OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Fakta Gempa Cianjur 21 November 2022

Gempa kembali menghantam daerah di Indonesia, tepatnya Cianjur, Jawa Barat. Berikut fakta yang dapat dihimpun oleh MeraMuda.

1. Pusat gempa.

Gempa bumi di Cianjur pada hari Senin 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB dengan kekuatan 5,6 skala Richter. Gempa berpusat di 10 m arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, dengan kedalaman gempa 10 km.

Menurut BMKG, titik gempa berada di 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur dan tidak berpotensi tsunami.

2. Gempa terasa hingga Jakarta.

Gempa dengan kekuatan 5,6 skala Richter tersebut turut dirasakan di Sukabumi, Bogor, Bandung, Depok, hingga Jakarta.

3. Peringatan gempa susulan.

Pihak BMKG memperingatkan masyarakat mengenai kemungkinan adanya gempa susulan yang mungkin terjadi.

4. Wilayah terdampak.

Wilayah Cianjur yang paling terdampak gempa berada di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Cilaku Desa Rancagong, Kecamatan Cianjur Desa Limbangan Sari, dan Kecamatan Cugenang.

5. Korban jiwa.

Fakta Gempa Cianjur 21 November 2022
Foto: kumparan

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, korban gempa mencapai 162 orang dengan mayoritas anak-anak. Selain itu, sekitar 13 ribu warga diungsikan ke 14 titik yang telah disiapkan pemerintah.

Menurut Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers via Zoom bersama BMKG, banyaknya korban jiwa dipicu oleh kondisi rumah-rumah Cianjur yang tidak tahan gempa.

6. Lebih dari 2.000 bangunan mengalami kerusakan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengabarkan sebanyak 2.345 unit rumah warga di Cianjur mengalami kerusakan dan terdapat sejumlah ruas jalan nasional ataupun provinsi yang sempat terisolir. Selain rumah, bangunan yang turut mengalami kerusakan antara lain gedung pemerintah, fasilitas pendidikan, dan toko-toko. Kerusakan bangunan umumnya diakibatkan oleh tertimbun bangunan roboh.

7. RSUD Sayang Cianjur gelap gulita.

RSUD Sayang Cianjur tidak luput dari dampak gempa. Jaringan listrik rumah sakit padam sehingga penanganan korban menjadi sulit. Korban gempa pun terlihat bertumpuk di area halaman rumah sakit karena ruang perawatan yang overload.

8. Infrastruktur telekomunikasi turut terdampak.

Selain mengakibatkan kerusakan bangunan dan korban jiwa, gempa Cianjur pun memengaruhi infrastruktur telekomunikasi. Sejumlah operator dikabarkan mengalami sejumlah kendala yang mengakibatkan kesulitan sinyal komunikasi di area terdampak gempa.

 

Sumber: Kumparan, 20.detik, CNN Indonesia, Detik

Must Read

Related Articles