OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Ini Bahaya Penggunaan Aluminium Foil untuk Bungkus Sisa Makanan

Lemari es selalu menjadi andalan untuk menyelamatkan makanan yang tersisa. Tapi ternyata, hal itu tidak cukup, Ladies, tempat penyimpanan dan cara penyegelannya pun mempengaruhi keamanan dari makanan tersebut. Bila keduanya tidak tepat, maka, makanan itu dapat membahayakan kesehatanmu jika dikonsumsi kembali. Salah satunya yang perlu kamu hindari ialah membungkus sisa makananmu dengan selembar aluminium foil. Bungkusan berwarna perak ini dapat mengubah sisa makananmu menjadi racun berbahaya, loh!

Sebagaimana manusia, bakteri juga membutuhkan udara untuk berkembang. Beberapa bakteri seperti Staph dan Bacillus cereus, yang menyebabkan penyakit dalam makanan, menghasilkan racun yang tidak dapat dihancurkan oleh suhu memasak yang tinggi. Ketika makanan panas ditinggalkan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam, kedua bakteri ini akan tumbuh dengan cepat.

Dengan menggunakan aluminium foil untuk menutup makanan, perkembangan kedua bakteri ini akan terdorong lebih cepat.

Ini karena makananmu tidak sepenuhnya disegel dari udara. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan sisa makanan dalam wadah yang tepat dan kedap udara. Jika tidak, sisa makananmu tidak akan bertahan lama.

Ini Bahaya Penggunaan Aluminium Foil untuk Bungkus Sisa Makanan
Sumber: plyfamilywellness.com

Nah, agar sisa makananmu tetap aman dari bakteri, ada beberapa langkah yang dilansir dari Reader’s Digest yang perlu kamu lakukan. Pertama, letakkan sisa makananmu dalam wadah dengan dasar yang dangkal dan segel hingga kedap udara. Kemudian, letakkan wadah tersebut di dalam freezer. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pendinginan dan mencegah bakteri berkembang di makananmu.

Baca juga: Makanan yang Mampu Bertahan Hingga 2.000 Tahun

Pastikan kamu meletakkan makanan di lemari es dalam dua jam, ya Ladies, sebelum bakteri memiliki waktu untuk berkembang dan membawa penyakit. Apabila makananmu telah dibiarkan di suhu ruangan selama lebih dari dua jam, sebaiknya buang sisa makanan tersebut untuk mengamankan kesehatan tubuhmu. Selain pengemasan, jangan lupa untuk memeriksa makanan mana yang boleh dan tidak seharusnya kamu masukkan ke dalam kulkas, ya.

Satu hal lagi yang perlu diingat, sisa makanan dalam lemari es hanya bisa bertahan maksimal selama empat hari, ya Ladies. Itu pun jika sisa makanan tersebut dikemas dan disegel dengan benar. Bila sisa makanan tersebut bertahan di dalam lemari es selama lebih dari batas waktu tersebut, well, sebaiknya dibuang, ya, dari pada kesehatan tubuhmu jadi taruhannya.

 

Sumber: Reader’s Digest

Must Read

Related Articles