Rekomendasi Mangut Lele Mantap di Yogya, Bikin Nafsu Makan Menggelora

Yogya memang kondang dengan gudegnya. Namun, saat jelajah ke kota yang juga terkenal dengan Malioboronya ini kamu akan menemukan banyak sekali kuliner lainnya, tak kalah mantap, contohnya adalah mangut lele. Citarasa gurih dan pedas akan membuat nafsu makan jadi beringas. Ada beberapa tempat rekomendasi yang bisa dikunjungi jika kamu pengin makan mangut lele lho. Ada dimana saja lokasinya?

Baca juga: Oleh-oleh Khas Yogyakarta untuk Dibawa Pulang

Mangut Lele Mbah Marto

Rekomendasi Mangut Lele Mantap di Yogya, Bikin Nafsu Makan Menggelora
Foto: Instagram/@gendut_kulineran

Lokasi pertama yang sudah kondang ke berbagai penjuru adalah Mangut Lele Mbah Marto. Tempat ini sudah legendaris dan berdiri sejak 1960-an. Selain kondang dengan cita rasanya yang pedas menggugah selera, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Satu porsi mangut lele di tempat ini dipatok dengan harga Rp20.000.

Buat Ladies yang tertarik mencicipi nikmatnya seporsi mangut, bisa langsung berkunjung ke alamatnya yang berada di sebelah selatan Kampus ISI, Dusun Nengahan, Pedukuhan Ngireng-ireng, Sewon, Bantul. Jam bukanya mulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Oh iya, di sini kamu juga bisa menyaksikan pembuatanya secara langsung, di dapurnya dan masih menggunakan teknik masak tradisional.

Mangut Lele Bu Is

Rekomendasi Mangut Lele Mantap di Yogya, Bikin Nafsu Makan Menggelora
Foto: Instagram/@gendut_kulineran

Tidak kalah kondang dari yang sebelumnya, ada Mangut Lele Bu Is. Alamatnya berada di Jalan Imogiri Barat Nomor 12, Turi, Sumberagung, Jetis, Bantul, Jogja. Ini merupakan salah satu tempat yang recommended untuk kumpul-kumpul dengan keluarga. Nah, enaknya mangut lele di tempat makan Jogja satu ini akan disajikan dengan beragam sayuran pendamping. Makan enak pun bisa tetap sehat ya. Sayurannya antara lain mulai dari timun, kemangi, kecipir, daun pepaya, daun kenikir, dan lain-lain. Untuk membuat makanmu makin bernafsu, kamu bisa tambah tumis cabai, sambal petis, dan urap. Yum!

Mangut Lele Mak Badar

Rekomendasi Mangut Lele Mantap di Yogya, Bikin Nafsu Makan Menggelora
Foto: kumparan.com 

Lokasi lainnya adalah Mangut Lele Mak Badar yang enaknya nggak perlu ditanya lagi . Alamatnya berada di bagian selatan Kampus ISI di Dusun Ngengahan, Pedukuhan Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Cukup berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, penyajian mangut lele di tempat ini memanfaatkan daun pisang. Jadi, rasanya cukup berbeda. Ada aroma daun pisangnya, apalagi disajikan saat semuanya masih hangat.

Untuk harga makanannya, kamu bisa mencicipinya dengan kisaran mulai dari Rp20.000 sampai dengan Rp30.000. Nah, mangut lele di sini sudah cukup pedas ya, Ladies. Namun buat kamu yang pengin jauh lebih pedas lagi, ada sambal khas buatan Mak Badar yang bisa dicicip. Jam bukanya mulai dari pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Mangut Lele Yu Temu

Rekomendasi Mangut Lele Mantap di Yogya, Bikin Nafsu Makan Menggelora
Foto: Instagram/@creativefood.indonesia

Di daerah Bantul lainnya, tepatnya berada di Sembanun, Bangunjiwo ada mangut lele yang tak kalah nikmat. Namanya adalah Mangut Lele Yu Temu. Cara pengolahan mangut di tempat ini juga masih menggunakan metode tradisional, jadi rasanya cukup menggiurkan. Bisa menggoda kamu yang sekarang sedang berdiet. Selain mangut, ada beberapa menu lainnya yang tak kalah menggoyang lidah, ada soto, pecel, tahu dan tempe bacem.

Baca juga: Pizza Oncom, Kuliner Khas Italia Rasa Nusantara

Mangut lele merupakan rekomendasi lainnya kuliner yang bisa kamu coba saat jelajah Yogya ya. Buat kamu pecinta makanan pedas, wajib coba!

 

Sumber: yogyes, IDN Times, qraved

Must Read

Related Articles