OUR NETWORK

Tips Menjaga Kesehatan untuk Perjalanan Jauh

Tips Menjaga Kesehatan untuk Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jauh, haruslah memiliki kondisi tubuh yang bugar. Supaya nantinya tidak ada masalah besar yang bakal terjadi. Ini dilakukan terutama untuk mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi tubuh prima merupakan hal yang paling utama. Bisa untuk mudik, balik, atupun juga buat kamu yang gemar traveling. Berikut ini dalah tips menjaga kesehatan untuk perjalanan jauh, supaya perjalananmu tetap aman dan sampai tujuan dengan sehat tanpa ada halangan yang berarti.

Baca juga: 11 Item yang Sebaiknya Kamu Bawa Saat Perjalanan Panjang

11 Item yang Sebaiknya Kamu Bawa Saat Perjalanan Panjang

Tidur yang Cukup

Tips Menjaga Kesehatan untuk Perjalanan Jauh
Foto: articlesplanet.info

Hal utama yang perlu untuk kamu jaga adalah intensitas tidur. Upayakan sebelum melakukan perjalanan jauh untuk bisa tidur secara cukup. Sebisa mungkin tidurlah setidaknya 6 sampai 8 jam. Hal ini dilakukan supaya stamina tetap terjaga dengan baik, dan tidak mengantuk selama perjalanan. Perjalanan jauh amat sangat melelahkan jika kamu tidak mempersiapkan semuanya dengan baik. Jika dirasa nanti di perjalanan merasa ngantuk ataupun capek, menepilah untuk istirahat dan jangan dipaksakan.

Persiapkan Cairan yang Banyak

Tips Menjaga Kesehatan untuk Perjalanan Jauh
Foto: thoughtshome.com

Selain tidur secara cukup, usahakan untuk mengonsumsi cairan secara cukup juga. Dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh, konsentrasi tidak akan terganggu. Selain itu, mengosumsi air putih juga akan mengembalikan banyak energimu. Perbanyak minum air putih ataupun juga jus. Hindari mengosumsi cairan seperti halnya kopi, sirup atau bahkan alkohol. Jika sedang berpuasa, ada baiknya sahur buah-buahan dan mencukupi kebutuhan cairan.

Pilih Asupan Makanan yang Baik

Tips Menjaga Kesehatan untuk Perjalanan Jauh
Foto: soposted.com

Seringkali karena terlalu memikirkan persiapan untuk perjalanan jauh, kita abai pada jenis makanan yang dikonsumsi. Maka dari itulah, jangan sampai hal tersebut terulang lagi. Penuhi asupan makanan secara baik dan juga cukup. Dengan begini, tidak akan terjadi masalah saat di perjalanan. Perbanyak asupan buah-buahan dan juga sayuran. Jika dirasa lapar dan lelah, bisa mampir ke rest area terdekat. Jangan memaksakan diri.

Persiapkan Obat-obatan Pribadi

Tips Menjaga Kesehatan untuk Perjalanan Jauh
Foto: alodokter.com

Satu hal lagi yang penting tapi sering diabaikan lantaran merasa sudah sehat. Yakni mempersiapkan obat-obatan pribadi yang sekiranya dibutuhkan. Usahakan untuk membawa obat-obatan ringan seperti halnya obat anti mabuk, obat mencegah masuk angin, sampai dengan flu. Supaya nanti tidak kesusahan mencari toko. Sementara buat kamu yang selama ini memiliki riwayat penyakit serius, hal utama yang perlu untuk dilakukan sebelum berangkat adalah melakukan pengecekan terlebih dulu kepada dokter.

Baca juga: Tips dan Trik Agar Baterai Smartphone Irit Saat Traveling

Tips dan Trik Agar Baterai Smartphone Irit Saat Traveling

Kita tidak akan tahu apa yang bakalan terjadi saat perjalanan jauh nanti. Maka dari itulah, persiapkan fisik dan stamina supaya tetap bugar. Jika tubuh sudah bugar, perjalanan akan sedikit ringan. Selamat jalan-jalan, Ladies!

Sumber: Futuready, Kompas, Foto cover: intisari.grid.id

Comments

Loading...