OUR NETWORK

Bumbu Dapur yang Bisa Bantu Kesehatan

Bumbu dapur selain bisa digunakan untuk membuat makanan jadi lezat dan nikmat, ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat tubuh jadi sehat lho ladies. Mungkin selama ini kamu pernah dengan pengobatan herbal yang menggunakan tanaman yang terdapat di sekitaran rumah. Dan bumbu-bumbu dapur ini termasuk bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina, kesehatan, dan menjadi rahasia umur panjang. Berikut ini 5 bumbu dapur yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Kunyit

Foto: foods4betterhealth.com

Kandungan yang bernama curcumin yang terdapat di dalam kunyit mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Curcumin inilah yang memberi warna jingga kekuningan pada kunyit. Selain meningkatkan kesehatan tubuh, kunyit ini juga mampu meningkatkan nafsu makan. Bahkan, penelitian menyebutkan jika kunyit ini mampu dimanfaatkan untuk mengurangi resiko kanker dan juga Alzheimer karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Kayu Manis

Foto: authoritynutrition.com

Kayu manis kaya akan antioksidan dan juga anti-mikroba. Bumbu yang begitu nikmat jika dicampurkan dengan beberapa jenis makanan ini akan menghentikan perkembangbiakan bakteri dan juga jamur di dalam tubuh. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan gula darah, kayu manis ini juga mampu merespon insulin dan akan membuang kelebihannya di dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan makanan ataupun minuman tertentu juga bisa.

Bawang Putih

Foto: authoritynutrition.co

Olahan yang diberi bumbu bawang putih akan menghasilkan rasa yang nikmat nah gurih. Nah, ternyata oh ternyata dalam dunia pengobatan bumbu dapur satu bisa untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena bisa meningkatkan insulin di dalam darah. Bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuh karena memiliki senyawa benama allicin. Ditambah lagi, bawang putih juga bisa bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Cabe

Foto: cdn.inquisitr.com

Bagi kamu para pecinta pedas yang suka mengosumsi cabe, bahan dapur satu ini bisa untuk meningkatkan kesehatan tubuh lho. Bahan dapur bercitarasa yang pedas ini bisa dipergunaakn untuk meredakan demam, pilek, dan juga flu. Satu hal lagi manfaat dari cabe ini, bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

Jahe

Foto: well-beingsecrets.com

Teh jahe sangat nikmat disantap saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi mual. Khasiat lainnya yakni mengobati pilek, batuk, dan mengurangi nyeri haid. Bagi yang bermasalah dengan tenggorokan juga bisa mengunyah jahe ini. Rasanya nikmat khasiatnya banyak, sangat rekomended sekali bukan?

Tanpa kamu ketahui ternyata bumbu-bumbu yang terdapat di dalam dapurmu memiliki khasiat dalam dunia kesehatan ya. Jadi, kamu tidak perlu melulu bergantung pada obat-obatan dengan kandungan bahan kimia yang banyak di dalamnya ya.

Sumber: t-nation.com

Comments

Loading...