OUR NETWORK

Buat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia dengan 7 Challenge Ini, Yuk!

Untuk dapat hidup lebih sehat dan bahagia, kamu bisa melakukannya secara bertahap, Ladies. Misalnya dengan menantang dirimu mencoba 7 challenge ini. Terdengar sederhana, tapi bayangkan hasilnya kalau kamu melakukannya dengan rutin.

Untuk mendapatkan hidup yang lebih bahagia dan sehat nggak melulu dilakukan dengan mengubah pola makan ataupun berolahraga. Masih banyak cara lainnya yang lebih sederhana dan nggak ribet untuk dilakukan. Yuk, buat hidup lebih bahagia dan sehat dengan challenge ini, Ladies!

1. Mulai Hari Pertama dengan Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

Kebanyakan dari kita nggak minum banyak air setiap harinya. Padahal, menjaga tubuh selalu terhidrasi merupakan hal yang penting lho, Ladies. Air membantu melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh, dan membawa nutrisi ke seluruh tubuh. Makanya nih, penting banget minum air meski nggak sedang haus, Ladies. Yuk, mulai challenge dirimu untuk minum 8 gelas setiap harinya.

2. Coba Ikuti Fitness Class pada Hari Kedua

Kamu mungkin sudah beberapa kali berolahraga dalam seminggu. Supaya nggak bosan, yuk coba ikutan fitness class yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Kamu bisa mulai dengan mencoba trial class atau kelas gratis terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak hanya sehat, kamu juga bisa lebih hemat, dan bahagia karena nggak perlu mengeluarkan banyak uang!

Baca juga: 4 Terbaik Berolahraga saat Lagi Capek

3. Makan Siang di Luar Yuk pada Hari Ketiga!

Bukan berarti jajan di luar, Ladies. Maksudnya makan siang di luar ya benar-benar di luar. Hehehe… Jika kamu biasanya makan siang di meja, yuk mulai sekarang makan siang di luar yang dapat membantu kamu fokus dan lebih produktif. Jika kamu terbiasa membawa bekal setiap harinya, kenapa nggak mencoba untuk makan siang di luar dan bawa bekalmu saja, Ladies? Saatnya menyegarkan pikiranmu sejenak dari kerjaan atau tugas yang membuat kamu stres, nih.

4. Hari Keempat? No Screens at Night!

Penelitian menunjukkan kalau terlalu lama menatap layar, seperti ponsel, komputer, ataupun TV sebelum tidur dapat berdampak buruk pada kualitas tidur. Oleh karena itu, yuk mulai challenge dirimu untuk berhenti menggunakan gadget di malam hari pada hari keempat dan fokus untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Minimal batasi dirimu untuk tidak lagi ngecek gadget setelah masuk kamar. Supaya nggak terganggu dengan notifikasi, kamu juga bisa mengaturnya. Misalnya kamu yang menggunakan iPhone dapat memanfaatkan mode Do Not Disturb dan fitur baru Downtime.

5. Mulai Berjalan 10 Ribu Langkah pada Hari Kelima

Harus berpergian ke beberapa tempat dengan cepat membuat kita menggunakan transportasi umum. Sehingga, kita pun jarang banget berjalan kaki nih, Ladies. Nah, pada hari kelima, challenge deh diri kamu untuk menghitung jumlah langkah kamu saat berjalan kaki. Kalau bisa, kamu harus memenuhi target total 10 ribu langkah dalam sehari, ya! Kalau memungkinkan, pilih rute yang ‘lebih jauh’ yang mengharuskan kamu berjalan kaki lebih banyak. Jika biasanya menggunakan eskalator, kamu juga bisa memilih tangga biasa supaya lebih banyak melangkah, Ladies! Yang penting melangkahnya maju ya, jangan mundur, ribet nanti.

6. Hari Keenam, Curhat dan Tulis yang Kamu Rasakan di Diary!

Kesehatan mental kamu itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik, Ladies. Setelah sibuk 5 hari penuh dengan aktivitas dan pekerjaan kamu, nggak ada salahnya untuk menuliskan yang kamu rasakan, seperti perasaan bahagia, kaget, sedih, ataupun keluh kesah di diary. Kamu juga bisa lho mencoba aplikasi diary di smartphone, kalau kamu nggak begitu suka menulis di buku harian.

7. Tutup Akhir Pekan dengan Berjalan Kaki di Pagi Hari

Setelah mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari, nggak ada salahnya kamu mulai berjalan-jalan di pagi hari di taman dekat rumah untuk menyegarkan diri dan pikiran. Kamu nggak perlu berlari dan memaksakan diri, cukup berjalan kaki saja sambil melihat keadaan sekitar.

Baca juga: 8 Manfaat Menulis Jurnal Harian

Hidup lebih sehat dan bahagia itu nggak perlu menyiksa kok, Ladies. Cukup melakukan 7 challenge di atas setiap hari saja, ya. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: ApartmentTherapy, Foto Cover: pexels.com

Comments

Loading...