test
OUR NETWORK

Tips dan Trik Penting saat Melakukan Thrifting Pakaian, Bisa Lebih Hemat dan Efektif saat Belanja! (Bagian 1)

Melakukan thrifting alias belanja baju bekas memberikan kepuasan tersendiri yang tidak bisa didapatkan dari belanja pakaian baru di mall.

Namun, pastikan kamu melakukannya dengan tepat dan benar agar tidak mengalami kerugian. 

Apa saja tips dan trik penting saat melakukan thrift pakaian yang harus kamu ketahui?

Simak ulasannya di sini, Ladies! 

1. Persiapan sebelum melakukan thrifting

Perlu Ladies ingat bahwa tidak semua tip hemat ini perlu diterapkan saat melakukan thrifting. Namun, yang jelas, tips ini akan meningkatkan pengalaman dan memaksimalkan peluangmu untuk berhasil menemukan dan membawa pulang sesuatu.

Persiapan

Lakukanlah penelitian dan observasi mengenai lokasi thrifting

Jika Ladies berniat mengunjungi beberapa toko, buatlah daftar dan petakan rute yang akan dilewati, karena toko barang bekas sering dikelompokkan bersama. Dengan cara ini Ladies tidak akan melewatkan apa pun di area yang sama dan dapat mengukur berapa banyak waktu yang diperlukan. Setelah menyusun daftar, perhatikan toko barang bekas terbaik untuk referensi di masa mendatang.

Sudah mengetahui akan membeli apa

Mengetahui apa yang ingin Ladies temukan dan beli akan memberi Ladies arahan saat berbelanja, tetapi tinggalkan ruang untuk spontanitas juga. Belanja thrifting akan terasa seperti mencari jarum di tumpukan jerami, jadi ada baiknya jika Ladies sudah mengetahui jarum jenis apa yang sedang Ladies cari. 

Jelajahi lemarimu sendiri terlebih dahulu

Ini adalah titik awal yang baik jika Ladies tidak yakin item apa yang harus dibeli. Memeriksa lemari akan memberimu gagasan mengenai apa yang mungkin Ladies butuhkan atau apa yang sudah Ladies miliki. Ladies juga bisa memfoto pakaian yang mungkin ingin Ladies cocokkan dengan produk yang akan Ladies beli.

Pertimbangkan untuk menyumbangkan pakaian milikmu 

Sebelum atau sesudah melakukan thrift, ada baiknya Ladies membuka lemari dan menyumbangkan atau mungkin menjual barang yang sudah tidak dipakai. 

Tetapkan anggaran

Tetapkan anggaran belanja sebelum thrifting agar kamu tidak kebablasan dan berkomitmenlah pada anggaran itu.

2. Saat melakukan belanja thrift

Berikutnya adalah tips saat kamu melakukan belanja thrift, disimak baik-baik ya, Ladies~

Tips dan Trik Penting saat Melakukan Thrifting Pakaian, Bisa Lebih Hemat dan Efektif saat Belanja! (Bagian 1)
Foto: highsnobiety.com

Pastikan mood-mu sedang baik

Jika Ladies berada dalam mood buruk, percayalah, Ladies bisa dibilang gagal sebelum melakukannya. Jadi jika sedang tidak mood, lebih baik beristirahat dulu dan tunggu hingga mood-mu membaik, Ladies. 

Gunakan pakaian biasa saja dan nyaman digunakan

Jangan gunakan pakaian yang terlihat branded atau terlalu rapi. Seringkali penjual memberikan harga berbeda sesuai penampilan pembeli.

Pergilah dengan seorang teman yang juga suka thrifting

Pergi dengan seorang teman akan membuat belanjamu lebih menyenangkan dan tidak melelahkan. Pastikan temanmu menyukai thrifting agar dia lebih sabar dan bisa saling memberi saran. 

Jangan kelaparan 

Pastikan Ladies sudah makan sebelum thrifting. Jangan lupa juga untuk bawa air minum dan camilan yang cukup. 

Jangan terburu-buru 

Belanjalah dengan santai sambil menikmati perjalanan dan pengalaman thrifting-mu. Sikap ini kemungkinan besarmu akan meningkatkan peluangmu menemukan barang incaran atau bahkan barang yang lebih baik dari yang kamu cari. Ingat, thrifting adalah  maraton, bukan lari cepat.

Bawalah tas dalam keadaan kosong

Bawalah tas seperti tote bag atau ransel yang tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Tas jenis ini akan memudahkan sekaligus memuat cukup banyak barang.

3. Sepanjang melakukan thrifting

Melakukan thrifting pada dasarnya adalah proses pencarian dan penyuntingan yang panjang. Menemukan sesuatu yang menarik dan lucu hanyalah setengah dari perjalanan, tetapi mengetahui cara mengenakannya dan bahkan mengubahnya adalah tingkat pengalaman thrifting yang lebih tinggi.

Menjelajah

Mulailah dengan apa yang Ladies cari. Ingatlah item apa yang Ladies cari dan mulailah di area itu agar tidak kewalahan dengan pilihan saat pertama kali masuk. Itu akan membuat Ladies mencari dengan tujuan alih-alih sekadar jalan-jalan. 

Berlatih memindai item

Melihat setiap item sudah pasti tidak mungkin dilakukan, jadi triknya adalah menjadi pandai memindai barang-barang di rak. Fokus pada satu area pada satu waktu dan cari hal yang menonjol bagimu, baik itu warna/kain/gaya. Itu akan menghemat waktu dan membuat pengalaman itu terasa tidak terlalu melelahkan daripada dengan susah payah membahas semuanya secara mendetail.

Baca juga: Tips Menyimpan Pakaian Wol

Lihat pilihanmu sekali lagi

Ketika Ladies menemukan item yang kamu sukai, periksalah sekali lagi sebelum membelinya. Periksa tanda-tanda keausan yang jelas, apakah ukurannya terlihat pas, dll. Ladies bisa memeriksanya dengan teliti nanti, jadi pastikan Ladies memeriksa sekilas saja di sini. 

Carilah barang-barang yang tidak sesuai musim

Harga barang musiman biasanya lebih murah jika dijual di bukan musimnya. Misalnya harga sweater, cardigan, jaket, mantel akan lebih murah saat dibeli di musim panas. 

Pikirkan produk uniseks

Tetap berpikiran terbuka tentang menjelajahi bagian pria dan wanita, karena semakin banyak pakaian yang uniseks dan ditempatkan di bagian lain toko. 

Lihat vibes toko, jika tidak sesuai dengan gayamu, segera pergi

Beberapa toko disesuaikan dengan jenis gaya tertentu, yang akan menjadi lebih jelas saat Ladies menelusuri inventaris. Jika Ladies mulai merasa itu bukan gayamu, itu akan menghemat waktu dan energi untuk segera pindah ke toko lain. 

Tanya petugas

Jika Ladies mencoba menemukan barang tertentu, jangan malu untuk bertanya pada asisten toko. 

Bersabarlah

Kesabaran adalah kunci belanja barang bekas. Ladies harus memiliki mata tajam dan kesabaran untuk menemukan barang yang dicari. Jika belum menemukan barang yang dicari, bersabarlah dan jangan langsung berbelanja produk lain yang sebetulnya belum Ladies butuhkan. 

Pelajari apakah pakaianmu dapat dimodifikasi dengan mudah atau tidak 

Ini adalah tip yang akan menghemat uang dan kesedihanmu. Ladies mungkin berniat memodifikasi pakaian bekas menjadi sesuatu yang unik dan lucu. Namun periksalah jenis pakaiannya terlebih dahulu. Misalnya, celana bisa dibuat lebih pendek dengan mudah, tetapi blazer dengan bahu yang terlalu lebar bukanlah perbaikan yang mudah dan murah.

Lihatlah labelnya dan pertimbangkan kainnya

Ini akan membantu Ladies mengidentifikasi bahan pakaian, cara pencucian dan perawatan, atau apakah harganya sepadan. Contoh umum adalah banyaknya barang poliester di toko barang bekas. Tidak ada yang salah dengan pakaian polyester dan dalam beberapa kasus, itu adalah bahan yang disukai, tetapi jika Ladies mengira telah membeli baju dengan bahan sutra atau wol, tapi ternyata bahannya polyester, tentu Ladies akan kecewa. 

Tanyakan pada dirimu apakah kamu akan sungguh-sungguh mengenakannya?

Menghemat pakaian memang menyenangkan tetapi mudah terbawa suasana. Di sinilah seorang teman akan berguna dan membantumu mengaturnya jika Ladies berada dalam bahaya membeli barang-barang pada saat yang sejujurnya tidak akan pernah kamu pakai.

Jangan takut mengambil risiko

Belanja barang bekas adalah cara yang jauh lebih murah dan sadar lingkungan untuk mencoba tren, jadi bersenang-senanglah dengannya dan kembangkan sedikit dari pilihanmu yang biasa.

Hmm selanjutnya apa ya harus Ladies lakukan saat melakukan thrifting? Simak ulasan selanjutnya di bagian dua dari artikel ini, Ladies. See you!

 

Sumber: highsnobiety.com

Must Read

Related Articles