OUR NETWORK

Ini Langkah yang Perlu Dilakukan saat Kehilangan Koper di Bandara

Ini Langkah yang Perlu Dilakukan saat Kehilangan Koper di Bandara
Foto: thevirtuosolive.com

Ada hal-hal tak terduga yang terjadi saat traveling, misalnya saja kehilangan koper. Tentu saja hal ini akan membuatmu panik bukan main. Tapi dalam hal seperti ini, tetap tenang dan berusaha untuk berpikir jernih merupakan hal yang paling utama. Daripada marah-marah tidak jelas dan bikin energi makin terkuras. Setelah bisa tenang, yuk lakukan step-step ini saat koper hilang di bandara.

Hubungi Maskapai Penerbangan

Ini Langkah yang Perlu Dilakukan saat Kehilangan Koper di Bandara
Foto: stockys.com

Hal pertama dan utama yang perlu untuk kamu lakukan saat kehilangan koper adalah menghubungi maskapai penerbangan yang ditumpangi. Jangan meninggalkan bandara terlebih dahulu sebelum berbicara dengan pihak maskapai. Salah satu opsi tercepat adalah berbicara dengan baggage claim atau check-in desk. Jika kamu tidak bisa menemui mereka, langsung saja telepon perwakilan maskapai. Carilah nomor bebas pulsa untuk keluhan atau email jika perlu.

Minta untuk Mengirimkan Koper ke Rumah

Tahap selanjutnya, pastikan untuk meninggalkan kontak supaya pihak maskapai bisa memberikan update. Kebanyakan maskapai penerbangan akan mengantarkan koper ke rumah atau hotel begitu barang tiba. Jika pihak perwakilan maskapai tidak menyebutkan hal ini, kamu perlu bertanya sebelum meninggalkan bandara. Ini bisa menghemat perjalanan selanjutnya jika ada masalah yang sama di kemudian hari.

Minta Penggantian Biaya Bagasi Terdaftar

Ini Langkah yang Perlu Dilakukan saat Kehilangan Koper di Bandara
Foto: taxi.com

Beberapa maskapai penerbangan akan mengganti biaya bagasi terdaftar jika kamu menundanya kurang lebih 12 jam setelah mengajukan klaim. Karena itulah, dalam hal ini waktu merupakan hal penting adalah benar adanya. Memberitahukan maskapai dengan segera akan membuat lebih cepat dalam penanganannya.

Kirim Klaim ke Maskapai Setelah 24 Jam

Sebagian besar maskapai penerbangan membiarkanmu memenuhi syarat untuk kompensasi tas hilang lebih dari 24 jam. Pada saat ini, kirimkan formulir klaim bagasi maskapai. Biasanya mereka akan memberikan kompensasi maksimal $3.500 setara dengan Rp40 jutaan per penumpang tiket untuk kehilangan, kerusakan, dan keterlambatan bagasi penerbangan domestik. Kamu perlu membuat daftar inventaris barang yang perlu dikemas dan perkiraan nilai dolar.

Simpan Semua Tanda Terima dari Biaya Tak Terduga

Ini Langkah yang Perlu Dilakukan saat Kehilangan Koper di Bandara
Foto: groundswell.org

Sebagian besar maskapai penerbangan akan mengganti biaya sampai $50 per harinya selama 5 hari untuk mengganti biaya-biaya tak terduga. Ini termasuk baju, perlengkapan mandi, dan juga kabel ponsel. Jika memungkinkan kamu bisa bertanya ke maskapai tentang barang-barang yang masuk ke daftar “reasonable purchase.” Maka dari itulah, saat membeli barang setelah kehilangan koper, kamu perlu menyimpan berbagai tanda terima untuk kompensasi nantinya.

Baca juga: Tips Traveling dengan Nol Budget

Jika bisa sih, tidak terjadi yang namanya koper hilang ya Ladies. Supaya waktu jalan-jalanmu tidak terkuras karena memikirkan koper. Tapi kalau memang sudah terjadi, langkah-langkah di atas bisa dilakukan, Ladies.

 

Sumber: tripit

Comments

Loading...