OUR NETWORK

Yuk, Ubah Kebiasaan Kurang Sehat Ini!

Kebiasaan buruk dalam waktu panjang bisa memengaruhi kesehatan tubuh, bahkan hal itu terjadi tanpa kamu sadari. Jika kebiasaan kurang sehat ini terus-menerus kamu lakukan, apa jadinya kondisi kesehatan tubuh sepuluh atau dua puluh tahun ke depan? Nah, perhatikan baik-baik daftar kebiasaan yang kurang sehat berikut ini. Kalau kamu masih melakukannya, upayakan untuk bisa menghentikannya sedini mungkin.

Merokok

yuk-ubah-kebiasaan-kurang-sehat-ini-1

Bagi untuk pria ataupun wanita, merokok memang benar-benar memberikan pengaruh yang buruk untuk kesehatan tubuh. Dengan merokok, kamu akan bisa terserang berbagai penyakit berbahaya, sebut saja meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke, leukemia, kanker paru-paru, infertility, kanker tenggorokan, kanker mulut dan masih banyak lagi. Memang agak sulit menghentikan kebiasaan ini. Tapi kalau memang berniat melakukannya, mulai dengan perlahan dan minta dukungan dari orang-orang terdekat.

Kecanduan alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang tertakar. Beberapa penelitian menunjukkan mengosumsi alkohol dalam jumah yang tertakar dan secukupnya bisa berpengaruh baik terhadap kesehatan. Namun sebaliknya, kecanduan alkohol juga bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yang lebih parah. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kecanduan alkohol adalah hepatitis, depresi, gangguan pencernaan, stroke, kanker payudara dan juga kanker lambung. Belum lagi dampak psikologis yang akan dirasakan oleh diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Terlalu Banyak Menonton Televisi

yuk-ubah-kebiasaan-kurang-sehat-ini-b

Menghabiskan banya waktu untuk menonton televisi merupakan gaya hidup yang perlu untuk dihindari. Hal itu akan membuat kamu malas, dan lebih senang berdiam diri dibandingkan dengan bergerak atau olahraga. Apalagi, makan di depan televisi. Selain malas bergerak kamu juga tidak akan sadar seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut. Jika memang tidak bisa meninggalkan televisi, olahraga sembari menonton televisi merupakan hal yang lebih bagus.

Terlalu banyak konsumsi junk food

Terlalu menggoda, memang. Tapi junk food akan membuat kesehatan kamu menurun karena di dalamnya terdapat kalori yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, junk food juga mengandung sodium yang banyak, jika jumahnya tidak terkontrol akan bisa menyebabkan komplikasi penyakit jantung. Kolesterol jahat di dalamnya bisa memunculkan beragam penyakit berbahaya.

Malas berolahraga

yuk-ubah-kebiasaan-kurang-sehat-ini-c

Jika pekerjaan kamu mengharuskan untuk duduk lebih lama, hal tersebut bukan berarti otomatis jadi malas olahraga. Jarang berolahraga bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti stroke ataupun penyakit lainnya. Untuk orang dewasa usahakan untuk berolahraga 30 menit setiap hari. Tidak serta merta dilakukan sekali waktu, kamu bisa mencicilnya. Misalnya saja, 10 menit untuk jogging dan 20 menit selanjutnya bisa dilakukan kapan saja jika ada kesempatan. Sibuk, bukan berarti kamu tidak memperhatikan kesehatan bukan?

Meninggalkan sarapan pagi

Meninggalkan sarapan pagi secara berkala memiliki dampak yang serius untuk berat badan, tekanan gula darah, dan juga pasokan energi tubuh. Dengan meninggalkan sarapan, metabolisme tubuh jadi melambat dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh sebab itulah, usahakan untuk selalu sarapan pagi karena benar-benar bagus untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Jika di pagi hari tidak sempat sarapan karena tidak punya waktu, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat makanan di malam hari.

Kebiasaan kurang sehat yang terus menerus dipelihara akan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Jadi, menjadi pilihan yang tepat jika kamu menghentikan segala kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan. Untuk saat ini mungkin belum terasa efeknya, tapi lebih baik mencegah dari saat ini dibanding terjangkit penyakit parah di kemudian hari. Yuk, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Sumber: rd, symptomfind

Comments

Loading...