OUR NETWORK

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita

Perlahan-lahan namun pasti, kepiawaian wanita dalam memimpin perusahaan belakangan mulai diakui ya, Ladies. Pasalnya, sudah banyak perempuan-perempuan hebat di luar sana yang membuktikan jika mereka tetap bisa menjadi pemimpin dengan beragam tantangan yang disuguhkan. Ini juga menjadi motivasi untuk kita semua jika, selalu ada jalan jika ada kemauan. Berikut ini ada brand besar dunia yang didirikan oleh wanita dan keuletannya.

Baca juga: 10 Beauty Company yang Dimiliki Oleh Wanita

1. Bark & Co

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita
Foto: prnewsfire.com

Brand pertama adalah Bark & Co yang sudah melalang buana di dunia. Carly Strife mendirikan Bark & Co bersama degan Matt Meeker, Henrik Werdelin yang terinspirasi dari kecintaan mereka terhadap anjing. Trio ini akhirnya meluncurkan produk pertama Bark & Co yang diberi nama dengan BarkBox. Yaitu mainan dan snack untuk anjing bervariasi yang didapatkan dengan subskripsi bulanan. Selain menjadi co-founder dari Bark & Co, Strife juga menjadi manajer operasional dari Uber yang berbasis di New York. Menurut Forbes, perusahaan yang didirikan oleh Strife ini memiliki nilai yang diperkirakan mencapai $150 – $200 juta.

2. Birchbox

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita
Foto: MySubscriptionAddiction.com

Selanjutnya ada Birchbox yang tidak kalah populer dan juga memiliki konsep serupa dari brand sebelumnya. Birchbox ini merupakan perusahaan langganan sampling produk kecantikan yang berbasis di Amerika Serikat dan juga Eropa Barat. Perusahaan ini didirikan oleh dua wanita bernama Katia Beauchamp dan juga Hayley Barna. Keduanya bertemu di Harvard Business School dan menciptakan perusahaan tersebut pada tahun 2010. Jika sudah sudah berlangganan, kamu akan mendapatkan Birchbox yang sudah dipersonalisasi sesuai kebutuhanmu. Isinya ada sample produk makeup, haircare, dan skincare, Ladies. Di tahun 2014, Birchbox memiliki 800.000 pelanggan dan menghasilkan sekitar $96 juta per tahun dalam penjulan.

3. Flickr

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita
Foto: thenextweb.com

Flickr merupakan website photo-sharing yang didirikan pada tahun 2002. Perusahaan ini didirikan oleh Caterina Fake saat berusia 35 tahun. Sebenarnya, situs ini dahulunya dikembangkan dari game. Meskipun game tersebut sudah bangkrut, namun Flickr tetap berjaya. Barulah di tahun 2005, Fake dan Butterfield menjual Flickr ke Yahoo. Makanya, kamu membutuhkan akun email di Yahoo untuk mengakses Flickr.

4. The Body Shop

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita
Foto: Paragon.com

Kamu para wanita pasti sudah sangat familiar dengan brand The Body Shop, bukan? Brand ramah lingkungan ini didirikan oleh seorang wanita bernama Anita Roddick di tahun 1976. Awalnya, Anita Roddick memulai The Body Shop untuk mata pencahariaanya dan kedua putrinya saat ditinggal suaminya keliling dunia. Perusahaan ini lalu go public dan booming pada tahun 2006. Setelah 30 tahun berselang, Roddick menjual The Body Shop ke L’Oreal Paris. Dan saat ini sudah memiliki 2.500 toko di 61 negara di dunia dengan masih mempertahankan prinsipnya untuk membuat produk yang bertanggung jawab untuk alam dan lingkungan sosial.

5. SlideShare

Ini 5 Brand Bisnis Populer Dunia yang Didirikan oleh Wanita
Foto: Slideshare.net

Brand populer lainnya yang digawangi oleh wanita adalah SlideShare. Pendirinya adalah Rashmi Sinha yang mendirikan perusahaan dengan Jonathan Boutelle pada tahun 2006. SlideShare sekarang diakuisisi oleh perusahaan sosial networking populer di dunia LinkedIn pada Mei 23 dengan harga $118, 75 Juta dan sekarang memiliki lebih dari 16 juta pengguna terdaftar.

Baca juga: Amanda Surya, Wanita Indonesia yang ‘Dilamar’ Google

Siapa bilang wanita nggak bisa jadi pebisnis sukses, Ladies? Semoga sepak terjang mereka bisa menjadi motivasi untuk kamu ya, Ladies.

 

Sumber: Business News Daily, Foto cover: rre.com

Comments