OUR NETWORK

Cegah Kaki Bengkak saat Penerbangan Panjang dengan Tips Berikut

 Cegah Kaki Bengkak saat Penerbangan Panjang dengan Tips Berikut
Foto: thelist.com

Ladies, saat melakukan penerbangan dalam waktu lama, kamu akan ‘terjebak’ di tempat dudukmu yang sempit dan kecil. Alih-alih bisa tidur dengan nyaman, kaki bisa saja bengkak. Ada banyak cara untuk mencegah kaki bengkak saat perjalanan panjang. Salah satunya adalah dengan banyak bergerak di dalam pesawat dan membiarkan aliran darah tidak lancar. Selain itu, berikut ini tips yang bisa kamu coba.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

 Cegah Kaki Bengkak saat Penerbangan Panjang dengan Tips Berikut
Foto: makeupandbeauty.com

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah apa yang masuk ke dalam perut. Sehari atau bahkan beberapa hari sebelum terbang, kurangi konsumsi garam berlebih. For your information, garam bisa mengikat cairan, dan akan membuat pembengkakan makin parah. Nggak mau kan liburan yang diidam-idamkan jadi berantakan?

Baca juga: Empat Teknik Pernapasan untuk Menenangkan Diri Saat Penerbangan

Minum Air yang Cukup

Selain makanan, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan untuk minum cukup air sebelum dan pada hari penerbangan. Guna menyiasatinya, bawa satu botol air minum besar lalu isi sebanyak mungkin yang dibutuhkan. Manfaat lainnya adalah kamu akan banyak bangun dan jalan di pesawat untuk ke toilet, artinya bisa banyak bergerak.

Banyak Bergerak

 Cegah Kaki Bengkak saat Penerbangan Panjang dengan Tips Berikut
Foto: rd.com

Seperti yang sudah dibahas-bahas sebelumnya, banyak bergerak akan mencegah kaki bengkak. Hla ini seperti yang disarankan oleh Timothy C. Ford, DPM seorang direktur dari Program Residensi Prodiatrik dari Jewish Hospital dan St. Mary’s HealthCare di Amerika. “Berkelilinglah dan berdiri jika diizinkan, terutama jika penerbangan lebih dari dua jam,” paparnya. Hal tersebut akan membuat aliran darah bisa lebih lancar.

Olahragakan Kaki

Meski tidak bisa berdiri dan berkeliling, kamu bisa melakukan olahraga kaki. Misalnya saja bermain-main dengan ibu jari kaki yang diangkat ke atas dan bawah, kiri ke kanan supaya mendapatkan pergerakan. Jika kakimu sudah terlanjur bengkak, sedikit olahraga tersebut akan sedikit melancarkan peredaran darah dan meredakannya.

Baca juga: Kegunaan dari Compression Socks yang Wajib Kamu Ketahui

Pilih Kursi yang Sekitaran Lorong

 Cegah Kaki Bengkak saat Penerbangan Panjang dengan Tips Berikut
Foto: travelandleisure.com

Kursi juga sangat berpengaruh, terutama jika kamu merupakan orang yang pemalu. Daripada meminta maaf karena banyak bergerak saat berada di kursi, ada baiknya memilih kursi yang berada di sekitaran lorong. Kamu bisa bergerak ke kamar mandi dengan bebas, serta dapat sedikit olahraga di lorong.

Gunakan Sepatu yang Nyaman

Supaya kaki tetap dalam kondisi baik-baik saja, gunakan juga sepatu yang nyaman. Salah satu yang direkomendasikan adalah slip-on dan jangan lupa mengenakan kaus kaki. Sepatu jenis itu sangat mudah dipasang dan dilepas, sehingga jika terjadi pembengkakan tidak akan menambah masalah. Setelah dilepas kaki bisa dipijat ataupun digerak-gerakan sederhana.

Supaya penerbanganmu tetap nyaman dan kaki tidak bengkak, lakukan tips di atas ya. Have a good trip!

 

Sumber: usa today, everydayhealth

Comments

Loading...