobo ini tampak memiliki paper shell yang masih berisi lapisan plastik tipis untuk menampung cairan di dalamnya. Meski begitu, pihak Coca-Cola mengklaim bahwa tidak seperti bahan plastik biasanya, bagian dalam kemasan tetap dapat didaur ulang. Mereka menyatakan telah membuktikannya di sebagian besar wilayah Eropa. Hal ini disesuaikan dengan tujuan akhir pihak Coca-Cola yakni membuat botol kertas tanpa sisipan plastik.

“Visi kami adalah menciptakan botol kertas yang dapat didaur ulang seperti jenis kertas lainnya, dan prototipe ini merupakan langkah pertama untuk mencapainya,” jelas Packaging Innovation Manager of Coca-Cola Europe, Stijn Franssen, yang dilansir dari CTV News. Ia menambahkan, langkah besar ini dilatarbelakangi oleh perkiraan pihaknya bahwa kemasan kertas akan memiliki peran yang besar di masa depan.

Akan tetapi, perusahaan yang fokus pada produk minuman berkarbonasi ini menghadapi tantangan mendesain botol kertasnya tahan dengan tekanan. Botol juga harus cukup kuat untuk tidak mengelupas dan aman bagi kesehatan para konsumen.

Siap-siap Berganti Kemasan, Coca-Cola Uji Coba Prototipe Botol Kertas Pertama
Foto: bbc.com

Menyadari hal ini dan juga menjaga agar cairan tetap terpisah dari kertas, Franssen mengatakan, perusahaan kini tengah mempertimbangkan interior berbahan nabati dan penutup berbahan kertas yang memungkinkan daur ulang dilakukan 100%.

Proyek ini diakui Business Development Manager Pacoco, Michael Michelsen, masih dalam proses tahap awal pengembangan.

Ia menyatakan, pihaknya masih fokus pada beberapa bidang pengembangan yang berbeda namun semuanya berkaitan dengan produksi inovasi botol berbasis bio yang dapat didaur ulang 100%.

Baca juga: Ini Alasan Kemasan Produk Kecantikan Menjadi Penting untuk Branding

Uji coba produk ini akan dilakukan pada minuman buah Adez yang tidak memerlukan kemasan bertekanan serupa minuman berkarbonasi. Prototipe botol kertas ini diungkap pihaknya akan memasuki pasar Hongaria tahun ini.

Langkah ini segera diikuti oleh beberapa perusahaan minuman lainnya, diantaranya Absolut Vodka. Pihaknya akan memulai fase uji coba kedua atas prototipe botol kertasnya di Inggris dan Swedia pada musim semi 2021. Setelah sebelumnya berhasil menjual 2000 botol prototipe sejak 2020 dan memiliki tujuan yang serupa dengan Coca-Cola.

 

Sumber: CTV News

Must Read

Related Articles