OUR NETWORK

Joaquin Phoenix Beri Pidato Menyentuh Usai Raih Penghargaan Best Actor di Oscar 2020

Joaquin Phoenix Beri Pidato Menyentuh Usai Raih Penghargaan Best Actor di Oscar 2020
Foto: Getty Images

Joaquin Phoenix akhirnya sukses mengangkat trofi Oscar pertamanya. Di ajang penghargaan 92nd Academy Awards yang digelar akhir pekan kemarin, sang aktor meraih trofi untuk kategori Best Actor dengan perannya di Joker.

Mendapatkan penghargaan Oscar pertama kali selama 37 tahun karirnya, Joaquin Phoenix memberi pidato sangat menyentuh. Sang aktor membicarakan sederet topik berbeda, mulai dari ketidaksetaraan gender, rasisme, homofobia, dan eksploitasi hewan. Sampai tentang sang mendiang saudara kandung, River Phoenix.

Kritikan diberikan oleh Joaquin Phoenix di atas panggung 92nd Academy Awards. Phoenix berbicara tentang menggunakan “voice for the voiceless” sebelum mengkritik ketidaksetaraan gender, rasisme, homofobia, dan eksploitasi hewan oleh “satu bangsa, satu orang, satu ras, satu jenis kelamin, atau satu spesies” yang merasa memiliki “hak untuk mendominasi” lebih dari minoritas.

Joaquin Phoenix Beri Pidato Menyentuh Usai Raih Penghargaan Best Actor di Oscar 2020
Foto: Getty Images

“Saya pikir kita menjadi sangat terputus dari dunia alami,” lanjutnya. “Kami merasa berhak untuk menginseminasi sapi secara artifisial, dan ketika dia melahirkan, kami mencuri bayinya, meskipun kita bisa merasakan kesedihannya.”

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscars 2020: ‘Parasite’ Cetak Sejarah Baru!

Dia kemudian menyerukan “cinta dan kasih sayang” untuk “mengembangkan dan menerapkan sistem perubahan untuk memberi manfaat bagi semua makhluk hidup”. Ia pun mengejek pelanggaran masa lalunya sendiri, beberapa terjadi di set di berbagai film.

“Saya telah menjadi bajingan sepanjang hidup saya,” katanya. “Saya egois, kadang-kadang kejam, sulit diajak bekerja sama, dan saya bersyukur bahwa banyak di antara kalian yang ada di ruangan ini telah memberiku kesempatan kedua. Dan kupikir saat itulah kita berada di yang terbaik, ketika kita saling mendukung dan saling membantu untuk tumbuh.”

Dia menyimpulkan dengan mengutip lirik yang ditulis oleh almarhum saudaranya, River Phoenix, ketika dia berusia 17. “Run to the rescue with love, and peace will follow.”

Phoenix mendapatkan trofi Best Actor di Oscar 2020 dan mengalahkan nominasi lain seperti Antonio Banderas (Pain and Glory), Jonathan Pryce (The Two Popes), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time in Hollywood), dan Adam Driver (Marriage Story).

 

 

Sumber: ew.com

Comments

Loading...