OUR NETWORK

Aktivitas di Pulau Komodo yang Wajib Dicoba

Ladies yang suka banget menjelajahi pantai mungkin sudah pernah atau berencana untuk berkunjung ke Pulau Komodo. Tujuan wisata yang satu ini udah terkenal ke seluruh penjuru dunia karena keindahannya. Wajar, kalau turis lokal juga menambahkan Pulau Komodo ke bucket list tujuan wisata mereka. Apalagi Pulau Komodo diresmikan menjadi salah satu dari 7 keajaiaban dunia menggantikan Candi Borobudur. Eits, wisata ke Pulau Komodo itu bisa eksplorasi macam-macam kegiatan loh, bukan cuma ngeliatin komodo aja. Ehehe… Berikut ini MeraMuda sajikan beberapa rekomendasi aktivitas selagi wisata di sana.

1. Mengunjungi Loh Liang

komodoislandwtmk
Image: thekomododiaries

Berbagai macam kegiatan bisa Anda lakukan di tempat ini seperti melakukan pengamatan terhadap satwa endemik Indonesia yaitu komodo, babi hutan, rusa, burung-burung serta berbagai aktivitas outdoor lainnya seperti melakukan pendakian dari Loh Liang menuju Gunung Ara, melakukan penjelajahan dari Long liang menuju Loh Sebita, video shooting serta photo hunting sampai dengan melihat indahnya dunia bawah laut menggunakan fasilitas snorkeling ataupun diving di Pink Beach atau yang lebih dikenal dengan pantai merah. Pantai ini relatif cukup dangkal dengan keindahan trumbu karangnya yang menjadi daya tarik tersendiri dari wilayah ini. Selain itu, di Loh Sebita adalah daerah pusat pengembangan mangrove dan melakukan pengamtan burung serta treking adalah kegiatan yang paling disukai di tempat ini. Terdapat beberapa fasiliats yang sangat membantu seperti pondok wisata, pusat informasi, dermaga, cafetaria, serta jalan setapak.

2. Mengunjungi Loh Buaya di Pulau Rica

pintu-gerbang-loh-buaya
Image: blog.hulaa.com

Disini pengunjung yang merupakan wisatawan baik asing maupun domestik akan dimanjakan dengan hutan mangrove yang rindang, padang savana serta berbagai amcam satwa liar seperti jenis burung yang unik, kuda liar, monyet berekor panjang, kerbau liar, rusatimor serta ikon dari pulau yaitu komodo. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan muali dari melakukan pengamatan terhadap berbagai satwa, melakukan penjelajahan dengan rute Loh Buaya menuju Wae Waso atau Loh Buaya menuju Golo Kode, video shooting, photo hunting, melakukan pengamatan kelelawar di Pulau Kalong serta melakukan pengamatan terhadap batu balok. Hal yang menjadi favorit dari wisatawan adalah melihat banyak kelelawar yang beterbangan di sore hari saat hendak mencari makan.

3. Kampung Komodo

kampung-komodo
Image: proof.nationalgeographic.com

Kampung komodo merupakan tempat wajib yang perlu dikunjungi jika ingin melihat satwa endemik komodo yang melebur menjadi satu dengan warga desa penduduk setempat. Terdapat banyak bebatuan terjal di sekitar Loh Liang menuju Kampung Komodo dengan bukit yang berada di sekitar pesisir pantai. Namun Anda tidak perlu khawatir karena terdapat jalan yang sudah disediakan khusus untuk wisatawan serta ada pemandu yang akan mengarahkan. Pemandu biasanya akan membawa wisatawan melewati Poreng Valley dimana Anda bisa melihat para komodo diberi makanan dalam jam-jam tertentu. warga yang tinggal di kampung itu juga memiliki rumah sederhana yang dibangun di atas tiang di bawah pohon kelapa.

4. Mengunjungi Pulau Padar

pulau-padar
Image: tripadvisor.com

Pulau Padar adalah pulau nomor tiga yang terbesar di dalam kawasan Taman Nasional Komodo setelah pulau komodo serta pulau Rinca. Bila ingin sampai dengan cepat menuju Padar, maka sangat disarankan untuk melewatinya dari Pulau Rinca yang dipisahkan oleh selat Lintah. Namun pulau Padar tidak dihuni oleh Ora atau sebutan lain dari biawak komodo, melainkan Anda bisa berwisata dengan menikmati keindahan alam dari pulau ini. Selain itu, UNESCO sudah meresmikan Pulau Padar sebagai situs warisan dunia karena berada di wilayah kawasan Taman Nasional Komodo.

Sounds fun? Jadi kapan nih mau berangkat? Hehehe…

Comments

Loading...