OUR NETWORK

Daur Ulang Plastik dengan Kreasi 5 DIY Ini

Daur Ulang Plastik dengan Kreasi 5 DIY Ini
Foto: hobbylesson.com

Sebagaimana yang tampak di sekeliling kita, menggunungnya sampah plastik sudah tidak menjadi hal aneh lagi bagi kita. Yup, bukan hanya di tanah air, tapi juga di dunia. Meski pengurangan penggunaan kantong plastik telah digalakkan, namun, pada beberapa tempat, sampah plastik masih dapat ditemukan, ditambah lagi dengan plastik-plastik yang telah lama terbuang. Jika kita bergantung pada gerakan pemerintah, pengurangan ini tentunya akan berjalan sangat lama. Mengingat, kita sendiri sebagai penggunanya terus menerus menambah sampah tersebut. Tapi tidak berarti kita tidak bisa melakukan apapun, loh! Kita dapat melakukan pengurangan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, pengurangan dalam bentuk tidak lagi menggunakannya, tetapi juga dalam bentuk mendaur ulang sampah plastik yang telah ada. Nah, untuk itu, berikut ini terdapat empat inspirasi diy menarik yang dapat kamu terapkan untuk mendaur ulang sampah plastikmu, Ladies. Apa saja, ya itu? Simak, yuk!

Baca juga: Mulai Kurangi Penggunaan Plastik dengan Cara Ini, Yuk!

1. Dompet Koin

Salah satu cara termudah mendaur ulang dompetmu ialah dengan mengubahnya menjadi dompet koin. Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan plastik bekas, gunting, benang, resleting, dan solasi atau lakban. Lipat plastik bekasmu sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan, tambahkan resleting pada bagian lubangnya, jahit dengan benang yang telah disiapkan. Voila, dompet koin cantikmu siap digunakan.

2. Hammock Swinging Chair

Daur Ulang Plastik dengan Kreasi 5 DIY Ini
Foto: inhabitat.com

Jika kamu memiliki banyak plastik bekas yang sudah tidak terpakai, tidak perlu khawatir, kamu bisa menyulapnya menjadi hammock mini yang difungsikan sebagai ayunan, Ladies. Kepang plastik bekas yang kamu miliki satu demi satu hingga membentuk hammock, gunakan tali sebagai pendukungnya agar hammock bisa kamu gunakan untuk berayun. Jalin setiap plastik bekasmu dan tali yang telah kamu siapkan dengan square knot. Lalu, talikan hammock buatanmu tersebut di pohon besar di depan rumahmu, Ladies.

3. Jump Rope

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga suka melakukan lompat tali, dan untuk melakukannya kamu bisa membuat jump rope-mu sendiri, loh, dengan menggunakan plastik-plastik bekas yang ada di rumahmu. Potong plastik bekasmu menjadi potongan panjang dan tali potongan-potongan tersebut bersama, dan kepang erat membentuk jump rope. Lalu tambahkan lakban pada ujungnya seukuran dengan pegangan tanganmu untuk mengendalikan jump ropemu ketika dimainkan. Voila, diy jump rope kreatifmu, siap digunakan.

4. Lampshade

Buat kamu yang gemar mengoleksi lampu tidur yang lucu dan unik, tak jarang lampshade yang ada di toko membuatmu bosan, mengingat desainnya yang itu-itu saja. Well, jangan khawatir, kamu bisa membuat desainmu sendiri dengan plastik bekasmu, loh! seperti membuat rosette styled lampshade. Bahan yang kamu perlukan ialah dua hingga tiga plastik bekas dengan warna yang berbeda sesuai selera, potong plastik tersebut membentuk potongan panjang dan gulung mereka menjadi bentuk rosette. Kemudian, lem mereka dengan standard lampshade. Lalu, selesai! Dengan cara yang sangat mudah, kamu tidak hanya mendaur ulang plastik bekas, tetapi juga memperoleh dekorasi baru yang cantik dan unik untuk menghiasi kamarmu.

5. Tatakan

Daur Ulang Plastik dengan Kreasi 5 DIY Ini
Foto: pinterest.com

Mengingat kemampuan plastik yang waterproof dan stain proof membuat plastik menjadi bahan yang tepat untuk menjadi tatakan. Kamu hanya perlu memotongnya menjadi strips dan gunakan strips tersebut sebagai benang untuk dirajut menggunakan benang rajut membentuk lingkaran sebagaimana tatakan untuk cangkir-cangkir cantik.

Baca juga: Produk Kecantikan Ramah Lingkungan yang Harus Kamu Miliki

Mudah, bukan? Nah, dengan menerapkan beberapa cara ini, kamu tidak perlu khawatir lagi rumahmu akan penuh dengan sampah plastik, Ladies. Selamat mencoba!

 

Sumber: diyncraft

Comments

Loading...