Tips Menyimpan Pakaian Wol

Pakaian dari wol memang hangat dan nyaman ketika dipakai, Ladies. Terutama saat dipakai saat musim penghujan dan udara sedang dingin-dinginnya. Sayangnya wol juga merupakan bahan pakaian yang cukup rapuh. Karena itu wol membutuhkan teknik penyimpanan yang khusus agar bisa bertahan lama. Bagi kamu yang bingung cara menyimpan wol, cek tips berikut ini ya!

1. Kumpulkan Pakaian dari Wol

Kumpulkan semua pakaian wol yang kamu punya dan pastikan bahwa kamu memakai semua pakaian tersebut. Jika ada pakaian yang tidak kamu pakai, sebaiknya kamu jual atau donasikan saja, Ladies, daripada menambah tumpukan di penyimpanan.

2. Pastikan Sudah Bersih Sebelum Disimpan

Tips Menyimpan Pakaian Wol
Foto: pexels.com

Semua pakaian dan selimut wol yang kamu punya harus dalam keadaan bersih ketika disimpan. Beberapa bahan wol bisa dicuci dengan mesin dan beberapa lainnya hanya bisa dicuci dengan tangan. Pastikan kamu membaca tag cara mencuci pakaian tersebut dengan benar. Selimut, duvet, dan alas tidur lain dari wol sebaiknya diserahkan ke laundry profesional ya. Jika sudah dicuci, jemur di luar agar terkena sinar matahari langsung untuk menghilangkan bau.

3. Lakukan Penyimpanan Sesuai Jenis dan Kondisi Lingkungan

Pakaian dan selimut wol perlu dilipat dengan kertas tisu bebas asam dan disimpan dalam vacuum bag. Mantel wol juga harus dibersihkan secara detail, dikeringkan, disikat, kemudian dianginkan sebelum disimpan di sarung mantel dengan zip lock. Jika udara sedang lembap, balut pakaian wol dengan kain katun bersih untuk melindungi wol dari kondensasi.

Baca juga: 16 Tips Efektif Belanja Pakaian Bekas

4. Gunakan Anti Ngengat 

Inti paling utama dalam menyimpan wol yakni pastikan penyimpanan kamu sudah anti ngengat. Bahan seperti batang atau bola cedar dan lavender dapat menjadi pencegah ngengat datang saat udara lembap. 

Tips Menyimpan Pakaian Wol
Foto: pexels.com

Ini juga alasan mengapa pakaian harus bersih sebelum disimpan. Sel kulit mati serta minyak dari kulit manusia yang tertinggal di wol dapat menarik ngengat. Jika satu pakaian terkena ngengat, yang lainnya juga bisa ikut kena lho, Ladies. Jadi hati-hati ya.

5. Atur Letak Penyimpanan Pakaian Wol

Agar kamu lebih mudah untuk menemukannya, atur tempat penyimpanan pakaian wol kamu sedemikian rupa sehingga pakaian wol yang sering atau ingin kamu pakai berada di depan. Begitu juga dengan barang wol yang jarang kamu pakai, sebaiknya disimpan di dalam lemari.

6. Bonus

Boots dari wol juga perlu disimpan seperti langkah diatas. Pastikan boots tersebut bersih, sikat, anginkan hingga kering. Masukkan kertas untuk menjaga ukuran boots tetap terjaga. 

Semoga tips tadi membantu ya, Ladies. Pakaian dan selimut wol kamu bisa terjaga kualitasnya dan bisa kamu pakai dalam jangka waktu lama.

 

Sumber: Better Homes and Garden

Must Read

Related Articles