OUR NETWORK

The Academy Umumkan Kategori Baru Oscars

The Academy Umumkan Kategori Baru Oscars

Ajang Oscars alias Academy Awards selalu menarik perhatian dunia setiap tahunnya. Namun, ternyata rating siaran di awal tahun ini menurun cukup signifikan, Ladies. Stasiun televisi ABC yang menayangkan Oscars pun memutar otak. Apalagi bisa dibilang acara tahunan ini merupakan siaran terbesar mereka dan kesempatan terbaik mereka untuk meraup penonton. Melalui sebuah tweet, The Academy mengumumkan perubahan yang akan datang, yaitu kategori baru Oscars!

Jadi, menurut pernyataan ini akan ada kategori baru yang akan mengapresiasi film populer. Best Achievement in Popular Films. Sepertinya ini merupakan salah satu langkah The Academy untuk mengajak para penonton muda untuk nonton Oscars juga. Mereka merasa jumlah penonton siaran Oscars semakin menurun karena penonton di rumah nggak ‘kenal’ dengan film yang sedang berkompetisi. Masuk akal sih. Soalnya beberapa film yang berkompetisi dan mendapatkan review yang bagus malah nggak meraup keuntungan di box office.

Ladies tahu sendiri kan, film-film yang mendapatkan nominasi Oscars kebanyakan tayang di festival-festival film. Seringkali, publik malah baru tahu judul filmnya setelah banyak diberitakan menjelang Oscars. Apalagi untuk penikmati film di dalam negeri. Biasanya sih nunggu filmnya menang Best Picture dulu baru bisa nonton di bioskop… #curcol

The Academy masih sibuk mempersiapkan detail untuk kategori baru ini.

Rencananya kategori ini akan mulai diperkenalkan di perhelatan ke-91 alias tahun depan. Warganet pun menyuarakan kekhawatiran mereka. Kategori baru ini dikhawatirkan malah akan memberi ruang untuk film populer yang sebenarnya nggak layak masuk nominasi bergengsi seperti Oscars. Di sisi lain, kategori ini dinilai sebagai cara untuk memisahkan film-film yang populer supaya nggak ikutan di kategori Best Picture. Walaupun masih mungkin sebuah film dapat nominasi untuk Best Picture dan kategori populer yang baru ini nantinya.

Salah satu film yang jadi pembahasan adalah Black Panther. FYI, film ini baru saja menjadi film ketiga yang meraup lebih dari $700 juta di box office Amerika Serikat. Nggak hanya sukses meraup keuntungan, Black Panther juga dinilai layak dipertimbangkan untuk ajang Oscars. Dengan adanya kategori ini, kesempatan Black Panther seakan hanya terbatas untuk kategori populer dan kategori teknis lainnya aja.

Oh iya, selain itu, The Academy juga mengumumkan bahwa durasi Oscars akan dipersingkat menjadi 3 jam saja. Kemungkinan besar, pembacaan pemenang di kategori teknis akan dilakukan saat iklan. Well, well, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya ya, Ladies…

 

Foto cover: Vox

Comments

Loading...