OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Manfaat kulit jeruk apakah kamu sudah tau tentang ini Ladies? tidak hanya dagingnya baik untuk kesehatan, ternyata kulit  jeruk ini dapat dikonsumsi dan baik bagi kesehatan kita loh. Bahkan, kulitnya ini lebih banyak mengandung milligram vitamin dibandingkan dagingnya. Di dalam dagingnya terkandung 71 miligram vitamin, sedangkan pada kulitnya sebanyak 136 miligram.

Selain itu, kulitnya juga banyak mengandung akan flavonoid, beberapa fitokimia, senyawa limonene, provitamin A, folat, riboflavin, tiamin, vitamin B6, kalsium, dan serat yang tinggi. Semua kandungan itu memiliki kontribusi yang penting bagi tubuh kita. Eits tapi nanti kamu jangan malah makan kulitnya doang dan dagingnya dibuang ya. Nah, inilah beberapa manfaat dari kulit jeruk. Antara lain:

Baca juga: 8 Cara Pintar Memanfaatkan Kulit Jeruk

1. Membantu mencegah kanker

manfaat kulit jeruk mencegah kanker
Sumber: pexels.com

Ladies, salah satu manfaat kulit jeruk ini adalah mampu mencegah resiko kanker loh. Karena kulitnya ini mengandung flavonoid dan senyawa limonene yang apabila dikonsumsi dapat menghambat dan mengurangi resiko terkena kanker. Ini dinyatakan dalam jurnal BioMed Research International, bahwa flavonoid atau polymethoxyflavones (PMFs) ini menunjukkan efek perlindungan terhadap terjadinya kanker.

PMF ini dapat menghambat karsinogenesis dengan mekanisme seperti memblokir kaskade metastasis, penghambatan mobilitas sel kanker dalam sistem peredaran darah, pro apoptosis, dan antiangiogenesis.

2. Menurunkan risiko kolesterol

Karena kulit jeruk kaya akan flavonoid yang disebut hesperidin, ini telah terbukti manfaat kulit jeruk dapat menurunkan kolesterol darah dan tingkat tekanan darah loh Ladies. Seperti yang ditemukan oleh Elzbieta Kurowska, Ph.D., wakil presiden penelitian di KGK Synergize di Ontario, Kanada. Polymethoxylated flavones (PMFs) dalam kulit buah jeruk ini lebih mungkin untuk menurunkan kolesterol daripada banyak obat resep.

3. Kulit jeruk dapat meningkatkan kesehatan paru-paru

manfaat kulit jeruk
Sumber: pexels.com

Manfaat kulit jeruk lainnya adalah dapat menurunkan peluang kamu terkena kanker paru-paru secara signifikan loh Ladies. Ini berkat kandungan vitamin C dan beta-cryptoxanthin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention edisi September 2003 meninjau data bahwa sebagian besar makanan yang kaya akan cryptoxanthin menunjukkan dapat menurunkan 27% dalam risiko kanker paru-paru.

Bahkan, ini juga dapat mengurangi resiko kanker paru-paru pada seorang perokok loh. Ketika mereka rutin mengkonsumsi kulit dari jeruk ini memiliki risiko kanker paru-paru 37% lebih rendah daripada yang tidak.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Ladies, ketika kamu memiliki masalah pencernaan cobalah untuk mengkonsumsi kulit jeruk ini. Karena mengandung banyak serat dan polisakarida yang dapat membantu makanan bergerak melalui usus, sehingga melancarkan pencernaan kamu loh.

Kulitnya ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengobati banyak masalah pencernaan seperti diare, mulas, dan keasaman. Bahkan, studi juga menunjukkan bahwa kulit buah jeruk ini, secara umum telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati gangguan pencernaan.

5. Manfaat kulit jeruk bagi kulit kita

manfaat kulit jeruk bagi kulit
Sumber: pexels.com

Tidak hanya bagi kesehatan tubuh loh Ladies, kulit dari jeruk ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit kamu. Bahkan, hampir 90% minyak esensial dalam kulitnya ini terdiri dari limonene yang dapat melawan kanker kulit. Masker dari bubuk kulit pada jeruk ini dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti komedo, sel-sel mati, jerawat, pori-pori, lingkaran hitam, kulit kering, dan juga membantu mencerahkan kulit kamu.

Meski sering dibuang, kulit jeruk kaya akan nutrisi penting bagi tubuh kita. Untuk mengkonsumsi kulit  jeruk ini ada berbagai cara loh. Kulit ini bisa dijadikan sebagai teh, permen, ataupun manisan. Walaupun manfaat kulit jeruk ini sangat banyak, namun mengkonsumsinya secara berlebihan mungkin saja dapat menimbulkan efek samping. Jadi jangan konsumsi secara berlebihan ya, Ladies.

 

Sumber: stylecraze, spoonuniversity

Must Read

Related Articles