OUR NETWORK

Aksi Protes Natalie Portman yang Elegan untuk Dukung Sutradara Perempuan

Aksi Protes Natalie Portman yang Elegan untuk Dukung Sutradara Perempuan
Foto: elle.com

Natalie Portman benar-benar mencuri perhatian di Oscar 2020 ini. Bagaimana tidak, ia mengenakan gaun cantik namun digunakan untuk memprotes tidak adanya sutradara perempuan yang mendapatkan nominasi dalam acara tahunan tersebut. Selain wujud protes, hal tersebut merupakan bentuk dukungan untuk para sutradara perempuan di luar sana. 

Dalam pagelaran yang dilangsungkan pada Minggu (9/2/2020) di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, ia memakai jubah rancangan Dior yang disulam dengan nama-nama sutradara perempuan yang tidak mendapatkan penghargaan di Oscar ke-92 ini. Dalam bordiran emas, nama-nama sutradara tersebut antara lain Greta Gerwig, Lulu Wang, Lorene Scafaria, Melina Matsoukas, dan Mati Diop.

Baca juga: Lanjutkan Tradisi Tahun Kemarin, 2020 Oscars Kembali Tak Miliki Host

“Saya ingin memberikan penghargaan kepada para wanita-wanita yang tidak diapresiasi untuk berbagai pekerjaan menakjubkan di tahun ini dengan cara yang halus,” papar Natalie Portman seperti yang dilansir dari Los Angeles Times.

Aksi Protes Natalie Portman yang Elegan untuk Dukung Sutradara Perempuan
Foto: vox.com

Bukan pertama kalinya Natalie Portman melakukan aksi serupa.

Dalam Oscar dua tahun yang lalu, saat mengenalkan kategori Sutradara Terbaik dengan menyebutkan “… and here are the all-male nominees.”

Di tahun yang lalu, Gerwig menjadi wanita kelima yang dinominasikan sebagai sutradara terbaik. Dia juga menjadi wanita pertama yang mendapatkan penghargaan dalam film debutnya, Lady Bird. Dan sejauh ini, Kathryn Bigelow merupakan satu-satunya wanita yang pernah memenangkan sutradara terbaik dalam sejarah 90 tahun Academy Awards. 

Tidak hanya Natalie Portman saja yang yang mengundang perhatian lewat pilihan fashion-nya. Sutradara Spike Lee menggunakan tuksedo ungu dengan aksen kuning sebagai tribute untuk Kobe Bryant. Dan tentu saja ada Billy Porter yang selalu tampil ekstra di beragam karpet merah.

 

Sumber: BuzzFeed News, CNN

Comments

Loading...