OUR NETWORK

Sia Beberkan Idap Ehlers-Danlos Syndrome (EDS)

Sia Beberkan Idap Ehlers-Danlos Syndrome (EDS)
Foto: Flickr/DeShaun Craddock/CC BY-NC-ND 2.0

Pop star ternama Sia memberi pengakuan mengejutkan. Ia menyebut dirinya didiagnosis mengidap Ehlers-Danlos Syndrome (EDS). Keadaan tersebut termasuk langka dan hingga saat ini belum ada obat untuk penyembuhannya.

Pada akhir pekan kemarin, melalui akun Twitter resminya Sia menyebut dirinya mengidap sebuah kondisi. Kondisi langka bermana Ehlers-Danlos Syndrome (EDS) ini menyebabkannya menderita sakit kronis.

Penyanyi asal Australia tersebut menujukan tweet-nya untuk mereka yang sedang berada dalam keadaan yang sama. Sia menulis bahwa saat ini ia berada dalam kondisi kesakitan karena Ehlers-Danlos Syndrome (EDS).

“Hei, aku menderita sakit kronis, penyakit neurologis, ehlers danlos dan aku hanya ingin mengatakan kepada kalian yang menderita sakit, apakah fisik atau emosional, aku mencintaimu, teruskan,” tulisnya di Twitter.

“Hidup ini sulit. Rasa sakitnya melemahkan semangat, dan kamu tidak sendirian.”

Ehlers-Danlos Syndrome (EDS) sendiri merupakan penyakit langka yang sampai saat ini belum ada obat penyembuhannya. Keadaan ini bisa menyebabkan rasa sakit di persendian, sampai kulit yang menjadi rapuh. Selain itu terdapat beberapa tipe berbeda Ehlers-Danlos Syndrome (EDS).

Baca juga: Pentingnya Senam Otak Untuk Perkembangan Diri

Beberapa jenis tertentu dapat memengaruhi harapan hidup, tetapi bagi sebagian besar ada tindakan pencegahan dan perawatan yang telah diketahui dapat membantu. Berdasarkan keterangan dari Ehlers-Danlos Society, prevalensi dari penyakit ini di suatu tempat antara satu dari 2.500 sampai satu dari 5.000 orang.

Sia merupakan penyanyi serta pencipta lagu ternama. Peraih sederet penghargaan ARIA sebelumnya juga mengatasi kecanduan narkoba dan alkohol.

Sumber: abc.net.au

Comments

Loading...