test
OUR NETWORK

Matthew Perry, Bintang Serial ‘Friends’, Meninggal pada usia 54 tahun

Matthew Perry, aktor yang dikenal karena memerankan Chandler Bing di sitkom NBC “Friends,” telah meninggal dunia di usia 54 tahun.

Ditemukan di bak mandi air panas

Matthew Perry ditemukan tewas pada hari Sabtu di bak mandi air panas di rumahnya di Los Angeles. Demikiann menurut sumber penegak hukum kepada Los Angeles Times. 

Pihak berwenang menemukan Matthew Perry dalam kondisi tidak sadarkan diri sekitar jam 4 sore. Pihak kepolisian juga mengungkap tidak ditemukan adanya tanda-tanda pelanggaran atau penggunaan narkoba di tempat kejadian.

Matthew Perry dan serial Friends yang melegenda

Matthew Perry, Bintang Serial 'Friends', Meninggal pada usia 54 tahun
Foto: people

Matthew Perry memperoleh pengakuan internasional atas perannya sebagai Chandler berusia dua puluhan yang masam dan cepat dalam sitkom Friends, yang berlangsung selama 10 musim dari tahun 1994 hingga 2004. 

Berkat aktingnya dalam serial tersebut, Matthew Perry mendapatkan nominasi Primetime Emmy pada tahun 2002 untuk penampilannya di sitkom ikonik tersebut. Di antara enam bintang dalam ansambel Friends, Matthew Perry dikenal berambisi sebagai pemain dan produser. Namun, ia juga dikenal bergulat dengan perjuangan panjang melawan penyalahgunaan narkoba yang menghambat kariernya. 

Selanjutnya ia menerbitkan buku pada tahun 2022 bertajuk, Friends, Lovers and the Big Terrible Thing: A Memoir, yang menceritakan fokus hidupnya untuk membantu orang lain menjauhi narkoba. 

“Hai, nama saya Matthew, meskipun Anda mungkin mengenal saya dengan nama lain. Teman-temanku memanggilku Matty. Dan aku seharusnya mati,” tulis Perry di pembukaan Friends, Lovers and the Big Terrible Thing.”

“Saya tidak menulis semua ini agar siapa pun akan merasa kasihan kepada saya. Saya menulis kata-kata ini karena orang lain mungkin bingung dengan kenyataan bahwa mereka tahu bahwa mereka harus berhenti minum–seperti saya, mereka memiliki semua informasi, dan mereka memahaminya. konsekuensinya–tapi mereka tetap tidak bisa berhenti minum. Kamu tidak sendirian, saudara-saudaraku.”

Selama masa kejayaan Friends, Perry juga merupakan tokoh utama yang dicari-cari dan mencoba-coba film layar lebar tetapi tidak pernah benar-benar muncul di layar lebar. 

Kehidupan romantisnya juga diawasi dengan ketat ketika Perry berkencan dengan bintang-bintang seperti Julia Roberts, Selma Blair, Lizzy Caplan dan mendiang Jamie Tarses, eksekutif NBC yang mengembangkan Friends

Matthew Perry, Bintang Serial 'Friends', Meninggal pada usia 54 tahun
Foto: people

Bersamaan dengan Friends, Perry ikut membintangi serial televisi seperti Studio 60 on the Sunset Strip, Go On, Mr. Sunshine, dan remake dari The Odd Couple karya Neil Simon yang dibintangi Perry dalam peran Oscar Madison yang pertama kali dipopulerkan oleh Walter Matthau dan di TV oleh Jack Klugman. 

Matthew Perry mencetak dua nominasi Emmy pada tahun 2003 dan 2004 untuk aktor tamu luar biasa dalam serial drama untuk perannya sebagai Joe Quincy dalam The West Wing. Pada The Odd Couple dan Mr. Sunshine, Matthew Perry juga merupakan produser aktif yang berperan penting dalam mewujudkan kedua pertunjukan tersebut.

Berhubungan baik dengan Warner Bros. TV

Matthew Perry telah lama menjalin hubungan dengan Warner Bros. TV melalui Friends, The West Wing, dan Studio 60 on the Sunset Strip. Dalam sebuah pernyataan, studio memuji keahliannya sebagai seorang pemain.

“Kami sangat terpukul atas meninggalnya sahabat kami Matthew Perry. Matthew adalah aktor yang sangat berbakat dan bagian yang tak terhapuskan dari keluarga Warner Bros. Television Group,” bunyi pernyataan itu. “Dampak dari kejeniusan komedinya terasa di seluruh dunia, dan warisannya akan terus hidup di hati banyak orang. Ini adalah hari yang memilukan, dan kami menyampaikan cinta kami kepada keluarganya, orang-orang yang dicintainya, dan semua penggemar setianya.”

NBC juga memberikan penghormatan kepada aktor tersebut.

“Kami sangat sedih atas meninggalnya Matthew Perry yang terlalu cepat,” kata NBC dalam sebuah pernyataan. “Dia membawa begitu banyak kegembiraan bagi ratusan juta orang di seluruh dunia dengan waktu komedi yang sempurna dan kecerdasannya yang masam. Warisannya akan terus hidup hingga generasi yang tak terhitung jumlahnya.”

Selayang pandang kehidupan seorang Matthew Perry

Matthew Perry, Bintang Serial 'Friends', Meninggal pada usia 54 tahun
Foto: pagesix

Perry lahir pada 19 Agustus 1969, di Plymouth, Massachussets. Ibunya adalah jurnalis Kanada Suzanne Marie Morrison, dan ayah, aktor dan mantan model John Bennett Perry. Setelah orang tuanya bercerai, dia dibesarkan oleh ibunya di Ottawa, Ontario. Di sana dia dididik di Rockcliffe Park Public School dan Ashbury College. Ayah tirinya adalah Keith Morrison, pembawa acara lama Dateline NBC News.

Pada usia 15 tahun, Perry pindah ke Los Angeles untuk mengejar akting dan bersekolah di The Buckley School di Sherman Oaks hingga lulus pada tahun 1987. Tahun itu, Perry memainkan peran Chazz Russell di sitkom Fox Second Chance, yang diubah menjadi judul Boys Will Be Boys setelah 13 episode.

Menyusul pembatalan Boys Will Be Boys setelah musim pertamanya, Matthew Perry membuat debut filmnya di A Night in the Life of Jimmy Reardon tahun 1988. Dia memiliki tiga episode sebagai pacar Carol Seavor, Sandy, di komedi keluarga ABC Growing Pains pada tahun 1989. Setelah beberapa kali tampil sebagai tamu, dia berperan sebagai pemain tetap di sitkom CBS tahun 1990 Sydney.

Sebelum Friends menjadikannya bintang besar bersama Jennifer Aniston, Lisa Kudrow, David Schwimmer, Courteney Cox dan Matt LeBlanc, Perry juga muncul di Who’s the Boss?, Beverly Hills, 90210, Home Free, dan banyak lagi.

Namun segalanya berubah bagi Matthew Perry pada musim gugur tahun 1994, ketika Friends, yang berkisah tentang enam orang dewasa muda yang menjalani masa dewasa awal mereka di New York, menjadi hit dalam semalam dan salah satu serial TV paling populer dan tersukses sepanjang masa. Rata-rata 25 juta orang menonton setiap episode baru, dan seri terakhirnya menarik 52,5 orang Amerika, menjadikannya seri final kelima yang paling banyak ditonton.

Matthew Perry dan narkoba

Perry telah blak-blakan tentang masalah penyalahgunaan alkohol dan narkoba dalam kariernya. Pada tahun 1997, setelah kecelakaan jet ski, ia menjadi kecanduan Vicodin dan menjalani rehabilitasi pada tahun 2001. Ia kemudian mengubah bekas rumahnya di Malibu menjadi fasilitas tempat tinggal yang tenang bernama Perry House, yang beroperasi hingga tahun 2015. 

Pada tahun 2021, Matthew Perry menyatakan bahwa ia sembuh dan memperkirakan bahwa dia menghabiskan $9 juta untuk mencapai ketenangan.

“Kecanduannya menyebabkan pengembaraan medis pada tahun 2018 yang mencakup pneumonia, usus besar yang meledak, bantuan hidup yang singkat, koma dua minggu, sembilan bulan dengan kantong kolostomi, lebih dari selusin operasi perut, dan kesadaran bahwa, pada saat dia berusia 49 tahun, dia telah menghabiskan lebih dari separuh hidupnya di pusat perawatan atau fasilitas hidup yang tenang,” tulis New York Times tahun lalu dalam sebuah cerita di memoar Perry.

Matthew Perry diketahui tidak menikah maupun memiliki anak.

 

Sumber: variety.com

Must Read

Related Articles