OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

7 Susu Non-Dairy Terbaik Sebagai Pengganti Susu Sapi

Susu sapi terkenal dan dikonsumsi dengan berbagai cara. Ada yang diminum langsung, dicampur dengan bahan lain menjadi smoothies, atau bahan dasar dessert kamu. Tapi ada beberapa orang yang tidak bisa atau memilih untuk tidak minum susu dari sapi karena berbagai alasan. Jika kamu ingin mengganti susu sapi dari menu kamu, list susu non-dairy berikut bisa jadi pilihan, Ladies!

1. Susu kedelai (soy milk)

7 Susu Non-Dairy Terbaik Sebagai Pengganti Susu Sapi
Foto: pexels.com

Salah satu pengganti susu yang terkenal yakni susu kedelai. Bisa terbuat dari kedelai ataupun isolat protein kedelai. Biasanya dicampurkan juga pengental dan minyak sayur untuk menambah rasa dan konsistensi. 1 cangkir susu kedelai (240 ml) mengandung 80-90 kalori, 4-4,5 gram lemak, 7-9 gram protein, dan 4 gram karbohidrat.

2. Susu almond (almond milk)

Terbuat dari almond, selai mentega almond, dan air. Susu almond memiliki rasa sedikit manis dan dicampurkan dengan kopi dan teh. Susu almond biasanya menjadi pengganti susu di dessert dan roti serta pastries.

3. Susu kelapa (coconut milk)

7 Susu Non-Dairy Terbaik Sebagai Pengganti Susu Sapi
Foto: pexels.com

Terbuat dari air dan daging putih kelapa, susu kelapa alias santan banyak dipakai di daerah Asia Tenggara dan masakan India. Setiap cangkir susu kelapa (240 ml) mengandung 45 kalori, 4 gram lemak, tidak ada protein dan hampir tidak ada karbohidrat.

4. Susu oat (oat milk)

Oat milk terbuat dari oat dan air. Biasanya oat milk komersial juga menambahkan guar gum, minyak, dan garam untuk menambah rasa dan tekstur. Setiap cangkir susu oat (240 ml) mengandung 140-170 kalori, 4,5 – 5 gram lemak, 2,5 – 5 gram protein, dan 19-29 karbohidrat.

Baca juga: Alergi dengan Susu Sapi? Cobain Susu Almond, Yuk!

5. Susu beras (rice milk)

7 Susu Non-Dairy Terbaik Sebagai Pengganti Susu Sapi
Foto: pexels.com

Terbuat dari beras putih atau beras merah dan air, biasanya ditambahkan pengental kembali untuk membuat tekstur dan rasanya lebih baik. Dari seluruh susu non-dairy pengganti susu sapi, susu beras paling aman untuk mereka yang sensitif dan mudah alergi dengan gluten, kedelai, kacang, ataupun lactose intolerant.

Setiap cangkir susu beras (240 ml) mengandung 130-140 kalori, 2-3 gram lemak, 1 gram protein, 27-28 gram karbohidrat.

6. Susu kacang mete (cashew milk)

Terbuat dari kacang mete, selai kacang mete, dan air, memiliki rasa creamy dan biasanya dipakai sebagai creamer di kopi dan pengganti susu sapi di dessert. Setiap cangkir cashew milk (240 ml) mengandung 25-50 kalori, 2-4 gram lemak, 0-1 gram protein, dan 1-2 gram karbohidrat.

7. Susu quinoa (quinoa milk)

Quinoa sudah dikenal sebelumnya sebagai superfood dan biasanya dimakan langsung tapi susu quinoa baru mulai naik pamornya setahun ini. Setiap cangkir susu quinoa (240 ml) mengandung 70 kalori, 1 gram lemak, 2 gram protein, dan 12 gram karbohidrat.

List susu tadi bisa jadi pilihan kalau kamu ingin mengganti susu sapi di menu kamu ya, Ladies. Selamat mencoba!

 

Sumber: Healthline

Must Read

Related Articles