test
OUR NETWORK

SAG-AFTRA dan WGA Berakhir, Proyek Film Besar Siap Kembali

SAG-AFTRA dan WGA yang sempat terjadi di Amerika, membuat beberapa judul film Hollywood terpaksa harus mengundurkan jadwal perilisannya, sekarang sudah berakhir. Kedua belah pihak yang berseteru akhirnya mencapai kata sepakat.

Kondisi ini menjadi kabar yang cukup menggembirakan, terutama bagi Marvel Studios yang saat ini sedang bermasalah dengan alur ceritanya. Kesepakatan ini membawa angin segar bagi para penggemar, karena sejumlah proyek dipastikan tidak akan mundur.

Keberhasilan Kesepakatan

SAG-AFTRA dan WGA Berakhir, Proyek Film Besar Siap Kembali
Sumber: NBCnews.com

SAG-AFTRA dan WGA ini akhirnya mendapatkan jalan tengah atas tuntutan mereka. Ada beberapa poin kesepakatan yang disetujui bersama, seperti kenaikan upah minimum.

Kesepakatan mencakup kenaikan upah minimum terbesar dalam empat dekade, dengan 7% ratifikasi dan 4% kenaikan efektif per Juli 2024. Sebuah angka yang cukup besar dan menarik, bukan hanya itu saja ada beberapa poin lainnya seperti berikut

1. Pendapatan Tambahan untuk Program Streaming

Para pekerja seni akan menerima pendapatan tambahan untuk program streaming yang diunggah kembali di platform Video on Demand (VOD).

2. Perlindungan Global dan Ekstensif

Kesepakatan memberikan persetujuan ekstensif dan perlindungan kompensasi di seluruh dunia, mencapai nilai lebih dari USD 1 miliar.

3. Perlindungan Terhadap Artificial Intelligence

Dalam kesepakatan SAG-AFTRA dan WGA juga menghasilkan sebuah perjanjian memastikan bahwa penggunaan kecerdasan buatan harus memberikan kompensasi kepada keluarga aktor yang meninggal dunia.

Selain itu, para pekerja seni, terutama aktor, mendapatkan perlindungan dari ancaman kecerdasan buatan yang dapat menggantikan peran mereka kapan saja. Hal ini membuat para pekerja merasa aman karena penggunaan AI memang meresahkan semua kalangan.

4. Kembali ke Dunia Promosi

Para aktor yang terlibat dalam mogok massal berkomitmen untuk tidak mempromosikan produk-produk film selama periode mogok. Tetapi, setelah kesepakatan SAG-AFTRA dan WGA terwujud banyak aktor, termasuk Timothée Chalamet, kembali mempromosikan proyek-proyek mereka, membawa angin segar bagi industri film.

Perlindungan terhadap Adegan Panas dan Casting

SAG-AFTRA dan WGA Berakhir, Proyek Film Besar Siap Kembali
Sumber: Mashable

Dalam kesepakatan yang terjadi, para pekerja seni ini juga menyepakati tentang perlindungan terhadap berbagai adegan panas serta casting. Jadi saat menghadirkan adegan panas, akan ada koordinator keintiman untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para aktor.

Bukan hanya itu saja, perlindungan terhadap adegan syur ini juga menyepakati beberapa hal penting lainnya sebagai berikut.

1. Batasan Pada Casting

Dalam casting, pemain tidak boleh diminta untuk tampil telanjang atau mengenakan pakaian yang lebih terbuka daripada pakaian renang umum.

2. Wawancara Secara Virtual dan Batas Waktu

Produser harus memberikan kesempatan wawancara virtual atau langsung dengan batas waktu yang adil, termasuk akomodasi bagi artis penyandang disabilitas, artis senior, dan anak di bawah umur.

3. Batas Waktu dan Kompensasi

Rincian, sisi, dan/atau naskah harus diberikan tidak kurang dari 48 jam sebelum batas waktu penyerahan, dengan kompensasi tambahan jika hafalan diperlukan.

Finalisasi Kesepakatan

SAG-AFTRA dan WGA Berakhir, Proyek Film Besar Siap Kembali
Sumber: Vox.com

SAG-AFTRA dan WGA menghasilkan beberapa perjanjian. Secara rinci seluruh poinnya memiliki tebal 80 halaman dan akan diberikan kepada anggota yang memenuhi syarat pada 13 November.

Pemungutan suara ratifikasi akan dimulai pada 14 November dan berlangsung hingga minggu pertama Desember untuk anggota serikat beranggotakan 160.000 orang.

Kesepakatan ini, jika disetujui oleh mayoritas anggota, akan menjadi standar dalam berbagai bidang pembuatan film dan serial. Meskipun mogok massal Hollywood berlangsung selama 118 hari dan menyebabkan penundaan proyek-proyek besar, kesepakatan ini membawa harapan untuk kelangsungan industri perfilman yang adil dan berkelanjutan.

Dengan perjanjian baru SAG-AFTRA dan WGA, diharapkan semua pihak dapat kembali bekerja sama. Sehingga mampu kembali menciptakan karya-karya berkualitas yang dinikmati oleh penonton di berbagai platform, proyek film mana yang sudah tidak sabar Anda nantikan?

Must Read

Related Articles