OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

11 Trik Cerdas Hindari Sakit saat Traveling dengan Kapal Pesiar (Bagian 1)

Terjebak di kapal pesiar di tengah laut sambil mengalami masalah perut pastilah bukan bagian dari rencana liburanmu. Agar pelayaranmu nyaman tanpa penyakit, mari simak trik yang dapat kamu lakukan, Ladies.

1. Periksakan diri sebelum berangkat

Cegah segala kemungkinan buruk dengan memeriksakan diri ke dokter dan mengecek mandat kesehatan yang diberikan oleh pihak travel. Jangan sampai nih Ladies melewatkan vaksin atau obat tertentu yang diperlukan saat berlayar nanti. Tergantung ke mana Ladies akan berlayar, Ladies mungkin akan membutuhkan pil antimalaria, vaksin polio, atau vaksin meningitis. 

“Solusi terbaik adalah pencegahan,” Vicki Sowards mengingatkan, direktur sumber daya keperawatan di Passport Health. 

Selain itu Ladies pun mungkin memiliki beberapa kondisi yang membuatmu harus mengonsumsi obat. Jangan lupa sampaikan pada dokter bahwa kamu mau berlayar dengan kapal pesiar dan mintalah saran terbaik darinya.

2. Membawa obat diare

Better safe than sorry benar-benar berlaku dalam hal pencernaan. Ladies tidak akan pernah tahu kapan akan diare. Terlebih lagi, traveling membuat pencernaanmu lebih rentan terkena diare karena kamu akan makan dan minum segala macam hal baru. Memiliki obat diare akan menyelamatkanmu dari kesengsaraan akibat diare. Bukan hanya merepotkan, diare juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi, yang dalam kasus yang parah dapat mengancam jiwa. Ladies dapat membawa obat diare dan bubuk cairan elektrolit.

3. Waspadalah terhadap prasmanan

11 Trik Cerdas Hindari Sakit saat Traveling dengan Kapal Pesiar (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Meskipun prasmanan makan sepuasnya memiliki daya tarik yang kuat, mereka tidak selalu menjadi pilihan terbersih dalam hal bersantap. Pertimbangkan untuk melewatkan prasmanan dan makanlah makanan yang dibuat sesuai pesanan. Namun jika Ladies benar-benar ingin mencoba makan prasmanan, pastikan makanan tersebut benar-benar panas atau benar-benar dingin. Makanan di prasmanan sangat mudah terpapar bakteri yang berbahaya bagi tubuhmu, Ladies. 

4. Handsanitizer adalah sahabatmu

Pikirkan semua hal yang Ladies sentuh saat bepergian… pegangan tangan, tombol lift, gagang pintu, dan itu bahkan tidak termasuk semua orang baru yang akan Ladies temui dan tangan yang mungkin akan Ladies jabat. 

Sebelum berangkat, pastikan Ladies memiliki cukup persediaan handsanitizer dan semprotan desinfektan karena Ladies akan bersentuhan dengan banyak kuman.

“Gunakan handsanitizer sebelum makan dan setelah berada di keramaian,” saran Sowards. Dan dengan semua wabah COVID-19, norovirus, dan wabah lainnya, penyakit pencernaan paling umum yang menyebabkan muntah dan diare parah, menyebar di kapal pesiar dalam beberapa tahun terakhir. Tetaplah berhati-hati, Ladies! 

5. Minum minuman kemasan atau kalengan

Apakah Ladies akrab dengan penyakit diare pelancong? Faktanya penyakit ini hanyalah salah satu dari banyak penyakit yang bisa didapatkan dari minum air keran dan minuman tidak kalengan atau botolan. Sebetulnya Ladies tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini selama di kapal, tetapi yang jelas, pastikan Ladies hanya minum minuman kemasan dan kalengan selama perjalanan. Ladies tidak pernah tahu bakteri dan kuman bersembunyi di air suatu daerah, dan hal terakhir yang Ladies inginkan adalah sakit perut yang hebat atau muntah tanpa henti karena sembarangan minum air.

6. Tetap di kabin jika merasa tidak enak badan

11 Trik Cerdas Hindari Sakit saat Traveling dengan Kapal Pesiar (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Lebih baik melewatkan satu hari pelayaran daripada sepanjang minggu, itulah sebabnya jika Ladies merasa tidak enak badan, sebaiknya segeralah beristirahat di kabin. 

Ingat, Ladies tidak perlu merasa buruk tentang tidur sepanjang hari karena tidur hampir tidak dapat dihindari ketika Ladies sakit. Plus, jika Ladies memiliki penyakit menular, Ladies pasti tidak ingin menyebarkan virus tersebut ke seluruh kapal pesiar bukan? Jika Ladies merasa sangat kesakitan atau masih merasa tidak enak badan setelah seharian, Ladies mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengunjungi dokter kapal pesiar untuk diagnosis yang tepat.

Masih banyak tips nyaman dan aman traveling dengan kapal pesiar untukmu, Ladies. Nantikan bagian duanya hanya di MeraMuda!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles