OUR NETWORK

Aplikasi Terbaik yang Perlu Kamu Miliki Ketika Lakukan Solo Traveling

Aplikasi Terbaik yang Perlu Kamu Miliki Ketika Lakukan Solo Traveling
Foto: worldnomads.com

Melakukan petualangan seorang diri atau solo traveling bisa menjadi terapi tersendiri untuk membantu melepas kepenatan sehari-hari. Solo traveling juga memberimu rasa kebebasan. Kamu bisa mengeksplorasi berbagai tempat, menyantap apapun yang kamu ingin coba, hingga menelusuri budaya tertentu yang menarik perhatianmu. Tapi, terkadang solo traveling juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

Banyak hal yang terkadang sulit kamu lakukan sendiri. Untuk itu, ada beberapa aplikasi nih yang bisa jadi holy grail terbaik untuk sempurnakan penelusuranmu. Mulai dari menemukan tur dari destinasi yang kamu inginkan, kegiatan menarik di sekitarmu, hingga menemukan teman perjalanan yang menyenangkan. Penasaran kan apa saja aplikasinya? Simak, yuk!

1. Citymapper Transit Navigation

Aplikasi Terbaik yang Perlu Kamu Miliki Ketika Lakukan Solo Traveling
play.gooogle.com

Seperti tahapan petualangan dalam acara Dora The Explorer, tantangan pertama yang kamu hadapi ketika melakukan melakukan solo traveling di negara atau kota asing ialah menentukan rute perjalanan. Kamu membutuhkan navigasi untuk menentukan kemana kamu akan pergi, seperti aplikasi Citymapper Transit Navigation yang satu ini. Aplikasi terintegrasi Uber ini dapat memudahkanmu memetakan di area yang asing, dengan menyediakan waktu sistem keberangkatan transportasi umum secara real-time, peta transit, line status, dan peringatan gangguan perjalanan secara real-time. Cakupannya pun cukup luas, diantaranya kota-kota besar di Eropa, Amerika Serikat, Australia, dan Asia.

2. Tourlina

Melakukan solo traveling memang memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi tak jarang di tengah petualangan kamu merasa kesepian dan ingin berbincang hingga menelusuri suatu tempat bersama dengan teman. Saat itulah Tourlina akan menjadi aplikasi yang tepat untukmu. Tourlina merupakan aplikasi yang mempertemukan para pelancong perempuan dengan minat yang sama. Aplikasi ini juga memuat tujuan dan waktu traveling, sehingga kamu bisa mengatur waktu untuk bertemu. Untuk menjamin keamanan selama kamu melakukan solo traveling, seluruh pengguna aplikasi ini telah diperiksa, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan teman traveling barumu nanti.

3. TripWhistle Global SOS

Ini adalah salah satu aplikasi yang penting kamu miliki ketika melakukan solo traveling. TripWhistle Global SOS merupakan aplikasi keamanan yang dapat kamu gunakan ketika kamu merasa dalam bahaya. Ketika kamu berada dalam situasi berbahaya, aplikasi ini akan menghubungkanmu dengan polisi di wilayah setempat, nomor pemadam kebakaran, dan ambulans. Tak peduli kamu berada di lokasi manapun di dunia. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi penting tentang keberadaanmu dengan cepat kepada responden darurat yang dapat memberikan akses langsung lokasimu kepada orang terkasihmu, Ladies.

4. Peek Tours and Activities

Aplikasi Terbaik yang Perlu Kamu Miliki Ketika Lakukan Solo Traveling
Foto: Instagram @peek

Menentukan destinasi sudah, lalu apa yang akan kamu lakukan di sana? Well, kalo kamu masih bingung, kamu bisa menggunakan aplikasi Peek Tours and Activities untuk menemukan kegiatan dan tempat wisata yang menarik di lokasi kamu berada. Fungsi “handpicked activities” pada aplikasi akan membantumu memfilter pilihan hingga menemukan hiburan yang sesuai dengan minat dan kondisi kantongmu. Kategori “Off the beaten path” dan ”Walking tours” juga dapat memberikan pengalaman perjalanan seru menemukan kota dengan cara yang unik. Aplikasi ini dapat digunakan di 17 wilayah utama Amerika Serikat, Cabo, Cancun, London, dan Paris.

5. Redzone Map

Setiap negeri atau kota setidaknya memiliki area yang dianggap lebih berbahaya dibandingkan area lainnya. Sebagai pendatang, tentunya informasi mengenai jenis area tersebut pun minim. Aplikasi Redzone map ini dapat memberimu informasi terkait area-area tersebut berdasarkan pada data kepolisian setempat, pemerintah, dan pengguna lain. Tidak hanya dari data yang telah ada, aplikasi ini juga memberikan peringatan langsung bila terjadi penembakan, pencurian, sedangan, dan lainnya di kota tempatmu berada melalui geo-tagged. Selain peringatan bahaya, aplikasi ini juga memberikan rute aman agar kamu dapat sampai ke tujuan dengan selamat. Mengingat, ketika melakukan solo traveling, keamanan diri menjadi lebih rentan, aplikasi peringatan bahaya seperti ini dapat membantu meningkatkan keamanan selama melakukan perjalanan.

Baca juga: Tips Melakukan Traveling Solo

Semakin besar kebebasan dan kesenangan yang diperoleh ketika melakukan solo traveling, semakin besar pula ancaman keamanan pada dirimu. Tantangan besar pada diri untuk melakukan penelusuran lebih mendalam untuk memperoleh kepuasan lebih besar, perlu diiringi dengan sistem perlindungan yang lebih besar pula. Pasalnya, keamanan dirimu akan lebih rentan ketika berpetualang sendirian.

So, agar petualanganmu berjalan dengan lancar dan aman, beberapa aplikasi ini setidaknya bisa membantu mengurangi risiko buruk yang bisa terjadi dan membuatmu tenang selama melakukan petualanganmu.

 

Sumber: Herworld

Comments

Loading...