OUR NETWORK

7 Aktris dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tapi Belum Pernah Menang

Masih dalam gegap-gempita perayaan Academy Award ke-89 kemarin, para pemenang Piala Oscar pastilah pulang ke rumahnya dengan perasaan bahagia dan berbunga-bunga. Pemenang Piala Oscar memang sulit diprediksi, dan terkadang banyak kejutan. Ada beberapa aktris film yang langsung mendapatkan Piala Oscar pada film dan nominasi pertama mereka, seperti Lupita Nyong’o, Jennifer Hudson, dan Barbra Streisand. Namun ada juga yang tidak seberuntung mereka. Di bawah ini adalah 7 aktris dengan nominasi Piala Oscar terbanyak, tetapi belum pernah menang.

1. Sigourney Weaver

NEW YORK, NY - MAY 13: Actress Sigourney Weaver attends the American Ballet Theatre opening night Spring Gala at Lincoln Center on May 13, 2013 in New York City. (Photo by Stephen Lovekin/Getty Images)
Photo by Stephen Lovekin/Getty Images via marvelcinematicuniverse.wikia.com

Ladies yang pernah menonton film sains fiksi Avatar pasti mengingat sosok Dokter Grace Augustine yang sangat peduli pada penghuni Pandora. Sigourney Weaver yang memerankan tokoh Dokter Grace Augustine dengan sangat apik tersebut ternyata sempat meraih tiga nominasi Academy Award yaitu sebagai Best Actress In A Leading Role dalam film Aliens (1986) dan Gorillas in The Mist: The Story of Dian Fossey (1988), dan Best Actress In A Supporting Role untuk perannya dalam Working Girl (1988). Namun sayangnya tidak ada satu pun dari nominasi tersebut yang berbuah kemenangan.

2. Annette Bening

CULVER CITY, CA - JUNE 11: Actress Annette Bening speaks onstage during the AFI Life Achievement Award: A Tribute to Michael Douglas at Sony Pictures Studios on June 11, 2009 in Culver City, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images for AFI)
Photo by Kevin Winter/Getty Images for AFI via lifetime.co.uk

Aktris kelahiran tahun 1958 ini merupakan aktris yang cukup senior di dunia perfilman. Anette Bening total meraih empat nominasi Oscar, satu nominasi sebagai Best Actress In A Supporting Role untuk perannya dalam film The Grifters (1990), dan tiga nominasi sebagai Best Actress In A Leading Role untuk peran-perannya dalam film American Beauty (1999), Being Julia (2004), dan The Kids Are All Right (2010).

3. Irene Dunne

irene-dunne-meredydotcom
Via meredy.com

Ladies, mari kita mundur ke tahun ’30-an. Irenne Dunne adalah seorang penyanyi dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat kelahiran 1898 yang memulai karirnya di dunia perfilman pada tahun 1930-an. Kerja keras Irene Dunne membuatnya berhasil mendapatkan lima nominasi Best Actress In A Leading Role untuk film Cimarron (1931), Theodora Goes Wild (1936), The Awful Truth (1937), Love Affair (1939), dan I Remember Mama (1948).

4. Amy Adams

amy-standarddotcodotuk
Via standard.co.uk

Sering dijuluki sebagai Leonardo Dicaprio-nya versi wanita, Amy Adams memang memiliki nasib yang serupa dengan Leo. Bedanya, pada 2016 kemarin, Leo berhasil mendapatkan Piala Oscar pertamanya untuk film The Revenant, sedangkan Amy belum juga ‘pecah telor’. Sama seperti Leo, Amy Adams mendapatkan 5 nominasi Oscar sepanjang karirnya di dunia perfilman, yaitu sebagai Best Actress In A Supporting Role untuk film Junebug (2005), Doubt (2008), The Fighter (2010), The Master (2012), dan sebagai Best Actress In A Leading Role untuk perannya dalam American Hustle (2013). Di tahun ini, banyak yang menyayangkan ketika Amy tidak mendapat nominasi untuk akting gemilangnya di film Arrival (2016).

5. Thelma Ritter

thelma-ritter-pinterestdotcom
Via Pinterest

Thelma Ritter adalah aktris lawas berkebangsaan Amerika Serikat yang berhasil mendapatkan piala Tony Award, yaitu Piala Oscar-nya dunia teater. Namun sayangnya sepanjang karirnya, Thelma Ritter belum pernah merasakan kebahagiaan mendapatkan Piala Oscar. Padahal aktris kelahiran 1902 ini meraih 6 nominasi, yaitu sebagai Best Actress In A Supporting Role untuk peran-perannya dalam All About Eve (1950), The Mating Season (1951), With a Song in My Heart (1952), Pickup on South Street (1953), Pillow Talk (1959), dan Birdman of Alcatraz (1962).

6. Deborah Kerr

deborah-kerr-pinterestdotcom
Via Pinterest

Aktris berkebangsaan Inggris ini mendapatkan kepopuleran berkat film musikal The King and I, juga berkat raihan Golden Globe-nya pada tahun 1959 . Lahir pada 1921 dan meninggal pada Oktober 2007, Deborah Kerr belum pernah mencicipi kebahagian memenangkan Oscar meskipun meraih 6 nominasi sebagai aktris utama dalam peran-perannya untuk film Edward, My Son (1949), From Here to Eternity (1953), The King and I (1956), Heaven Knows, Mr. Allison (1957), Separate Tables (1958), dan The Sundowners (1960). Namun pada tahun 1994, Deborah mendapatkan Honorary Oscar untuk pencapaian karirnya.

7. Glenn Close

glenn-close-alchetrondotcom
Via alchetron.com

Aktris yang akan berusia 70 tahun pada Maret mendatang ini juga mendapatkan 6 nominasi Oscar seperti seniornya, Thelma Ritter dan Deborah Kerr. Glenn Close mendapatkan nominasi sebagai Best Actress In Supporting Role untuk perannya dalam The World According to Garp (1982), The Big Chill (1983), The Natural (1984), dan sebagai Best Actress In A Leading Role dalam Fatal Attraction (1987), Dangerous Liaisons (1988), dan Albert Nobbs (2011).

Semoga saja aktris-aktris yang masih aktif di dunia seni peran segera mendapatkan Piala Oscar ya ladies.

Referensi: Hollywood Reporter

Comments

Loading...