OUR NETWORK

Rekap dari Pergelaran Oscar 2019: No Host, No Problem

Rekap dari Gelaran Oscar 2019: No Host, No Problem
Foto: newsit.gr

Diwarnai beragam kontroversi sejak berbulan-bulan sebelum penyelenggaraannya, Academy Awards yang ke-91 akhirnya berlangsung dengan lancar. Digelar pada Minggu (24/2) malam waktu setempat, ada beberapa kejutan yang terjadi di Dolby Theatre, Los Angeles. Walaupun tanpa host, Oscar 2019 tetap berlangsung meriah. Malah, bisa jadi salah satu Oscar yang jadi favorit. Belum sempat nonton, Ladies? Well, that’s what we’re here for. Ini dia rekap dari gelaran Oscar 2019 yang harus kamu tahu!

Dibuka oleh penampilan Queen dan Adam Lambert

Acara langsung dibuka oleh penampilan energik dari Queen (Brian May dan Roger Taylor) dan Adam Lambert. Queen + Adam Lambert atau sering juga disebut Q+AL atau QAL ini awalnya tampil bersama pada tahun 2011. Lalu di tahun 2014-2015, mereka melakukan tur di Amerika Utara, Australia, New Zealand, Asia, Eropa, dan Amerika Selatan. Selesai membawakan medley lagu ‘We Will Rock You’ dan ‘We Are the Champions’, Adam menyambut para hadirin dan pemirsa, “Welcome to the Oscars!”

Lady Gaga Hampir Mendapatkan EGOT

Rekap dari Gelaran Oscar 2019: No Host, No Problem
Foto: Kevin Winter/Getty Images via The Hollywood Reporter

Walaupun tidak berhasil membawa pulang trofi untuk Best Actress, Lady Gaga berhasil meraih Oscar melalui lagu ‘Shallow’. Lagu ini ditulisnya bersama Mark Ronson, Anthony Rossomando, dan Andrew Wyatt yang juga hadir di panggung. Gaga memberikan speech yang lumayan emosional dan mengingatkan semua penonton untuk selalu semangat mengejar mimpi mereka. Thanks, Ally Gaga. Terima kasih juga, udah benerin dasinya Rami Malek yang sedikit miring.

Dengan kemenangannya ini, Gaga juga semakin dekat meraih status EGOT. Sudah berhasil meraih Emmy, Grammy, dan Oscar, Gaga hanya tinggak meraih penghargaan Tony Awards yang ditujukan untuk insan teater.

Black Panther Menang Kostum dan Desain Produksi Terbaik

Rekap dari Gelaran Oscar 2019: No Host, No Problem
Melissa McCarthy dan Brian Tyree Henry. Foto: popsugar.com

Ruth E. Carter, perancang busana kawakan Hollywood akhirnya mendapatkan pengakuan dari The Academy. Ruth sudah menjadi costume designer untuk lebih dari 40 film dengan genre dan setting untuk periode yang berbeda. Kemenangan ini menjadikannya wanita kulit hitam pertama yang menang di kategori ini.

Ruth Carter Oscars GIF by The Academy Awards - Find & Share on GIPHY

Hannah Beachler Oscars GIF by The Academy Awards - Find & Share on GIPHY

Sama-sama mencatat sejarah, Hannah Beachler, production designer film ini menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang mendapat nominasi dan menang di kategori ini. Oh iya, Black Panther juga memenangkan kategori Music (Original Score), Ladies. Wohooo! Wakanda forever!

Best Actor dan Best Actress

Rekap dari Gelaran Oscar 2019: No Host, No Problem
Foto: Yahoo Finance

Tahun ini, Rami Malek, Olivia Colman, Mahershala Ali, dan Regina King berhasil membawa pulang trofi untuk kategori akting. Mahershala Ali sebelumnya mendapat nominasi dan memenangkan Best Supporting Actor untuk perannya di film Moonlight (2017). Ia juga menjadi aktor Afrika-Amerika kedua yang mengantongi lebih dari satu Oscar, setelah Denzel Washington. Dan walaupun banyak kritik yang nggak setuju bahwa film Bohemian Rhapsody cukup bagus untuk masuk nominasi Best Picture, rasanya semua orang setuju bahwa akting Rami di film itu sangat apik dan dia layak membawa pulang trofi itu.

Melalui perannya sebagai Queen Anne di The Favourite, Olivia Colman memboyong pulang piala Oscar untuk kategori Best Actress. Kemenangannya sudah bisa diduga karena sebelumnya berhasil membawa pulang trofi Golden Globe dan BAFTA untuk peran yang sama. FYI, ini bukan kali pertama Olivia berperan sebagai seorang ratu Inggris. Di tahun 2012, Olivia berperan sebagai Queen Elizabeth di film Hyde Park on Hudson. Ia juga akan menjadi ‘penerus’ Claire Foy di serial sukses The Crown, sebagai versi lebih dewasa dari Queen Elizabeth II. Lucunya, Olivia sama terkejutnya dengan penonton, karena yakin Glenn Close akan menang. Dalam speech-nya, Olivia juga menyebutkan bahwa ia sangat mengagumi Glenn Close sejak dulu.

Walaupun film If Beale Street Could Talk nggak mendapatkan nominasi Best Picture, Regina King berhasil mendapatkan pengakuan sebagai Best Supporting Actress. Now, can I get a picture of her and Sandra Bullock with their Oscar, please?

Rekap dari Gelaran Oscar 2019: No Host, No Problem
#MissCongeniality Foto: popsugar.com

Alfonso Cuaron dan Kejutan Best Picture

Lima tahun setelah kesuksesan film Gravity (2014), Alfonso Cuaron kembali memenangkan Best Director melalui film Roma. Film yang didistribusi oleh Netflix ini juga memenangkan Best Foreign Film, Nggak berhasil memenangkan Best Picture? Nggak masalah. Karena melalui film ini, Cuaron benar-benar menunjukkan kemampuannya sebagai seorang sineas. Roma memenangkan Oscar untuk kategori Best Cinematography dan menjadikan Cuaron sutradara pertama yang sekaligus memenangkan kategori ini. Excelente!

Rekap dari Gelaran Oscar 2019: No Host, No Problem
Foto: vox.com

Green Book keluar sebagai Film Terbaik setelah prediksi banyak orang bahwa Roma yang akan menang meleset. Film yang dibintangi Viggo Mortensen dan Mahershala Ali ini juga menang di kategori Best Original Screenplay. Oh iya, film Green Book juga sedang tayang di beberapa bioskop di Indonesia loh, Ladies.

Ada beberapa hal lagi nih yang jadi perbincangan netizen. Misalnya…

Chris Evans Being A Gentleman

Chris Evans Oscars GIF by The Academy Awards - Find & Share on GIPHY

Internet terlena melihat perlakuan Chris Evans yang dengan manisnya membantu Regina King naik ke panggung. Bahkan, nggak sedikit juga yang memujinya langsung melalui mention di akun Twitter-nya.

Ia juga tampak kegirangan sebelum mengumumkan kemenangan Black Panther di kategori yang dibacakannya.

Chemistry Lady Gaga dan Bradley Cooper

Lady Gaga dan Cooper berduet membawakan lagu Shallow dengan diiringi dentingan piano. Penampilan mereka bikin penonton merinding dan ikutan blushing saking kuatnya chemistry yang masih terasa di antara mereka. Ahem, inget, Kang Bradley. Pasangan ada di kursi penonton dan udah ada anak satu di rumah…

Menstrual Equality

Film Period. End of Sentence memenangkan Best Documentary Short dan seperti judulnya, fokus ke masalah menstruasi. Jadi, film ini berkisah tentang wanita di sebuah desa di India yang masih menghadapi stigma tentang menstruasi. Stigma ini membuat para wanita di sana nggak bisa mendapatkan akses untuk beribadah, mendapatkan pendidikan, bahkan untuk mendapatkan produk sanitasi yang layak. Mereka pun bekerja sama untuk memproduksi sanitary pads.

Speech yang disampaikan oleh sang sutradara, Rayka Zehtabchi juga cukup menggelitik. “I’m not crying because I’m on my period, or anything. I can’t believe a film about menstruation just won an Oscar!” Ironisnya, seorang pria yang merupakan anggota Academy (tanpa nama tentunya) menulis di surat suara, bahwa ia nggak akan memberikan suaranya untuk film ini. Alasannya? Karena menstruasi itu suatu hal yang menjijikan dan ia yakin nggak ada pria yang akan memilih film ini juga. Well, guess who just won? Film ini layak kita tonton bareng-bareng nih kayaknya, Ladies.

Nah, itu tadi rekap singkat dari penyelenggaraan Oscar tahun 2019 ini. Mana yang jadi momen favoritmu, Ladies?

Sumber: BBC, Hollywood Reporter, Rotten Tomatoes

Comments