OUR NETWORK

Hawaii Larang Penggunaan Tabir Surya, Kenapa Ya?

Siapa yang berencana untuk belibur ke Hawaii, Ladies? Hawaii memang dikenal dengan wisata lautnya dan pantainya yang memikat hati, ya. Saat berlibur ke pantai apalagi ke negara bagian tropis ada satu item yang nggak boleh ketinggalan. Yep, apalagi kalau bukan tabir surya agar kulit nggak terbakar sinar matahari. Namun, kamu yang berencana ke Hawaii harus tahu kalau Hawaii akan melarang penggunaan tabir surya di pantai, lho. Wah, kenapa begitu dan ada apa sebenarnya, ya? Larangan penggunaan tabir surya ini, berdasarkan New York Times, ternyata karena sekitar 14 ribu ton tabir surya ditemukan di lautan sekitar Hawaii setiap tahunnya lho, Ladies.

Baca juga:

Produk Baru Sunscreen Invisible dari Supergoop!

Atas dasar itulah, Hawaii menjadi negara pertama yang melarang penggunaan SPF dengan bahan-bahan yang dianggap berbahaya bagi terumbu karang.

Saking takut punah dan begitu memperhatikan terumbu karang, Hawaii membuat Rancangan Undang-Undang yang mengatur hal tersebut dan akan efektif dijalankan pada  2021 nih, Ladies. Namun, sunblock atau sunscreen yang dilarang penggunaannya itu ialah yang mengandung dua kandungan bahan kimia seperti oxybenzone dan octinoxate. Sebab, kedua kandungan bahan kimia itu dinilai bisa merusak terumbu karang di laut.

Penggunaan sunblock atau sunscreen ini dinilai memang dapat membahayakan terumbu karang.

Kamu perlu tahu bahaya dari kandungan bahan kimia itu, Ladies. Bahan itu terbukti dapat menurunkan daya tahan terumbu karang dalam laut. Selain itu juga dapat mengubah kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan faktor perubahan iklim dalam laut. Yang membuat kaget ialah terdapat 3 ribuan produk sunblock atau sunscreen yang mengandung kedua kandungan kimia berbahaya untuk terumbu karang tersebut. Makanya nih, pemerintah Hawaii begitu memperhatikan hal tersebut. Apalagi, dengan beragam manfaat dari terumbu karang mulai dari mempertahankan kehidupan laut  dan pelindung dari banyak ikan yang ada di laut, hingga sebagai pelindung pantai dari erosi.

Baca juga:

Sudah Tahu Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Nggak hanya di Hawaii, sepertinya pelarangan tabir surya dengan 2 kandungan kimia tadi juga seharusnya diterapkan di seluruh pantai termasuk Indonesia ya, Ladies? Nah, kalau kamu ingin menggunakan sunscreen saat ke pantai disarankan untuk memilih kandungan yang nggak membahayakan seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Jangan lupa pula untuk nggak membuang botol atau wadah sunscreen yang kamu gunakan di laut atau pantai, ya!

 

Sumber: Cosmopolitan, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...