OUR NETWORK

Gudeg Yu Djum, Kuliner Wajib Coba kalau Ke Yogyakarta

Gudeg Yu Djum, Kuliner Wajib Coba kalau Ke Yogyakarta
Foto: guddegyudjumpusat.com

Buat kamu yang suka traveling dan menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata, tentunya kamu sudah akrab dengan kuliner wajib yang satu ini. Yep, Gudeg Yu Djum. Gudeg dengan rasa mantap jiwa, Ladies. Kamu wajib coba kalau ke Yogya. Pokoknya jangan ngaku ke Yogya kalau belum pernah cobain gudeg, apalagi Gudeg Yu Djum ini. 

Baca juga: Oleh-oleh Khas Yogyakarta untuk Dibawa Pulang

Gudeg Yu Djum terbilang legendaris ya, Ladies. Gudeg Yu Djum dirintis oleh seorang yang pantang menyerah bernama Djuwariyah atau lebih dikenal sebagai “Yu Djum”, sejak tahun 1951. Yu Djum pertama kali berjualan gudeg di kawasan Karangasem, sebelah utara Universitas Gadjah Mada (UGM). Yu Djum kemudian membuka gerai di Jalan Wijilan yang jadi sentra gudeg di Yogyakarta. 

Gudeg Yu Djum, Kuliner Wajib Coba kalau Ke Yogyakarta
Foto: gudegyudjumpusat.com

Penggunaan nama Yu Djum berawal dari para pelanggan yang sering memanggil “Yu” yang merupakan singkatan dari “mbakyu” (panggilan untuk orang yang lebih tua khusus perempuan dalam bahasa Jawa) dan “Djum” yang merupakan nama pendek dari Ibu Djuwariyah itu sendiri.

Gudeg Yu Djum, Kuliner Wajib Coba kalau Ke Yogyakarta
Foto: gudegyudjumpusat.com

Pengunjung bisa menikmati kelezatan gudeg di tempat makan yang nyaman dan bersih dengan rasa gudeg yang dijamin bikin nagih. Jalan Wijilan ini memang ramai oleh penjual gudeg sejak tahun 1942. Sampai sekarang jalan ini ramai oleh kedai gudeg mulai pagi sampai malam. Bahkan ada yang buka 24 jam. Dari kawasan Keraton Yogyakarta bisa jalan kaki atau naik becak.

Kini, Yu Djum sudah membuka cabang di beberapa lokasi jadi kamu nggak perlu bingung mencarinya, Ladies.

  • Jalan Kaliurang KM 4,5 CT III/22 Karangasem – Mbarek- Yogyakarta
  • Jalan Laksda Adisucipto KM 8,7 (samping Hotel Sheraton)  Yogyakarta
  • Jalan Wates Km. 5,5 Ambarketawang  Gamping, Sleman, Yogyakarta
  • Jalan Wonosari – Yogya KM 7, Gading  Playen – Gunungkidul
  • Jalan Raya Jogja – Magelang (Depan SPBU Baledono) 
  • Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Gudeg Yu Djum menjadi salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta karena telah ada sejak 60 tahun yang lalu. Mampu bertahannya Gudeg Yu Djum hingga selama ini karena selalu mempertahankan kualitasnya. Bahan-bahan yang digunakan pun bahan-bahan terbaik untuk menghasilkan gudeg dengan cita rasa yang nikmat. 

Baca juga: Makin Mblusuk Makin Diburu, Ini Tempat Makan Tersembunyi di Yogya

Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg plus areh kental, sambal krecek dan lauk. Lauknya bervariasi tergantung keinginan kita, Ladies. Ada telur rebus yang sudah dibumbui, tahu, tempe, suwiran daging ayam, ampela ati, potongan bagian tubuh ayam seperti kepala, dada, paha atas, dan sebagainya. Ayam yang digunakan sebagai lauknya adalah ayam kampung dan telur yang digunakan adalah telur bebek. Penggunaan ayam kampung dan telur bebek ini menghasilkan rasa yang lebih gurih dan nikmat. 

Selain bisa dinikmati di tempat, gudeg Yu Djum juga bisa dijadikan oleh-oleh, lho. Untuk harga, seporsi nasi gudeg dapat kamu nikmati mulai dari harga Rp9.000. Sedangkan untuk gudeg kemasan besek harganya mulai Rp45.000 dan kemasan kendil harganya mulai Rp115.000. 

Pokoknya kalau ke Yogya jangan lupa cobain Gudeg Yu Djum ya, Ladies. Adakah Ladies yang sudah pernah mencicipinya?

 

Sumber: gudegyudjumpusat, kompas

Comments

Loading...