OUR NETWORK

Dukung Kinerja Astronot, Adidas Ultraboost 20 Akan Diuji di International Space Station

Dukung Kinerja Astronot, Adidas Ultraboost 20 Akan Diuji di International Space Station
Foto: hypebeast.com

Adidas baru-baru ini mengumumkan, pihaknya akan mengirim sepatu mereka ke luar angkasa. ‘Performance’ trainers mereka akan diuji dan dikenakan oleh para astronot di International Space Station. Pengujian ini dilakukan untuk melihat bagaimana reaksi produk tersebut terhadap gravitasi nol.

Adapun sepatu yang akan diuji ialah Adidas Ultraboost 20 yang dirancang bersama dengan pihak International Space Station (ISS) Laboratorium Nasional Amerika Serikat. Terinpirasi dari pembangunan pesawat ulang-alik, pembuatan sepatu ini memang diperuntukkan penggunaannya oleh para astronot.

Wakil Presiden Desain Adidas Running, Sam Handy, menyatakan, pemilihan seri Ultraboost kali ini dilatarbelakangi oleh konsistensi seri ini dalam mendorong batas-batas desain sepatu lari sejak diluncurkan pertama kali.

“Dalam Adidas Ultraboost 20, kami mencoba terbang lagi. Siluet baru telah dibuat dengan hati-hati untuk memberikan tingkat pengembalian energi yang tinggi bagi penggunanya. Memadukan Boost midsole ikonik kami dengan upper Primeknit menggunakan teknologi Tailored Fiber Placement (TFP),” jelasnya.

Dukung Kinerja Astronot, Adidas Ultraboost 20 Akan Diuji di International Space Station
Foto: sneakersnews.com

Teknologi TFP memuat serat hingga millimeter untuk menghasilkan bagian atas yang ringan dan berkinerja tinggi yang ‘mengkalibrasi’ ke kaki pelari. Sementara, midsole ‘boost’ menangkap energi dari setiap langkah dan mengembalikannya tepat waktu untuk mendorong pelari maju sementara 3D Heel Frame memanjakan tumit dan menguncinya dengan kuat di tempatnya.

Baca juga: Adidas Luncurkan Koleksi Game of Thrones Sneakers

Dalam proses pembuatannya pun, Adidas mengaku, pihaknya merancang desain dengan mentalitas bahwa mereka tengah membuat rocket science. Bersama Laboratorium Nasional AS, pihak Adidas memastikan setiap elemen sepatu memiliki kemampuan unik yang fungsinya dapat dimaksimalkan untuk mendukung fungsi kinerja khusus yang biasa digunakan oleh atlet.

Setelah mengintegrasi teknologi aerospace, Adidas Ultraboost 20 akan mengirim teknologi boost ke ISS untuk diuji langsung oleh para astronot sendiri untuk melihat bagaimana reaksi dari sepatu ini di ruang gravitasi nol terkait potensi perubahan bentuknya.

Mereka akan dikirim sebagai bagian dari misi kargo SpaceX bersama dengan kue yang dibuat dengan gravitasi mikro dan anggur untuk disimpan di ruang angkasa. Hal ini dilakukan dengan tujuan bahwa di luar angkasa, para ilmuwan akan mempelajari proses pencetakan Boost midsole trainers tanpa gangguan gravitasi Bumi.

Baca juga: 10 Barang Penemuan NASA yang Digunakan Sehari-hari

Pellets akan disuntikkan ke cetakan pada sol tengah untuk melihat bagaimana mereka menyatu dalam gravitasi nol. Sementara itu, pada lapisan bawah untuk berjalan, akan tampak seperti manik-manik styrofoam. Percobaan ini akan didokumentasikan oleh astronot dan disiarkan kembali pada para ilmuwan di bumi. Melalui hal ini, para ilmuwan berharap ada peningkatan temuan pada skala ‘Boost midsoles’ yang digunakan dalam performance trainers mereka. Adapun, Adidas Ultraboost 20 ini direncanakan akan diluncurkan secara resmi untuk masyarakat dalam jumlah yang terbatas pada 6 Desember 2019.

 

Sumber: Dailymail.co.uk

Comments

Loading...